Sukses

Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2022: Uruguay vs Korea Selatan

Liputan6.com, Jakarta Uruguay akan memulai kampanye Piala Dunia 2022 Qatar mereka melawan Korea Selatan pada matchday pertama Grup H di Education City Stadium pada hari Kamis, 24 November 2022. Kedua tim tentu akan menargetkan hasil yang maksimal di laga perdana. 

Uruguay memiliki skuad luar biasa yang penuh dengan bakat, dan mereka difavoritkan untuk maju ke babak sistem gugur Piala Dunia, dimulai dengan pertandingan melawan Korea Selatan.

Uruguay akan memaksimalkan peluang mereka untuk finis di puncak Grup H dan maju sebagai juara grup. Pasalnya jika finis di urutan kedua, mereka akan menghadapi pertandingan yang sulit di babak sistem gugur melawan tim-tim kuat seperti Brasil yang difavoritkan jadi juara Grup G.

La Celeste ‐ julukan Uruguay ‐ tidak memiliki masalah cedera besar menjelang pertandingan ini. Namun, Ronald Araujo mungkin tidak akan mengambil risiko karena dia baru saja kembali dari istirahat panjang. Bek Barcelona ini masih bekerja keras menuju kebugaran pertandingan lengkap.

Sementara itu, Korea Selatan juga memiliki skuad yang berbakat, dan mereka akan berusaha memberikan beberapa kejutan di Piala Dunia kali ini. Mereka melakukannya dengan baik untuk mencegah Jerman mencapai babak 16 besar di Piala Dunia 2018, dan raksasa Asia akan berharap untuk prestasi serupa kali ini.

Sementara Portugal dan Uruguay adalah favorit untuk maju dari Grup H, Korea Selatan tetap tidak bisa diremehkan, dan mereka memiliki kualitas untuk memberikan kejutan di Qatar.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Membaca Taktik Uruguay

Pelatih Kepala Uruguay Diego Alonso diprediksi akan menggunakan formasi dalam 4-3-3, dengan Sergio Rochet di gawang. Dia telah berhasil menggantikan Fernando Muslera sebagai penjaga gawang pilihan pertama dalam beberapa bulan terakhir.

Guillermo Varela akan bermain sebagai bek kanan di sini, dan Mathias Olivera diharapkan sebagai bek kiri. Di jantung pertahanan Uruguay, Diego Godin yang berpengalaman akan berpasangan dengan Jose Maria Gimenez.

Uruguay memiliki tiga lini tengah yang luar biasa dari Federico Valverde, Rodrigo Bentancur dan Lucas Torreira. Torreira akan duduk sebagai gelandang bertahan, sementara Valverde akan menjadi gelandang box-to-box. Bentancur akan menjadi metronom dan akan mengontrol tempo permainan.

Di tiga lini depan, Luis Suarez akan memulai dari tengah, dan dia akan diapit oleh Darwin Nunez di kiri dan Facundo Pellistri di kanan.

3 dari 5 halaman

Peta Kekuatan Korea Selatan

Korea Selatan mendapat kabar gembira dari penyerang bintang Son Heung-Min. Bintang Tottenham itu baru saja kembali setelah menjalani operasi rongga mata, tetapi dia menyatakan bahwa dia bersedia untuk kembali lebih awal untuk negaranya di Piala Dunia. Dan Son dikabarkan fit untuk menghadapi Uruguay.

Namun, Paulo Bento harus memperhitungkan kebugaran Hwang Hee-chan. Selain itu, pelatih kepala Korea Selatan tidak memiliki masalah cedera lainnya. Kim Seung-gyu diharapkan untuk memulai sebagai penjaga gawang di sini.

Kim Moon-hwan dan Kim Jin-su akan ditempatkan sebagai full-back dan akan memberikan sayap di sepertiga akhir. Kim Young-gwon diperkirakan akan berpasangan dengan bek Napoli Kim Min-jae di jantung pertahanan Korea Selatan.

Tiga lini tengah akan terdiri dari Jung Woo-young, Hwang In-beom, dan Lee Jae-sung. Ketiganya perlu mempertahankan benteng di tengah lapangan dan membatasi Federico Valverde dkk.

Adapun unit ofensif, Hwang Hee-Chan mungkin ketinggalan. Jadi Kwon Chang-hoon dan Son Heung-min harus ditempatkan sebagai penyerang sayap. Terakhir, Hwang Ui-jo akan memimpin barisan Korea Selatan melawan Uruguay.

4 dari 5 halaman

Head to Head

5 Pertemuan Terakhir

12/10/2018 Korea Selatan 2-1 Uruguay (Friendly)

08/09/2014 Korea Selatan 0-1 Uruguay (Friendly)

26/06/2010 Uruguay 2-1 Korea Selatan (Piala Dunia)

24/03/2007 Korea Selatan 0-2 Uruguay (Friendly)

08/06/2003 Korea Selatan 0-2 Uruguay (Friendly).

 

5 Pertandingan Terakhir Uruguay

03/06/2022 Meksiko 0-3 Uruguay (Friendly)

06/06/2022 AS 0-0 Uruguay (Friendly)

12/06/2022 Uruguay 5-0 Panama (Friendly)

23/09/2022 Iran 1-0 Uruguay (Friendly)

27/09/2022 Kanada 0-2 Uruguay (Friendly).

 

5 Pertandingan Terakhir Korea Selatan

24/07/2022 Korea Selatan 3-0 Hong Kong (EAFF E-1 Football Championship)

27/07/2022 Jepang 3-0 Korea Selatan (EAFF E-1 Football Championship)

23/09/2022 Korea Selatan 2-2 Kosta Rika (Friendly)

27/09/2022 Korea Selatan 1-0 Kamerun (Friendly)

11/11/2022 Korea Selatan 1-0 Islandia (Friendly).

5 dari 5 halaman

Prediksi Starting XI Kedua Tim

Uruguay (4-3-3): Sergio Rochet; Mathias Olivera, Jose Gimenez, Diego Godin, Guillermo Varela; Rodrigo Bentancur, Lucas Torreira, Federico Valverde; Darwin Nunez, Luis Suarez, Facundo Pellistri.

Pelatih: Diego Alonso (Uruguay).

 

Korea Selatan (4-3-3): Kim Seung-gyu; Kim Jin-su, Kim Young-gwon, Kim Min-jae, Yoon Jong-gyu; Kwon Chang-hoon, Hwang In-beom, Jeong Woo-yeong; Son Heung-min, Hwang Ui-jo, Hwang Hee-chan.

Pelatih: Paulo Bento (Portugal).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.