Sukses

Deretan Artis yang Tampil di Opening Ceremony Piala Dunia 2022, Ada Jungkook BTS

Inilah dertan artis yang akan tampil di acara pembukaan Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2022 Qatar akan dimulai nanti malam dengan pertandingan pembuka tuan rumah Qatar melawan Ekuador di Stadion Al Bayt. Pertandingan ini juga akan menjadi partai pembuka Grup A yang diisi oleh Qatar, Ekuador, Belanda dan Senegal.

Sebelum pertandingan pembuka, FIFA akan menggelar Opening Ceremony Piala Dunia 2022 atau acara pembukaan. Sederet artis internasional akan tampil untuk memeriahkan opening ceremony di Stadion Al Bayt yang berkapasitas 60.000 penonton.

Dilansir dari Wionews, penyanyi K-Pop dari grup BTS, Jeon Jungkook menjadi salah satu bintang yang akan tampil pada Opening Ceremony Piala Dunia 2022 di Qatar pada 20 November. BTS juga sudah mengkonfirmasi kehadiran membernya ini lewat cuitan di Twitternya.

Jungkook juga mengisi soundtrack Piala Dunia 2022 yang berjudul Dreamers. Kabarnya, pada saat pembukaan nanti, lagu Dreamers akan dinyanyikan langsung oleh Jungkook.

"Bangga mengumumkan bahwa Jungkook BTS adalah bagian dari Soundtrack Piala Dunia FIFA Qatar 2022 dan akan tampil di upacara pembukaan Piala Dunia. Pantau terus!," tulis BTS di akun twitternya.

Jungkook menjadi orang Korea Selatan pertama yang tampil di pembukaan Piala Dunia. Sebelumnya, kebanyakan penampil berasal dari Eropa atau Amerika serta Afrika.

Sekadar informasi, BTS secara khusus pernah berbicara di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan juga membawakan lagu di depan para pemimpin dunia pada 2021 berjudul Permission to Dance.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Deretan Artis

Selain Jungkook BTS, para penampil lainnya, yaitu ada grup musik asal Amerika, Black Eyed Peas dan penyanyi asal Kolombia J Balvin yang akan memeriahkan Opening Ceremony. Keduanya sudah mengkonfirm bahwa akan tampil di acara pembukaan Piala Dunia 2022.

Kemudian ada penyanyi dan penulis lagu asal Nigeria Patrick Nnaemeka Okorie serta rapper asal Amerika, Lil Baby yang merilis lagu resmi Piala Dunia 2022 pada akhir September berjudul The World Is Yours to Take.

Ada juga Aktris dan penari asal India Nora Fatehi yang akan tampil untuk membawakan single FIFA "Light The World". Lagu ini telah dirilis sebagai soundtrack resmi Piala Dunia FIFA 2022.

Penyanyi dan produser lagu asal Qatar, Fahad Al-Kubaisi juga dikabarkan akan tampil menemani Jungkook membawakan lagu Dreamers.

Selain opening ceremony, para artis yang mayoritas DJ juga seperti DJ Tiesto dan David Guetta juga akan tampil di festival musik untuk fans sepanjang Piala Dunia 2022 Qatar.

 

3 dari 5 halaman

Kembang Api

Pada acara pembukaan Piala Dunia 2022 juga akan disuguhkan pertunjukkan kembang api. Nantinya kembang api akan dinyalakan dan membentuk huruf-huruf menyusun tuliaan Q-A-T-A-R.

Maskot resmi La'eeb juga akan diperkenalkan di hadapan penonton dua jam sebelum pertandingan pembuka. Beda dengan maskot pada edisi-edisi sebelumnya, La'eeb tidak bertemakan hewan.

FIFA tidak menjelaskan secara gamblang makna dari La'eeb yang digambarkan berwarna putih dan melayang-layang dengan ekspresi riang. FIFA mempersilakan interpretasi atau pemahaman publik terhadap La'eeb.

Selain nama-nama yang sudah mengkonfirmasi, adapun artis-artis di dunia yang diisukan akan tampil. Misalnya Robbie Williams dan Shakira yang pernah fenomenal pada Piala Dunia 2010 lalu dengan lagu Waka-Waka.

Nicki Minaj dan Jason Derulo juga dikabarkan akan memeriahkan pembukaan pesta sepak bola akbar dunia ini. Namun, sampai saat ini keduanya belum mengkonfirmasi kebenaran isu tersebut.

4 dari 5 halaman

Artis Menolak

Media Spanyol, Marca melaporkan Qatar telah mendapatkan penolakan dari beberapa artis yang diundang untuk tampil pada acara pembukaan Piala Dunia 2022. Acara pembukaan berlangsung di Al Bayt Stadium di Al Khor, Qatar, Minggu (20/11) malam WIB.

Qatar telah lama menjadi pusat perhatian karena dianggap menganiaya pekerja imigran menjelang Piala Dunia. Pemberitaan yang buruk membuat Qatar mendapat penolakan dari bintang top dunia Dua Lipa dan Rod Stewart.

"Saya akan menyemangati Inggris dari jauh dan saya berharap untuk mengunjungi Qatar ketika telah memenuhi semua janji hak asasi manusia yang dibuatnya ketika memenangkan pemilihan tuan rumah Piala Dunia. One Love, Dua," kata Dua Lipa seperti dikutip Sportskeeda.

Rod Stewart juga menolak kesempatan untuk tampil di upacara pembukaan. "Mereka menawari saya sejumlah besar uang, lebih dari satu juta dolar untuk pertunjukan, tetapi saya menolaknya karena menurut saya tidak benar pergi ke negara dengan ide dan nilai itu. Saya juga berpikir orang Iran juga harus berhenti. memasok mereka dengan senjata," ucap Stewart.

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Opening Ceremony

Pertunjukkan acara pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar akan dimulai pada pukul 18.00 waktu setempat atau pukul 22.00 WIB. Setelah itu akan digelar pertandingan Qatar vs Ekuador pada 23.00 WIB.

Biasanya, opening ceremony akan dimulai dengan pertunjukkan tradisional dari Qatar. Kemudian dilanjutkan dengan pidato pembukaan dari Presiden (Emir) Qatar yang dilanjutkan dengan pidato pembukaan dari Presiden FIFA.

Kemudian dilanjutkan dengan penampilan beberapa artis dunia yang membawakan lagu-lagu soundtrack Piala Dunia 2022, seperti Nora Fatehi, Jungkook BTS, dan Lil Baby, dilanjutkan dengan artis internasional lainnya.

Setelah para artis selesai menampilkan pertunjukkannya masing-masing, barulah pertunjukkan kembang api akan dimulai yang akan menjadi pertunjukkan terakhir dari serangkaian acara pembukaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.