Sukses

From Hero to Zero, Salem Al Dawsari Jadi Eksekutor Gagal Ketiga di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Striker Arab Saudi Salem Al Dawsari merasakan pengalaman 180 derajat di Piala Dunia 2022. Setelah jadi pahlawan, kini dia mengalami keterpurukan.

Al Dawsari dielu-elukan ketika mencetak gol ke gawang Argentina pada laga pertama Grup C Piala Dunia Qatar. Kontribusinya pun membantu negara mencatat kemenangan bersejarah 2-1.

Namun dia terpuruk ke bumi pada duel selanjutnya kontra Polandia. Al Dawsari gagal mengeksekusi penalti pada injury time babak pertama laga di Education City, Sabtu (26/11/2022). Tendangannya dimentahkan kiper Wojciech Szczesny.

Padahal sumbangsihnya berpotensi mengubah hasil laga. Arab Saudi sedang tertinggal akibat gol Piotr Zielinski. Jika Al Dawsari sukses, tidak mustahil The Green Falcons bangkit seperti ketika menghadapi Argentina. Yang ada Polandia memastikan kemenangan melalui gol Robert Lewandowski selepas jeda.

Al Dawsari pun bernasib sama seperti Lewandowski, yang juga gagal memasukkan penalti saat bertemu Meksiko. Sementara algojo lain yang urung memaksimalkan keuntungan tendangan 12 pas pada Piala Dunia 2022 Qatar adalah bintang Kanada Alphonso Davies saat bersua Belgia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Sengit di Education City

Arab Saudi sejatinya tampil agresif sejak awal pertandingan. Dengan modal kemenangan atas Argentina di laga perdana, The Green Falcons mampu menciptakan dorongan yang membuat Polandia berada di bawah tekanan.

Skuad asuhan Herve Renard juga tampak lebih dominan dalam hal penguasaan bola. Walau begitu, belum ada satu gol pun yang dapat diciptakan oleh kubu Arab Saudi hingga pertandingan memasuki menit ke-10.

Justru Polandia yang lebih dulu sukses memecah kebuntuan. Assist Lewandowski dituntaskan dengan apik oleh Piotr Zielinski di menit ke-39. Kedudukan pun berubah menjadi 1–0 untuk keunggulan The Eagles.

Arab Saudi langsung mendapat ruang untuk menyamakan skor tak lama berselang. Wasit memberi hadiah tendangan penalti bagi Green Falcons pada menit 44 lantaran Krystian Bielikdinilai melakukan pelanggaran.

Salem Al Dawsari dikirim menjadi eksekutor bagi Green Falcons. Namun, penggawa yang sempat mencetak gol ke gawang Argentina itu tak berhasil menunaikan tugas dengan baik. Tembakannya masih bisa ditangkis oleh Szczesny.

Bola muntah yang tercipta dari aksi penjaga gawang The Eagles pun gagal dimanfaatkan oleh anak-anak asuh Renard. Tambahan waktu sepuluh menit tak cukup bagi Green Falcons untuk mencetak angka penyeimbang. Skor 1–0 bertahan hingga turun minum.

 
3 dari 3 halaman

Babak Kedua

Arab Saudi mencoba bangkit di babak kedua. Herve Renard juga melakukan perubahan dengan menarik keluar Sami Al-Najei dan memasukkan Nawaf Alabid. Namun, upaya ini belum cukup membawa skuadnya menyaingi kedudukan Polandia.

The Green Falcons sejatinya sempat memperoleh peluang di menit ke-56. Aladawsari memiliki ruang untuk melepas tembakan dari jarak dekat usai terjadinya kemelut di depan gawang The Eagles. Sayang kesempatan itu gagal dikonversi menjadi gol.

Szczesny lagi-lagi tampil sebagai pahlawan bagi timnya. Ia melakukan penyelamatan impresif yang membuat The Green Falcons batal mendapat angka perdana.

Arab Saudi terus membayangi jaring Polandia. Pasukan Renard tak jemu-jemu melakukan pergerakan berbahaya di area pertahanan The Eagles. Akan tetapi, belum ada gol yang tercipta bagi kubu Green Falcons hingga memasuki menit 60.

Ancaman kembali diberikan oleh Arab Saudi di menit 69. Kali ini Aladawsari melakukan tembakan jarak jauh yang menusuk ke arah gawang Polandia. Malang aksi tersebut pun masih mampu diantisipasi kiper The Eagles.

Keberuntungan justru berpihak pada Polandia di menit 82. Robert Lewandowski sukses memanfaatkan kekosongan di sekitar gawang Arab Saudi. Bola yang dilesakkan dengan kaki kirinya lolos dari adangan Alowais.

Arab Saudi tak kuasa mengejar ketertinggalan dengan waktu yang tersisa. Skor 2–0 untuk keunggulan Polandia bertahan hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS