Sukses

Hasil Piala Dunia 2022: Dramatis, Uruguay Gagal Lolos ke Babak 16 Besar

Liputan6.com, Jakarta Uruguay secara dramatis gagal lolos ke babak 16 besar padahal mereka berhasil menaklukkan Ghana 2-0 pada partai pamungkas Grup H Piala Dunia 2022 di Stadion Al Janoub, Jumat malam (2/12/2022). Luis Suarez dkk disingkirkan Korea Selatan yang secara gemilang berhasil mengalahkan Portugal 2-1.

Dengan hasil ini, Korea Selatan berada di urutan kedua dengan raihan 4 poin, angka yang sama dengan Uruguay. Pemuncak klasemen masih ditempati Portugal yang mengumpulkan 6 angka.

Sejak awal pertandingan, kedua tim menampilkan permainan agresif. Uruguay dan Ghana langsung saling serang untuk mencari gol cepat.

Bahkan, Ghana berpeluang membuka keunggulan pada menit 19 setelah Kudus Mohamed dilanggar kiper Uruguay di kotak penalti. Setelah menyimak rekaman VAR, wasit langsung menunjuk titik putih.

Namun Andre Ayew yang dipercaya sebagai penendang penalti gagal menjadikannya gol setelah tendangannya berhasil ditepis Sergio Rochet.

Situasi jadi berbeda setelah Uruguay yang justru mampu mencetak gol pertama lewat Giorgian De Arrascaeta pada menit 26 setelah memanfaatkan bola liar tendangan Luis Suarez.

Ghana yang mencoba bangkit malah kembali kebobolan pada menit 32. Kerjasama apik diteruskan Suarez pada Giorgian De Arrascaeta yang menyelesaikannya dengan tendangan keras ke sudut gawang Ghana.

Unggul dua gol membuat Uruguay makin percaya diri menekan lawannya. Mereka terus menggempur pertahanan Ghana. Namun, hingga babak pertama usai, tak ada lagi gol tambahan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Ghana nyaris mencetak gol balasan saat laga baru berjalan beberapa menit. Sayang, Kudus Mohamed gagal meneruskan bola yang melintas di depan gawang Uruguay.

Meski begitu Ghana tetap tak berputus asa. Mereka terus mencoba membongkar pertahanan Uruguay.

Menit 59 Darwin Nunez dilanggar di daerah pertahanan Ghana. Wasit yang sempat meminta VAR tak memberi hadiah penalti pada Uruguay.

Uruguay kembali mendapat kesempatan menambah keunggulan pada menit 69. Namun, tendangan keras Federico Valverde dari luar kotak penalti masih bisa dihalau Lawrence Ati Zigi.

Gantian Ghana yang sempat mengancam gawang Uruguay. Tapi, tendangan Semedo dan Kudus masih bisa ditepis kiper Uruguay.

Suasana pertandingan semakin panas saat di pertandingan lain Korea Selatan berhasil menjebol gawang Portugal dan merubah skor menjadi 2-1. Pemain Uruguay panik karena posisi mereka di klasemen grup langsung tergeser Korea Selatan.

Pemain Uruguay langsung tampil agresif untuk mencari gol tambahan agar bisa maju ke babak selanjutnya. Namun, sampai laga selesai mereka gagal menambah gol dan gagal lolos ke babak 16 besar.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Ghana (4-5-1) 1 Lawrence Ati Zigi, 4 Mohammed Salisu, 17 Baba Rahman, 18 Daniel Amartey, 26 Seidu Alidu, 5 Thomas Partey, 9 Jordan Ayew (C), 10 Andre Ayew, 20 Kudus Mohamed, 21 Salis Andul Samed, 19 Inaki Williams

Uruguay (4-3-3), 23 Sergio Rochet, 2 Jose Gimenez, 13 Guillermo Varela, 16 Mathias Olivera, 19 Sebastian Coates, 6Rodrigo Bentancur, 10 Giorgian De Arrascaeta, 15 Federico Valverde, 8 Facundo Pellistri (C), 9 Luis Suarez, 11 Darwin Nunez.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS