Sukses

3 Produk Buatan Indonesia yang Tampil di Perhelatan Piala Dunia, Apa Saja?

Produk buatan Indonesia yang pernah ada di Piala Dunia diantaranya bola, jersey, dan sepatu

Liputan6.com, Jakarta Piala dunia merupakan turnamen sepak bola paling bergengsi tingkat internasional yang diikuti berbagai tim nasional di seluruh dunia. Perhelatan ini diadakan empat tahun sekali dan sudah berlangsung sejak tahun 1930. Tidak lama lagi, Piala Dunia 2022 dijadwalkan pada 20 November sampai 18 Desember 2022 di Qatar.

Pergelaran piala dunia di Asia ini merupakan edisi kedua setelah 20 tahun lalu pernah diselenggarakan di Jepang dan Korea Selatan pada 2002 silam. Alasan Qatar terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 karena mendapatkan suara terbanyak dalam pemungutan suara dari 22 anggota eksekutif Federasi Sepakbola Internasional (FIFA).

Selain informasi dari pemain berbakat yang akan tampil, ada banyak informasi menarik yang perlu Anda ketahui salah satunya seperti produk-produk yang digunakan pemain selama piala dunia berlangsung. Produk yang digunakan piala dunia setiap masanya memiliki transformasi sejarah tersendiri. Desain produk dibuat dengan karakter tersendiri, pembuatannya pun dari beberapa negara terpilih.

Fakta menarik dalam pembuatan produk ajang sepak bola yang ditonton seluruh dunia ini, Indonesia turut andil dalam kemajuan pelaksanaan piala dunia. Hal ini membuktikan bahwa buatan Indonesia diakui salah satu produsen yang terbaik di dunia.

Adapun sejumlah produk-produk buatan Indonesia adalah bola, jersey, dan sepatu. Pada Piala Dunia 2022, Indonesia dipercaya Adidas memproduksi bola yang bakal digunakan oleh pemain sepak bola dunia. Jadi, sebelum timnas Indonesia yang dipercaya untuk bisa ikut kejuaraan sepak bola internasional ini Indonesia beruntung telah berpartisipasi dalam acara piala dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bola

Bola merupakan produk pertama buatan Indonesia yang dipercaya dalam ajang piala dunia. Bola resmi piala dunia yang pernah diproduksi mulai dari Piala Dunia 1998 sampai Piala Dunia 2014. Adapun nama-nama bola resmi piala dunia buatan negara kita tercinta diantaranya Tricolore untuk Piala Dunia 1998 yang diselenggarakan di Prancis, Fevernova untuk Piala Dunia 2002 yang diselenggarakan di Jepang dan Korea Selatan, Teamgeist untuk Piala Dunia 2006 yang diselenggarakan di Jerman, Jabulani untuk Piala Dunia 2010 yang diselenggarakan di Afrika Selatan, dan Brazuca untuk Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan di Brasil.

Dalam lima edisi piala dunia berturut-turut ini bola resmi dibuat di Majalengka, Jawa Barat. Tepatnya adalah Sinjaraga Santika Sport. Pada edisi Piala Dunia Jepang dan Korea Selatan, ada sekitar hampir 100,000 bola yang diproduksi Indonesia.

Sebelum mendapatkan kepercayaan sebagai negara yang dapat berpartisipasi dalam penyelenggaraan piala dunia, FIFA telah memberikan lisensi kelayakan atau standar baku untuk produksi bola resmi.

3 dari 5 halaman

Tes FIFA

1.       Circumference, pengujian kesempurnaan lingkaran bola

2.       Sphericity, pengujian stabilitas bola di udara

3.       Rebound, pengujian pantulan bola

4.       Water absorption, pengujian tingkat ketahanan bola terhadap air

5.       Weight, pengujian berat bola

6.       Loss of pressure, pengujian apakah bola kehilangan udara selama permainan atau tidak

7.       Shape and size retention, pengujian apakah bola berat dan ukuran bola berubah atau tidak selama permainan

Pada Piala Dunia 2022 Indonesia kembali dipercaya memproduksi bola resmi yang bernama Al Rihla. Si bundar yang diproduksi di Madiun ini memiliki dua desain teknologi baru, yaitu Speedshell dan CTR-CORE. Yang mana bagian kulit bola terbuat dari bahan 70 persen polyurethane (PU), 20 persen poliester daur ulang, dan 10 persen viscose.

Uniknya, Al Rihla menjadi bola resmi piala dunia pertama yang pewarnaan dan pengelemannya memakai bahan dasar air. Sehingga lebih ramah lingkungan. Selain itu Al Rihla juga diklaim sebagai bola tercepat dari edisi-edisi di Piala Dunia sebelumnya, bahkan Adidas juga menyebut kalau Al Rihla memiliki akurasi terbaik. 

4 dari 5 halaman

Jersey

Bagi pencinta bola tentu sudah tahu bahwa jersey Indonesia merupakan salah satu produk tekstil yang sukses di ekspor ke berbagai negara. Maka dari itu, tidak heran jika Indonesia turut berpatisipasi penyelenggaraan piala dunia dalam memproduksi jersey atau kaos bola untuk pemain timnas.

Sebagai salah satu pusat produksi yang penting untuk Nike dan Adidas, jersey Made in Indonesia banyak diproduksi pada Piala Dunia 2018. Terdapat empat jersey timnas yang diproduksi saat itu, yaitu Inggris, Portugal, Prancis, dan Brasil. Bahan tidak hanya digunakan timnas, jersey tersebut juga dijual di beberapa gerai Nike maupun Adidas yang ada di luar negeri.

Pada Piala Dunia 2022 Indonesia kembali dipercaya untuk memproduksi jersey untuk timnas Inggris. Tulisan “Made In Indonesia” biasanya akan terlihat pada bagian bawah kerah bagian belakang. Jersey buatan Indonesia merupakan salah satu favorit Nike untuk membuat jersey kejuaraan sepak bola lainnya atau tim sepak bola terkenal yang di jual dan disebarluaskan ke seluruh dunia.

5 dari 5 halaman

Sepatu

Sepatu merupakan atribut terpenting bagi pemain sepak bola. Bukan saja harus yang nyaman, melainkan juga harus aman terutama untuk menghindari cedera pada kaki.

Pada penyelenggaraan piala dunia, sepatu bola juga disiapkan secara khusus untuk setiap pemainnya. Permainan yang dilakukan di area terbuka ini biasanya didesain menyesuaikan kebutuhan lapangan, terutama pada bagian sol sepatu bola yang terdapat stud dan pul.

Bicara soal sepatu bola, Indonesia juga pernah berpatisipasi produksi sepatu bola untuk Piala Dunia 2010. Pada saat itu merek sepatu bola yang digunakan peserta bola pada Piala Dunia 2010 adalah sepatu sport merek Mizuno asal Jepang. Indonesia salah satu yang produsen yag memproduksi sepatu bola tersebut. Perusahaan asal Indonesia tersebut adalah PT Panarub Dwikarya dari Tangerang, Banten.

Mizuno merupakan salah satu nama terbesar di sepakbola. Selain pada Piala Dunia 2010, sepatu merek Mizuno juga pernah digunakan pada penyelenggaraan Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang. Saat ini Rivaldo, pemain bola asal Brasil, berhasil mencetak gol dalam lima pertandingan pertamanya. Lalu, sepatu tersebut menjadi bersejarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.