Sukses

Top Skor Piala Dunia 2022, Enner Valencia Cetak 3 Gol dalam Kondisi Lutut Cedera

Liputan6.com, Jakarta - Striker dan kapten Ekuador Enner Valencia menjadi top skor sementara Piala Dunia 2022 Qatar. Pemain berusia 33 tahun yang sempat membela klub Everton Inggris itu sudah mengemas tiga gol dari dua laga.

Pemain bernama lengkap Enner Remberto Valencia Lastra ini mencetak dua gol saat menang lawan tuan rumah Qatar pada laga pembuka Grup A Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Minggu (20/11/2022). Sosok bernomor punggung 13 ini mencetak dua gol pada menit ke-16 melalui dari titik penalti dan menit ke-31.

Enner Valencia kemudian membukukan satu gol ketika Ekuador menahan imbang Belanda 1-1 di Khalifa International Stadium, Sabtu (26/11/2022) dini hari WIB. Gol Valencia pada menit ke-49 membuat Ekuador terhindar dari kekalahan.

Namun, sebelum pertandingan selesai, Valencia harus ditandu keluar lapangan. Dia merasakan cedera lutut yang diderita saat meladeni Qatar kambuh.

“Saya menjalani tes dan ternyata lutut saya terkilir, yang sedikit mengganggu. Hari ini, saya sudah bermain dengan rasa sakit tetapi yang terpenting adalah saya bisa membantu tim dan kami masih kuat,” kata Valencia dilansir dari ESPN, Sabtu (26/11/2022).

Sebelum laga melawan Belanda, Valencia sempat menjalani scan untuk melihat sejauh mana cederanya sebelum dinyatakan fit. Dia berharap kondisi lututnya bisa lebih baik saat laga ketiga Grup A melawan Senegal, Selasa (29/11/2022).

“Ada beberapa peningkatan (di lutut). Saya berharap bisa menahannya dan pemulihan berjalan baik di hari-hari berikutnya untuk mendapatkan kondisi yang lebih bagus (melawan Senegal). Saya ingin terus membantu tim,” tambah Valencia.

Seusai pertandingan, manajer Ekuador Gustavo Alfaro mengatakan bahwa Valencia sedang dalam performa yang bagus. Namun, dia tidak merinci kondisi kesehatan kaptennya. “Dia adalah pemain papan atas saat mengenakan jersey Ekuador,” ujarnya.

Valencia mencetak tiga gol pada Piala Dunia 2014 Brasil. Namun Ekuador gagal melaju ke babak 16 besar. Pada turnamen di Qatar, Ekuador hanya butuh hasil imbang melawan Senegal untuk lolos ke putaran selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Gol Cepat Belanda

Belanda dan Ekuador bermain sama kuat 1-1 pada persaingan Grup A Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Sabtu (26/11/2022) dini hari WIB. Hasil ini memperkuat posisi kedua tim menuju babak 16 besar.

Tim Oranye tancap gas sejak menit awal laga yang disiarkan langsung SCTV dan Moji, serta juga dapat disaksikan melalui siaran streaming Vidio serta pada jaringan televisi satelit NEX Parabola. Hasilnya Cody Gakpo mencetak gol tercepat pada Piala Dunia Qatar.

Tendangan kaki kirinya menembus gawang Ekuador saat laga baru berusia lima menit empat detik. Belanda terus menguasai permainan. Namun, Ekuador perlahan menemukan ritme. Mengandalkan kecepatan pemain sayap, beberapa kali mereka mengancam gawang Belanda.

3 dari 5 halaman

Gol Balasan Enner Valencia

Ekuador mempertahankan tekanan selepas jeda. Kapten Ekuador Enner Valencia, yang dua kali merobek gawang Qatar di laga pertama, menguji refleks kiper Belanda Andries Noppert.

Estupinan kembali mengancam dengan tendangan yang merepotkan Noppert. Namun, sang kiper cuma bisa menepis bola.

Valencia kemudian meneruskan si kulit bundar ke gawang kosong. Kali ini dia tidak dalam posisi offside karena berada di belakang Ake. Gol ini membuat Ekuador makin bersemangat.

4 dari 5 halaman

Cukup Hasil Imbang di Laga Terakhir

Belanda vs Ekuador berakhir imbang 1-1 pada persaingan Grup A Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Sabtu (26/11/2022) dini hari WIB. Hasil ini membuat tuan rumah Qatar dipastikan tersisih di fase grup.

Qatar tidak bakal bisa mengejar Belanda dan Ekuador yang sama-sama mengoleksi empat angka karena hanya menyisakan satu pertandingan. Mereka bakal meladeni Belanda, Selasa (29/11/2022) malam WIB.

Sedangkan Ekuador meladeni Senegal pada waktu bersamaan. Dengan begitu, Belanda dan Ekuador bakal memastikan tempat di 16 besar Piala Dunia Qatar dengan meraih hasil imbang pada partai pamungkas.

5 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Belanda (3-4-1-2): Andries Noppert; Nathan Ake, Virgil van Dijk, Justin Timber; Denzel Dumfries, Frenkie de Jong, Teun Koopmeiners (Marten De Roon 79), Daley Blind; Davy Klaasen (Steven Berghuis 69), Cody Gakpo (Wout Weghorst 79), Steven Bergwijn (Memphis Depay 46)

Ekuador (5-4-1): Hernán Galindez; Pervis Estupinan, Piero Hincapie, Felix Torres, Angelo Preciado, Jackson Porozo; Gonzalo Plata (Romario Ibarra 90), Jhegson Mendez, Moises Caicedo, Enner Valencia (Jeremy Sarmiento 90); Michael Estrada (Jeremy Sarmiento 74)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS