Sukses

Timnas Indonesia U-20 Kalah dari Turki di Uji Coba, Shin Tae-yong: Masih Adaptasi

Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong nampaknya tak terlalu kecewa menyaksikan kekalahan skuad asuhannya dari Turki dalam laga uji coba yang berlangsung pada Rabu (26/10/2022) lalu. Pelatih asal Korea Selatan menilai pertandingan ini merupakan sarana adaptasi untuk melawan tim-tim Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 menelan kekalahan tipis dari Turki dalam laga uji coba yang berlangsung di Manavgat Ataturk Stadyumu, Rabu (26/10/2022) lalu.

Dilansir dari laporan yang diunggah di situs resmi PSSI, Garuda Nusantara takluk 1–2 dari lawannya. Adapun gol semata wayang yang dilesakkan kubu Indonesia bersumber dari aksi Dony Tri Pamungkas di menit ke-90+1.

Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong mengungkap, pertandingan antara kedua kesebelasan memang berjalan sengit. Walau belum mampu meraup hasil dominan, juru taktik asal Korea Selatan meyakini laga ini bisa menjadi sarana adaptasi buat anak-anak asuhnya.

“Memang hari ini kami kalah 1–2 dari Turki. Di babak pertama, kami bermain cukup baik, dan ini pertandingan pertama (untuk) adaptasi melawan tim Eropa. Dari pertandingan hari ini, beberapa pemain (jadi) dapat menit bermain,” ujarnya seperti dilansir dari laman PSSI.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-20 saat ini tengah menjalani pemusatan latihan di Turki. Kegiatan tersebutmerupakan bagian dari TC Eropa yang ditujukan untuk mengasah kemampuan Garuda Nusantara jelang menghadapi Piala Asia U-20 2023.

Tak hanya menjalani sesi latihan, Timnas Indonesia U-20 juga dijadwalkan mengikuti serangkaian laga uji coba demi mengukur kekuatan skuad sebelum melakoni perhelatan penting tahun depan.

Sebelumnya, Indonesia telah lebih dulu meladeni perlawanan Cakallikli Spor di Lapangan Kempinski Hotel Football, Antalya, Senin (24/10/2022). Garuda Nusantara kala itu mampu meraih kejayaan 2–1 berkat gol Ginanjar Wahyu (’17) dan Ricky Pratama (’85).

Sayangnya, hasil positif ini tak mampu diteruskan kala bersua dengan Timnas Turki U-20. Garuda Nusantara harus mengakui keunggulan lawan usai tumbang dengan skor tipis 1-2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak Kekurangan

Shin Tae-yong tak menampik bahwa tim racikannya masih memiliki sejumlah kelemahan dalam laga kontra Turki. Ia mengkritik lemahnya lini serang Garuda Asia. Pertahanan yang kurang rapat juga membuat Timnas Indonesia U-20 kecolongan saat lawan melakukan serangan balik.

“Masalah memang dari penyerangan. Ada (juga) counter attack dari lawan yang harusnya kami siapkan (serta) antisipasi dengan baik,” beber juru taktik berusia 52 tahun tersebut.

Kendati demikian, Shin Tae-yong optimistis anak-anak asuhnya bisa tampil apik di Piala Asia U-20 2023. Segrup dengan Uzbekistan, Iran, dan Suriah, sang pelatih yakin Garuda Nusantara mampu lolos ke babak selanjutnya jika dipersiapkan dengan matang.

“Kita bertemu dengan tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah. Kalau kami persiapkan dengan baik, pasti kami lolos ke babak selanjutnya. Saya yakin itu,” pungkas manajer yang pernah mengangani Timnas Korea Selatan.

3 dari 3 halaman

Kecewa

Di sisi lain, pemain Timnas Indonesia U-20 Dony Tri Pamungkas mengaku kecewa karena belum bisa meraih hasil maksimal di laga uji coba melawan Turki. Ia pun berjanji bakal berlatih lebih keras demi agar bisa meningkatkan performa di pertandingan mendatang.

“Memang dari hasil, (pertandingan ini) mengecewakan, tetapi kami semua akan berusaha lagi supaya lebih baik ke depan. Komunikasi di lapangan akan kami perbaiki lagi agar kami bermian lebih oke dan kompak,” ujarnya dalam situs PSSI.

Sekadar informasi, Garuda Nusantara masih akan menjalani dua laga uji coba dalam waktu dekat. Pasukan Shin Tae-yong dijadwalkan berjumpa dengan Moldova pada Selasa (1/11/2022) dan Jumat (4/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.