Sukses

Resmi Tinggalkan Nacional, Luis Suarez Fokus Piala Dunia 2022

Luis Suarez tidak memperpanjang kontraknya bersama Club Nacional.

Liputan6.com, Jakarta Striker Uruguay, Luis Suarez resmi meninggalkan klub Nacional. Suarez memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak bersama tim masa kecilnya itu dan bersiap menatap Piala Dunia 2022.

Acara perpisahan Suarez berlangsung di Nacional's Gran Parque Central, 6 November 2022. Acara tersebut juga sekaligus menjadi perayaan penobatan Nacional sebegai juara Liga Primer Uruguay musim ini. 

Ribuan suporter menghadiri pesta perpisahan Suararez. Eks pemain Liverpool tak kuasa menahan haru saat menyampaikan salam perpisahan kepada klub yang menampungnya usai meninggalkan Atletico Madrid. Ungkapan perpisahan juga disampaikan oleh Suarez melalui akun Twitter resminya. 

"Waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal," tulis Suarez seperti dilansir dari AS. 

Seperti diketahui, Nacional menjadi klub profesional pertama Luis Suarez. Sebelum bertualang 16 tahun ke sepak bola Eropa, Suarez sempat berseragam Nacional pada tahun 2005 hingga 2006 lalu.

Dalam perjalanannya, Suarez kemudian memperkuat sejumlah tim elite dunia seperti Ajax Amsterdam, Liverpool, hingga Barcelona. Setelah kontraknya berakhir dengan Atletico tahun lalu, Suarez memutuskan kembali ke Nacional. Kehadirannya disambut meriah oleh suporter tim berjuluk Tricolores tersebut. 

Meski kontraknya hanya seumur jagung, Suarez telah memberikan penampilan terbaik kepada Nacional. Sepanjang musim ini, Suarez mampu mencetak 8 gol dari 14 pertandingan bersama Tricolores.

Dia ikut andil membawa Nacional merebut gelar juara Liga Primer Uruguay pada musim ini. Namanya bahkan sempat dinobatkan sebagai man of the match saat Nacional menang 4-1 atas Liverpool pada 31 Oktober lalu. Suarez mencetak 2 gol dan mengantar Nacional jadi juara Liga Primer Uruguay. 

   

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gabung ke MLS?

Belum diketahui pasti ke mana Suarez bakal melangkah setelah meninggalkan Nacional. Banyak spekulasi yang mengatakan, mantan pemain Barcelona itu bakal mencoba petualangan baru di Amerika Serikat. 

Dia kabarnya ingin bergabung ke tim MLS, Inter Miami. Suarez tertarik bergabung ke tim ini, karena mantan rekan setimnya, Lionel Messi juga disebut-sebut bakal ikut bergabung ke tim yang sama. 

Seperti diketahui, Suarez dan Messi selama ini dikenal sebagai teman dekat. Hubungan mereka terjaga meski sudah tidak lagi memperkuat tim yang sama. Bahkan saat memutuskan untuk pulang kampung ke Uruguay, Messi bersedia meminjamkan pesawat pribadinya kepada pemain kontroversial tersebut. 

 

3 dari 4 halaman

Fokus ke Piala Dunia 2022

Belum ada konfirmasi resmi dari Suarez mengenai klub berikutnya. Saat ini, fokus pemain kelahiran Salto, Uruguay itu masih kepada Piala Dunia 2022. Pemusatan latihan telah digelar di Montevidio dan diikuti oleh sejumlah pemain liga lokal Uruguay sembari menunggu pemain lainnya dari liga di luar negeri. 

Pada Piala Dunia 2022 nanti, Uruguay tergabung dengan Korea Selatan, Portugal, dan Ghana. Di laga perdana, Uruguay akan berhadapan dengan Korsel pada 24 November 2022. 

Pelatih Timnas Uruguay, Diego Alonso, sejauh ini sudah membentuk tim sementara yang dihuni 41 pemain. Pemain-pemain tersebut diambil dari hasil uji coba melawan Iran dan Kanada, September lalu. 

Nama Suarez masih masuk dalam daftar sementara tersebut. Selanjutnya, Alonso akan memilih 26 nama untuk didaftarkan kepada FIFA pada 14 November mendatang. 

Simak susunan skuad sementara timnas Uruguay di halaman selanjutnya. 

4 dari 4 halaman

Skuad Sementara Timnas Uruguay

GK: Fernando Muslera (Galatasaray)

GK: Sergio Rochet (Nacional)

GK: Guillermo de Amores (Lanus)

GK: Sebastian Sosa (Independiente)

GK: Santiago Mele (Persatuan)

GK: Gaston Olveira (Olimpia)

DF: Jose Gimenez (Atletico Madrid)

DF: Ronald Araujo (Barcelona)

DF: Federico Pereira (Liverpool Montevideo)

DF: Agustin Rogel (Hertha Berlin)

DF: Damian Suarez (Getafe)

DF: Bruno Mendez (Korintus)

DF: Leandro Cabrera (Espanyol)

DF: Matias Vina (Roma)

DF: Sebastian Coates (Sporting CP)

DF: Martin Caceres (LA Galaxy)

DF: Mathias Olivera (Napoli)

DF: Guillermo Varela (Flamengo)

DF: Sebastian Caceres (Amerika)

DF: Joaquin Piquerez (Palmeiras)

MF: Manuel Ugarte (Sporting CP)

MF: Rodrigo Bentancur (Tottenham)

MF: Nicolas de la Cruz (Lempeng Sungai)

MF: Giorgian de Arrascaeta (Flamengo)

MF: Lucas Torreira (Galatasaray)

MF: Federico Valverde (Real Madrid)

MF: Matias Vecino (Lazio)MF: Mauro Arambarri (Getafe)

MF: Fernando Gorriaran (Santos Laguna)

MF: Rodrigo Zalazar (Schalke 04)

FW: Diego Rossi (Fenerbahce)

FW: Luis Suarez (Nacional)

FW: Darwin Nunez (Liverpool)

FW: Maxi Gomez (Trabzonspor)

FW: Facundo Torres (Kota Orlando)

FW: Edinson Cavani (Valencia)

FW: Facundo Pellistri (Manchester United)

FW: Agustin Alvarez (Sassuolo)

FW: Agustin Canobbio (Athletico Paranaense)

FW: Brian Ocampo (Cadiz)

FW: Martin Satriano (Empoli)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.