Sukses

16 Besar Piala Dunia 2022 Inggris vs Senegal: Gareth Southgate Diminta Turunkan Pemain Chelsea

Liputan6.com, Jakarta - Eks pemain Inggris Joe Cole berharap Gareth Southgate menurunkan Mason Mount sebagai starter kala The Three Lions menghadapi Senegal pada laga 16 besar Piala Dunia 2022, Senin (5/11/2022) pukul 02.00 WIB.

Penggawa Chelsea sejatinya sudah dimainkan sejak menit pertama dalam dua laga perdana kontra Iran dan Amerika Serikat di Piala Dunia. Akan tetapi, Southgate memutuskan untuk menyimpan Mount di bangku cadangan demi memainkan Jordan Henderson saat tim racikannya meladeni perlawanan Wales.

Pelatih Inggris juga menempatkan Marcus Rashford, Phil Foden, dan Kyle Walker di laga pemungkas. Mereka sukses membantu The Three Lions berjaya dengan tiga gol tanpa balas atas Gareth Bale dan kawan-kawan.

Dilansir dari Metro, Cole menilai Southgate bisa saja tetap menurunkan Rashford, Foden, dan Walker di jajaran starting XI Timnas Inggris pada babak 16 besar. Akan tetapi, ia harus melepas Henderson demi mengembalikan Mount ke tim utama.

Tak dapat dimungkiri, pesepak bila berusia 23 tahun itu bukanlah sosok yang amat difavoritkan oleh penggemar The Three Lions. Walau begitu, Cole yakin Mount bakal menjadi opsi yang lebih tepat untuk ditempatkan di lini tengah pasukan Southgate ketimbang Jack Grealish.

"Saat melawan Senegal, saya ingin starter di lini pertahanan (Inggris) sama dengan pertandingan kontra Wales," tulis Cole dalam The Telegraph, seperti dilansir dari Metro.

"Di lini tengah saya ingin membawa Mason Mount kembali ke tim guna menggantikan Jordan Henderson. Mason (adalah sosok yang) segar untuk mengisi peran itu. Dia punya pengalaman dan dia lebih berpikiran defensif dibanding yang lain," sambungnya.

"Untuk lini serang, saya ingin bertahan dengan Phil Foden di sisi kanan. Koneksinya dengan Walker–rekannya di Manchester City–cukup kuat. Sementara itu di bagian kiri, saya akan tetap memilih Marcus Rashford. Dia sangat berbeda dibanding dirinya tahun lalu," pungkas Cole.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Keputusan Southgate

Cole memang bisa memberi saran. Akan tetapi keputusan terkait susunan pemain Inggris di Piala Dunia pada akhirnya mutlak berada di tangan Gareth Southgate.

Juru taktik The Three Lions menyadari bahwa sejumlah pemain tentu bakal kecewa jika tak dipilih sebagai starter di babak 16 besar. Namun, hal ini menjadi situasi yang tak terelakkan mengingat Inggris telah memasuki fase knock-out di Piala Dunia 2022.

"Tentu saja para pemain bakal kecewa karena tidak menjadi starter, mereka menginginkan hal itu. Akan tetapi, kami memiliki semangat yang luar biasa di dalam grup,” tutur Southgate, seperti dinukil dari Metro.

3 dari 4 halaman

Hadiah Liburan

Sebelumnya, Gareth Southgate sempat memberi hadiah liburan singkat bagi para pemain Timnas Inggris usai berhasil mengamankan tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Harry Kane dan kawan-kawan diizinkan rehat pada Rabu (30/11/2022) lalu waktu setempat. Laporan Mirror mengungkap para penggawa The Three Lions langsung memilih menikmati sesi santai di kolam renang hotel pada hari libur mereka.

Momen tersebut sempat diabadikan oleh gelandang The Three Lions Declan Rice. Lewat fitur story di Instagram-nya, pemain West Ham mengunggah foto dengan Callum Wilson sambil menyertakan keterangan, “Recovery settings”.

Aksi “pamer” waktu rehat juga dilakukan oleh bintang Manchester United (MU) Harry Maguire. Ia membagikan video singkat yang memperlihatkan kakinya ketika beristirahat di kursi jemur sebelah kolam renang.

4 dari 4 halaman

Sisa Dua Tiket

Hingga kini terdapat 14 tim, Inggris, yang sudah mengamankan tempat di 16 besar Piala Dunia 2022. Kompetisi hanya menyisakan dua tiket untuk diperebutkan oleh negara-negara grup G dan H jika ingin melaju ke babak selanjutnya.

Dari Grup G, Brasil telah memastikan diri lolos ke fase gugur. Sedangkan satu tiket lagi bakal coba diamankan oleh Swiss, Kamerun, dan Serbia. Swiss saat ini memiliki tiga poin, unggul dua poin atas Kamerun dan Serbia di klasemen sementara.

Adapun di Grup H, Ghana, Korea Selatan, dan Uruguay akan bersaing untuk mendampingi Portugal ke babak 16 besar. Ghana saat ini mengoleksi tiga poin, sementara Korea Selatan dan Uruguay hanya memiliki satu angka.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS