Sukses

Jajaran Lagu Piala Dunia Terbaik Sepanjang Masa

Lagu kebangsaan terbaik di Piala Dunia akan selalu terukir di benak dan hati semua penggemar sepak bola

Liputan6.com, Jakarta - Seperti tahun-tahun sebelumnya, satu hal yang tak pernah lepas dari perhelatan Piala Dunia adalah lagu atau soundtrack resmi yang mengiringinya. Begitu pula lagui Piala Dunia 2022 yang dirilis FIFA.

Tapi, tahukan kamu bahwa menjelang perhelatan Piala Dunia, ratusan musisi dari masing-masing negara akan berkumpul dalam upaya untuk membuat lagu kebangsaan yang identik dengan turnamen yang dibuatnya. 

Berikut adalah jajaran lagu kebangsaan terbaik di Piala Dunia yang selalu terukir di benak dan hati semua penggemar sepak bola, menurut Daily Star:

 

1. Waka Waka (2010)

Dewi musik Kolombia Shakira merilis Waka Waka pada Mei 2010, beberapa minggu sebelum turnamen di Afrika Selatan. Namun, lagu kebangsaan ini masih akrab di telinga dan benak seluruh masyarakat terlepas dari apakah mereka pecinta sepak bola atau bukan, itu menunjukkan soundtrack Piala Dunia 2010 itu tak lekang oleh waktu.

Ini adalah kombinasi sempurna dari energi optimis, lirik yang mudah diingat, dan, di atas segalanya, itu ditulis dan dihidupkan oleh Shakira sendiri. Ini benar-benar semua yang diinginkan penggemar Piala Dunia dalam lagu kebangsaan mereka.

 

2. Wavin' Flag (2010)

Sayang sekali Wavin' Flag dirilis di Piala Dunia yang sama dengan Waka Waka. Hit pop epik milik K'naan mendorong pendengar untuk menari dan mengirimkan irama Afrika mengalir melalui pembuluh darah.

Sama halnya dengan Waka Waka, ini adalah lagu hit yang dapat dinyanyikan oleh sebagian besar penggemar sepak bola, bahkan jika ada orang-orang malang di sekitar mereka akan lebih suka untuk terus menari dari pada diam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. La Copa de La Vida (1998)

Ricky Martin mungkin terkenal dengan hit ikoniknya 'Livin La Vida Loca' tetapi hit No.1 Puerto Rico mungkin tidak setenar itu jika bukan karena lagu Piala Dunianya 'La Copa De La Vida.

Menulis hit Piala Dunia yang tidak murahan, mudah diingat, dan abadi lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, dan Martin mencapai hal itu dengan hit ini tepat sebelum Piala Dunia 1998 di Prancis.

Ada pesan patriotik, drum berdenyut, dan Martin, mengubah dirinya menjadi Lord of Dance sepanjang empat menit dan enam detik durasi lagu tersebut.

 

4. Don't Come Home Too Soon (1997)

Penggemar Skotlandia benar-benar membenci obituari musikal Del Amitri tentang harapan Piala Dunia Skotlandia. Tidak ada negara dalam sejarah Piala Dunia yang gagal melewati fase grup kompetisi lebih banyak dari Skotlandia.

Lagu kebangsaan mereka pada dasarnya adalah tiga menit dan 59 detik. Sayangnya, lagu tersebut tidak mengangkat penampilan mereka karena Skotlandia tersingkir dari babak penyisihan grup setelah gagal mengalahkan Brasil, Norwegia, dan Maroko. 

Faktanya, satu-satunya aspek yang mengesankan dari penampilan mereka adalah lagu itu sendiri - bukan karena mereka ingin diingatkan akan balada.

3 dari 5 halaman

5. World in Motion (2002)

Lagu ini memiliki disko, synthesizer, dan yang paling penting, memiliki bagian indah yang disediakan untuk rap ikonik John Barnes. Lagu New Order yang tak terlupakan dapat digunakan untuk mengangkat atap klub malam.

Sekali mendengarkan rap Barnes sudah cukup untuk melengkapi setiap pesepakbola dengan semua pengetahuan dan taktik untuk menjadi peraih trofi tertinggi sepak bola. 

 

6. Vindaloo (1998)

Kaos Three Lions dibuat ulang untuk Piala Dunia 1998 - tidak banyak orang yang menyadarinya karena hit Fat Les ini menggemparkan dunia. Selain menjadi hit yang luar biasa di kalangan penggemar sepak bola, itu bahkan membuat percikan besar di kancah musik arus utama.

Selain menjadi lagu resmi Inggris untuk Piala Dunia 1998, lagu ini bahkan mencapai No.2 di daftar single hit Inggris. Jika Anda terus memperhatikan, Anda juga akan melihat beberapa nama besar di video musik, termasuk Lily Allen muda, David Walliams, Matt Lucas, dan banyak lagi.

4 dari 5 halaman

7. We Are on The Ball (2002)

Secara fisik tidak mungkin untuk memiliki lagu Piala Dunia Inggris yang tidak menyebutkan kegagalan konsisten tim nasional sejak 1966. Bukannya ini hal yang buruk - di mana kita semua akan tanpa kegagalan yang gemilang?

Ant & Dec memainkan semua kunci yang tepat ketika mereka menyusun lagu resmi Piala Dunia Inggris untuk Piala Dunia 2002, karena lagu itu naik ke peringkat ketiga di daftar lagu hit Inggris, tertinggal tipis di belakang Eminem dan Will Young.

 

8. Carnaval de Paris

Keluarkan maracas Anda, bersihkan drum, keluarkan sepatu dansa Anda dari bagian bawah lemari, ini adalah musim Carnaval de Paris. Ada sesuatu yang luar biasa dari lagu resmi Piala Dunia 1998.

Mustahil untuk tidak bersemangat dengan lagu yang ditulis oleh trio musik Dario G. Lagu itu masih terdengar di seluruh stadion hingga hari ini, terutama ketika sebuah gol dibobol ke belakang gawang.

5 dari 5 halaman

Lagu Resmi Piala Dunia Qatar

Adapun lagu atau soundtrack lagu piala dunia 2022 Qatar juga telah dirilis oleh FIFA.

 

Hayya hayya (Better Together)

Lagu Hayya telah dirilis sejak bulan April 2022 oleh FIFA. Lagu ini menjadi lagu piala dunia pertama yang menjadi soundtrack resmi FIFA.

Lagu Hayya Hayya dinyanyikan oleh Trinidad Cardona berkolaborasi dengan Davido dan Aisha. Lagi bergenre R&B ini, dinilai mampu membangkitkan semangat para pecinta sepakbola.

Berikut lirik lagu Hayya Hayya:

 

Hayya, Hayya, Hayya (Yeah)

Hayya, Hayya, Ha- (You know what it is)

Hayya, Hayya, Hayya

Hayya, Hayya, Ha- (Redwood)

 

Hayya, Hayya, Hayya

(Aisha)

Hayya, Hayya, Ha-

(Davido)

Hayya, Hayya, Hayya

(Trinidad)

Hayya, Hayya, Ha-

 

I wanna walk the walk on every street

I wanna ball out with the world at my feet

Hit every discotheque and not skip a beat, eh, eh

I wanna party, party eight days a week

 

I promise, I promise, I promise you now

Everything, everything gonna work out

Every tomorrow, no matter what goes down

I promise, I promise, I promise you now

Gonna be, gonna be sticking around

Every tomorrow, no matter what goes down

 

(Yo yo yo, yo ho)

You know we better together

(Yo yo yo, yo ho)

Don't wanna wait forever

(Yo yo yo, yo ho)

You know we better together

(Yo yo yo, yo ho)

The time is now or never

 

Hayya, Hayya, Hayya

Hayya, Hayya, Ha-

 

Life can be up and down but what can you do, eh?

We navigate through all the rough and the smooth, yeah

We got that rock 'n' roll, that rhythm and blues, yeah, yeah

I'm never blue if I am rockin' with you

 

I promise, I promise, I promise you now

Everything, everything gonna work out

Every tomorrow, no matter what goes down

I promise, I promise, I promise you now

Gonna be, gonna be sticking around

Every tomorrow, no matter what goes down

 

(Yo yo yo, yo ho)

You know we better together

(Yo yo yo, yo ho)

Don't wanna wait forever

(Yo yo yo, yo ho)

(You know we better together)

(Yo yo yo, yo ho)

The time is now or never

 

Yeah, you can hop on your own wave

(Yeah, you can ride it for life)

But every journey is better

(When you got love on your side)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.