Sukses

Ketika Embolo Menghukum Negara Kelahirannya di Piala Dunia 2022

Embolo menjadi pahlawan Swiss saat melawan negara leluhurnya Kamerun di laga pertama Grup G Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta- Swiss memulai kiprah di Piala Dunia 2022 dengan gemilang. Swiss menang tipis 1-0 atas Kamerun di Stadion Al Janoub, Kamis (24/11/2022) sore WIB. Gol tunggal Swiss dicetak penyerang keturunan Kamerun, Breel Embolo.

Kemenangan ini jadi modal bagus untuk Swiss karena persaingan di Grup G bakal sengit. Selain Swiss dan Kamerun, Grup G juga dihuni kandidat juara Brasil serta Serbia.

Swiss mencoba mengambil inisiatif penyerangan sejak laga dimulai. Namun serangan balik cepat Kamerun yang hampir membuahkan gol pembuka saat laga berjalan 10 menit.

Bryan Mbeumo lolos dari jebakan off-side. Beruntung bagi Swiss, tembakan Mbeumo masih bisa ditepis kiper Yann Sommer. Bola muntah disambar Karl Toko Ekambi, tapi masih melambung jauh.

Empat menit berselang Kamerun kembali mendapat peluang emas. Kali ini melalui striker Eric Maxim Choupo-Moting. Lagi-lagi Sommer jadi mimpi buruk Kamerun. Sommer mampu menepisnya.

Swiss mengancam di pertengahan babak pertama. Kerja keras Xherdan Shaqiri dan Ruben Vargas sayangnya gagal diselesaikan oleh Silvan Widmer. Skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Tiga menit setelah jeda, Swiss bisa memecah kebuntuan. Striker Breel Embolo yang mencetak gol. Pemain keturunan Kamerun ini meneruskan umpan tarik dari Shaqiri.

Kamerun langsung merespons. Mereka hampir menyamakan skor di menit 57. Tapi lagi-lagi Sommer dengan sigap mengamankan gawangnya dari usaha Choupo-Moting.

Di menit 66 Swiss seharusnya bisa menggandakan skor berkat kerja keras Shaqiri lagi. Sayangnya umpan Shaqiri yang dieksekusi Vargas di kotak penalti masih bisa ditepis oleh kiper Andre Onana.

Guna menambah daya gedor, Kamerun memasukkan Moumi Ngamaleu, Georges-Kévin N'koudou, Gaël Ondoua hingga Vincent Aboubakar. Namun perubahan yang dilakukan Rigorbeth Song tak banyak membantu. Kamerun tetap kesulitan menciptakan peluang.

Justru Swiss nyaris menggandakan skor pada menit 90. Pemain pengganti Haris Seferovic melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Namun bola bisa diblok oleh bek Kamerun Castelletto. Skor 1-0 bertahan sampai bubaran.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Swiss: Sommer; Widmer, Elvedi, Akanji, Ricardo Rodriguez (Comert 90'); Freuler, Xhaka; Shaqiri (okfor 72'), Sow (Frei 71'), Vargas (Reider 81'); Embolo (Sefarovic 72')

Kamerun: Onana; Tolo, N'Koulou, Castelletto, Fai; Hongla (Ondoua 68'), Gouet, Zambo Anguissa; Ekambi, Mbeumo (Ngamaleu 81'), Choupo-Moting (Aboubakar 74;), Toko Ekambi (Nkoudou 74')

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.