Sukses

Kabar Baik Hampiri Jepang Jelang Laga Piala Dunia 2022 Kontra Jerman

Sejak pertama kali lolos ke putaran final Piala Dunia 1998, Jepang tak pernah absen berpartisipasi di FIFA World Cup.

Liputan6.com, Jakarta Jepang akan menguji Jerman, salah satu favorit juara Piala Dunia 2022 di Qatar dalam laga pertama Grup E yang digelar di Stadion Khalifa International, Rabu (23/11/2022).

Jelang duel kontra Jerman, fan Jepang mendapat kabar baik karena kondisi sejumlah pemain yang sebelumnya mengalami cedera dilaporkan sudah sembuh.

Dinukil dari Sportmole, tiga pemain Jepang yang sempat diragukan Kaoru Mitoma, Wataru Endo, dan Hidemasa Morita, berpeluang dimainkan pelatih Hajime Moriyasu saat menghadapi juara dunia empat kali, Jerman.

Ketiga pemain tersebut selama ini cukup diandalkan Hajime Moriyasu di lini tengah Jepang. Karenanya tenaga mereka tentu sangat diperlukan Jepang untuk mengimbangi para gelandang Jeran.

Kaoru Mitoma dan Wataru Endo telah mengatasi masalah di bagian kepala untuk membuat diri mereka tersedia, sementara gelandang Sporting Lisbon Hidemasa Morita telah pulih dari cedera betis dan cukup fit untuk memulai dari sejak awal permainan.

Sementara bek kanan Arsenal, Takehiro Tomiyasu, yang diistirahatkan saat Jepan melawan Kanada pada laga uji coba terakhir karena masalah ototnya baru-baru ini, juga diperkirakan bakal masuk line up.

Dalam kondisi bugar 100 persen, Tomisayu bisa digeser lebih ke tengah pertahanan untuk berduet dengan salah satu pemain paling berpengalaman di skuad Jepang, Maya Yoshida.

Sedangkan di lini depan Samurai Biru, striker Vfl Bochum, Takuma Asano diprediksi akan dimainkan sejak menit awal. Semua penyerang Jepang di Piala Dunia 2022, belum ada yang berpengalaman tampil di putaran final Piala Dunia.

Selain Takuma Asano, barisan penyerang yang dimiliki Jepang di Piala Dunia 2022 adalah Shuto Machino, Ayase Udea, dan Daizen Maeda.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Selalu Lolos Sejak Piala Dunia 1998

Jepang sejak lolos ke Piala Dunia 1998, selalu hadir sebagai negara peserta putaran final FIFA World Cup.

Putaran final Piala Dunia 2022 merupakan keterlibatan ketujuh Jepang dan pencapaian terbaik Samurai Biru adalah tiga kali melangkah ke babak 16 besar.

Pertemuan Jerman dan Jepang di Piala Dunia 2022 merupakan yang pertama bagi kedua negara di FIFA World Cup.

Tetapi kedua negara sempat bertarung laga persahabatan pada tahun 2004 yang dimenangkan Jerman dengan skor 3-0 dan pada 2006 berakhir imbang 2-2.

Jepang merupakan negara keenam dari zona Asia yang dihadapi Jerman di Piala Dunia, setelah Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Australia, Arab Saudi, dan Iran.

 

3 dari 5 halaman

Fan Jepang Jadi Sorotan

Sebelum Samurai Biru bertarung melawan Jerman, fan mereka justru sudah menyita perhatian dalam Piala Dunia 2022 di Qatar.

Mereka tertangkap kamera membersihkan stadion setelah pertandingan perdana di Piala Dunia 2022 yang bahkan bukan dimainkan oleh tim kebanggaan mereka yaitu Jepang.

Penggemar sepak bola asal Jepang ini tetap tinggal di stadion untuk mengambil sampah, termasuk bungkus makanan dan botol yang tertinggal, seperti dikutip dari mothership.sg, Selasa (22/11/2022).

Mereka menyediakan kantong besar yang kemudian dibuang di luar stadion, tentunya di tempat sampah.

Para penggemar asal Jepang bahkan memungut bendera Qatar dan Ekuador yang kusut dari lantai dan memegangnya dengan hormat setelah pertandingan pembukaan antara kedua belah pihak.

Orang Jepang mengatakan kedua bendera itu "berisi pesan rasa hormat".

Rekaman orang Jepang yang sedang melakukan aktivitasnya direkam oleh influencer Omar Al-Farooq dari Bahrain. Orang Jepang sejak itu mendapat pujian luas atas cara mereka dalam berpikir.

Ketika Al-Farooq bertanya kepada seorang Jepang apa yang menyebabkan mereka bersih-bersih, jawabannya adalah: “Kami orang Jepang, dan kami tidak meninggalkan sampah, dan kami menghormati hal itu.”

Al-Farooq berkata: "Saya pikir hanya satu atau dua orang, tetapi mereka semua sedang membersihkan stadion."

Jepang diketahui melakukan hal yang sama selama Piala Dunia 2018 di Rusia. Meski kalah adu penalti 3-2 dari Belgia, suporter tim sepak bola Jepang terlihat memunguti sampah dan membersihkan tempat duduk di Rostov Arena.

 

4 dari 5 halaman

Hasil Buruk di Uji Coba Terakhir

Jepang menghadapi Piala Dunia 2022 dengan modal buruk karena menderita kekalahan di laga uji coba terakhir dari Kanada, dan jadi hasil negatif perdana dalam enam pertandingan.

Kanada mengakhiri rekor bagus The Samurai Blue. Kanada meraih kemenangan 2-1 pada laga uji coba di Stadion Al Maktoum, Kamis (17/11/2022).

Yuki Soma membawa Jepang memimpin di menit ke-9. Steven Vitoria lalu membatalkan keunggulan lewat golnya di menit ke-21.

Dengan partai menuju hasil imbang, Kanada mampu mencuri kemenangan. Penalti pemain pengganti Lucas Cavallini di injury time mengubah skor laga Jepang vs Kanada.

Jepang masuk Grup E Piala Dunia Qatar bersama Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika. Sedangkan Kanada, yang tampil di panggung terbesar sepak bola setelah menanti 36 tahun, bersaing di Grup F melawan Belgia, Kroasia, dan Maroko.

Jepang memulai petualangan di turnamen melawan Jerman, Rabu (23/11/2022). Sedangkan Kanada bersua Belgia pada Kamis (24/11/2022) dini hari WIB.

5 dari 5 halaman

Jadwal Jepang di Piala Dunia

Pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 antara Jerman versus Jepang akan dilaksanakan di Stadion Khalifa International, pada Rabu 23 November 2022, pukul 16.00 waktu lokal atau jam 20.00 WIB.

Duel Jerman vs Jepang dijadwalkan akan disiarkan langsung SCTV, Moji, NEX Parabola dan streaming di platform Vidio.

Rabu, 23 November 2022

20:00 WIB: Jerman vs Jepang (Stadium Internasional Khalifa)

Minggu, 27 November 2022

17:00 WIB: Jepang vs Kosta Rika (Stadium Al Rayyan)

Jumat, 2 Desember 2022

02:00 WIB: Jepang vs Spanyol (Stadion Internastional Khalifa).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.