Sukses

Piala Dunia 2022: Ghana Tidak Akan Balas Dendam Lawan Uruguay dan Luis Suarez

Liputan6.com, Jakarta - Ghana akan menghadapi Uruguay pada pertandingan terakhir Grup H Piala Dunia 2022. Laga menentukan ini akan berlangsung di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Qatar, Jumat (2/11) pukul 22:00 WIB.

Pertandingan ini menentukan karena Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan masih berpeluang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Ghana di posisi kedua klasemen dengan tiga poin, disusul Korea Selatan dan Uruguay yang sama memiliki satu poin.

Sementara Brasil yang telah mengoleksi enam poin sudah dipastikan meraih tiket babak 16 besar. Tim Samba akan ditantang Korea Selatan pada laga pamungkas penyisihan grup.

Laga Ghana vs Uruguay merupakan ulangan Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Ketika itu kedua tim bertemu di perempat final.

Dalam laga di FNB Stadium, 3 Juli 2010, Ghana unggul terlebih dahulu melalui gol Sulley Muntari pada menit ke-45. Diego Forlan mencetak gol balasan di menit ke-55 dan skor 1-1 bertahan hingga babak kedua berakhir.

Dalam babak perpanjangan waktu, Ghana mendapat hadiah penalti setelah Luis Suarez menghalau sundulan Dominic Adiyiah yang akan masuk ke gawang Uruguay di menit ke-120 dengan tangan. Suarez diganjar kartu merah.

Tapi, tendangan Asamoah Gyan membentur mistar gawang. Pertandingan kemudian dilanjutkan ke babak adu tendangan penalti. Uruguay akhirnya menang 4-2 lantaran dua tendangan penanti Ghana tidak menghasilkan gol.

Pelatih Ghana Otto Addo menegaskan anak asuhnya tidak akan membalas dendam melawan Uruguay dan Luis Suarez atas peristiwa yang terjadi 12 tahun lalu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Komentar Otto Addo

"Saya orang yang tidak terlalu memikirkan masa lalu ketika insiden ini terjadi," kata pelatih Ghana Otto Addo seperti dikutip Fot Mob. "Saya sangat percaya jika Anda tak membalas dendam, Anda mendapat lebih banyak berkah."

"Ini pendekatan yang berbeda, tim yang berbeda. (Uruguay) memiliki striker yang sangat bagus, banyak pengalaman. Mereka sangat kompak, sangat bagus. Ini akan sangat, sangat sulit, lagi."

"Kami adalah tim yang tahu setiap pertandingan akan berada di ujung tanduk, kami harus menjadi yang terbaik untuk mengalahkan mereka. Tetapi, saya cukup percaya diri untuk mengetahui bahwa kami bisa memenangkan pertandingan ini," pungkas Otto Addo.

 

3 dari 4 halaman

Jadwal pertandingan

Jumat, 2 Desember 2022

Ghana vs Uruguay

Waktu: Kick-off pukul 22.00 WIB

Lokasi: Al Janoub Stadium

Siaran Langsung: Vidio dan Nex Parabola

4 dari 4 halaman

Peringkat

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS