Sukses

Mayoritas Pemain Brasil di Piala Dunia 2022 Adalah Debutan

Pelatih Timnas Brasil, Tite, sudah mengumumkan 26 pemain yang akan dibawa bertempur di Piala Dunia 2022, yang mayoritas belum berpengalaman tampil di putaran final Piala Dunia.

Liputan6.com, Jakarta- Pelatih Timnas Brasil, Adenor Leonardo Bacchi yang akrab disapa Tite, sudah mengumumkan daftar 26 pemain Selecao yang akan dibawanya terbang Qatar untuk bertarung di Piala Dunia 2022.

Salah satu fakta menarik di balik daftar pemain Brasil pilihan Tite tersebut, adalah lebih dari separuhnya merupakan newbie atau debutan yang baru pertama kali mentas di putaran final Piala Dunia.

Piala Dunia 2022 di Qatar akan menjadi Piala Dunia pertama untuk 16 dari 26 pemain Timnas Brasil pilihan Tite. Para debutan di skuat Brasil adalah Gleison Bremer, Gabriel Martinelli, Rodrygo Goes, Vinicius Jr, Antony, Bruno Guimaraes, Alex Telles, Fabinho, Eder Militao, Weverton (kiper), Raphinha, Richarlison, Lucas Paqueta, Everton Ribeiro, Pedro, dan Alex Sandro.

Dari 16 nama tersebut, sejumlah nama terbilang terlambat tampil di Piala Dunia. Seperti Fabinho (29 tahun) dan Alex Sandro (31) yang namanya diabaikan Tite di Piala Dunia 2018. Kemudian kiper berusia 34 tahun, Weverton. Lalu Alex Telles (29) dan Everton Ribeiro (33).

Meski Qatar 2022 akan jadi panggung Piala Dunia pertama untuk 16 pemain Brasil, tetapi mereka tentu bukan newbie seutuhnya. Sebab semuanya berpengalaman main bersama Brasil, termasuk di turnamen besar seperti Copa America dan Olimpiade.

Selebihnya atau 10 pemain adalah yang berpengalaman tampil di Piala Dunia, termasuk dua veteran yakni Thiago Silva dan Dani Alves. Bagi Thiago Silva, Piala Dunia 2022 akan menjadi Piala Dunia keempat setelah Afrika Selatan 2010, Brasil 2014, dan Rusia 2018.

Sementara untuk Dani Alves yang sekarang bermain untuk klub Meksiko, Pumas UNAM, Piala Dunia 2022 merupakan Piala Dunia ketiga setelah Afsel 2010 dan Brasil 2014. Di Piala Dunia 2018, Dani Alves gagal masuk skuat Brasil karena cedera.

Begitu pun dengan bintang Brasil, Neymar, yang akan tampil di Piala Dunia ketiganya setelah Piala Dunia 2014 yang berujung apes akibat cedera saat lawan Kolombia di perempat final dan Piala Dunia 2018 di Rusia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Daftar 26 Pemain Brasil

Tite mengumumkan daftar pemain Brasil di Piala Dunia 2022 pada Senin 7 November 2022 waktu setempat. Pelatih berusia 61 tahun itu, akhirnya tidak menyertakan sejumlah nama beken.

Nama top yang diabaikan Tite adalah Philippe Coutinho yang belakangan performanya menurun bersama Aston Villa. Kemudian Roberto Firmino, yang sebenarnya mulai mendapatkan tempat lagi di tim utama Brasil.

Yang agak mengejutkan, Tite, memutuskan tidak membawa Gabriel Magalhaes, bek Arsenal yang penampilannya sedang naik daun.

Peluang Gabriel Magalhaes maupun pemain lain sebenarnya masih terbuka, setidaknya hingga batas akhir pendaftaran nama-nama pemain pada 13 November 2022.

Itu bisa terjadi jika ada pemain yang cedera atau faktor lain yang membuat pelatih harus mencoret dan menggantinya dengan pemain lain.

Berikut daftar 26 pemain Brasil di Piala Dunia 2022

Kiper: Alisson (Liverpool), Ederson (Manchester City), Weverton (Palmeiras).

Belakang: Dani Alves (Pumas UNAM), Danilo (Juventus), Alex Sandro (Juventus), Alex Telles (Sevilla), Bremer (Juventus), Eder Militao (Real Madrid), Marquinhos (PSG), Thiago Silva (Chelsea).

Tengah: Bruno Guimaraes (Newcastle United), Casemiro (Manchester United), Everton Ribeiro (Flamengo), Fabinho (Liverpool), Fred (Manchester United), Lucas Paqueta (West Ham).

Depan: Antony (Manchester United), Gabriel Jesus (Arsenal), Gabriel Martinelli (Arsenal), Neymar (PSG), Pedro (Flamengo), Raphinha (Barcelona), Richarlison (Tottenham), Rodrygo (Real Madrid), Vinicius Jr (Real Madrid).

 

3 dari 5 halaman

Incar Trofi Keenam

Menghadapi Piala Dunia 2022 di Qatar, pemain andalan Timnas Brasil, Neymar Jr mengaku ambisius bisa membawa pulang trofi yang sudah lama tak pulang ke Brasil. Terakhir, Brasil mampu menjadi kampiun juara dunia pada Piala Dunia Korea Selatan dan Jepang 2022 saat mengandaskan Jerman 2-0.

Sejak debut di Timnas Brasil, Neymar sudah dua kali mencicipi panggung Piala Dunia, yaitu pada 2014 dan 2018. Namun ia belum mampu mengantarkan Tim Seleceo juara dunia, dia juga mengaku punya memori buruk pasca dikalahkan Jerman 1-7 di semi final Piala Dunia 2014.

“Kalah tidak pernah mudah dalam sepak bola, tapi di Piala Dunia lebih buruk. Itu sebabnya Anda harus melakukan persiapan dengan benar, 100% benar secara fisik dan mental," ujar Neymar dilansir dari FourFourTwo.

"Sudah menjadi impian saya sejak saya masih kecil untuk memenangkan Piala Dunia. Saya membayangkan diri saya memegang trofi itu dan saya punya kesempatan lain untuk mencoba dan melakukannya di Qatar. Saya harap saya akan melakukannya," tambahnya.

Juru gedor Paris Saint Germain (PSG) ini membeberkan tim mana saja yang kemungkinan akan menjadi pesaing berat tim Selecao membawa pulang trofi Piala Dunia 2022 Qatar. Setidaknya Neymar menyebutkan ada lima negara yang akan menjadi batu sandungan Brasil di Qatar.

 

4 dari 5 halaman

5 Pesaing Terberat Brasil

Pemain berusia 30 tahun itu menilai juara bertahan Prancis merupakan tim paling berat yang menjadi pesaing Brasil di Piala Dunia 2022. Timnas Prancis masih diisi oleh sebagian pemain-pemain yang mengantarkan Les Bleus juara di tahun 2018 namun dengan beberapa pergantian pemain yang cedera.

Kemudian rival abadi Brasil yakni Argentina, merupakan negara yang dinilai Neymar sebagai pesaing terberat timnya. Argentina masih diisi pemain-pemain berkualitas seperti rekan setim Neymar di PSG, Lionel Messi.

Tim berikutnya yang ditandai Neymar sebagai pesaing Brasil adalah Jerman yang merupakan salah satu tim besar di dunia. Mengoleksi empat trofi Piala Dunia yang membuat mereka berada di posisi kedua bersama Italia. Jerman hanya kalah dari Brasil yang telah meraih lima gelar juara Piala Dunia.

Berikutnya, Neymar menilai Belgia juga sebagai pesaing berat Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar nanti. Pada dua edisi Piala Dunia, Timnas Belgia menjadi tim yang diperhitungkan setelah muncul dengan generasi emasnya.

Neymar juga menjagokan Timnas Inggris pada gelaran Piala Dunia 2022 ini. Inggris yang datang dengan para pemain muda diyakini bisa membuat kejutan di Piala Dunia 2022 Qatar nanti.

Terbukti, pada fase kualifikasi Inggris cukup perkasa tanpa mengalami sekalipun kekalahan dari 10 pertandingan yang dimainkan di fase kualifikasi. Hanya Polandia dan Hungaria yang mampu memberi perlawanan untuk timnas Inggris.

 

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Brasil

Brasil akan menghadapi Serbia pada laga pertama Grup G Piala Dunia 2022, kemudian dijajal Swiss, lawan yang bisa-bisa kembali menyulitkan seperti empat tahun lalu di Rusia, dan terakhir menghadapi Kamerun.

Jumat, 25 November 2022

02.00 WIB Brasil vs Serbia di Lusail Iconic Stadium

Senin, 28 November 2022

23.00 WIB Brasil vs Swiss di Stadium 974

Sabtu, 3 Desember 2022

02.00 WIB Brasil vs Kamerun di Lusail Iconic Stadium.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.