Sukses

Daftar 6 Pemain Top yang Terancam Absen di Piala Dunia 2022

Sejumlah pemain dicoret karena cedera dan diprediksi belum sembuh saat turnamen dimulai pada November

Liputan6.com, Jakarta- Dengan waktu kurang dari satu bulan sampai Piala Dunia 2022 dimulai di Qatar, sejumlah pemain besar dari seluruh dunia telah dicoret dari turnamen. Sulit membayangkan Piala Dunia berlangsung tanpa keikutsertaan profil tinggi, meskipun melihat seorang pemain absen karena cedera tetap menyakitkan.

Kemenangan Prancis pada 2018 datang tanpa Laurent Koscielny, yang mengalami cedera Achilles menjelang turnamen, sementara rekan senegaranya Dimitri Payet juga melewatkan turnamen setelah tertatih-tatih keluar dari final Liga Europa. Mohamed Salah juga berada dalam bahaya absen dari turnamen di Rusia setelah cedera di final Liga Champions tahun itu tetapi pulih tepat pada waktunya.

Sebagian besar bintang yang menunggu gelaran turnamen Piala Dunia Qatar 2022 memiliki lebih banyak pertandingan untuk dinavigasi di level klub sebelum menuju ke timur tengah, tetapi beberapa telah mengalami kemunduran yang akan membuat mereka keluar dari turnamen.

Berikut adalah nama-nama mereka yang tidak akan terlibat dalam turnamen yang akan digelar pada November dan Desember, seperti dilansir Mirror;

Paulo Dybala 

Penyerang Argentina Paulo Dybala memulai musim 2022/23 dalam performa yang menakutkan setelah meninggalkan Juventus ke Roma. Mantan pentolan Palermo, yang hanya bermain selama 22 menit di Piala Dunia 2018, mencetak tujuh gol dalam 11 pertandingan pertamanya untuk Giallorossi, namun mendapat pukulan menyakitkan.

Pemain berusia 28 tahun, yang akn merayakan ulang tahunnya hanya beberapa hari sebelum Piala Dunia, mengalami cedera aneh saat bermain untuk Roma melawan Lecce. Dia berhenti setelah mengonversi penalti, dan manajer klub Jose Mourinho menjelaskan kekhawatirannya.

"Saya akan mengatakan itu tidak terlihat bagus, daripada mengatakan itu terlihat buruk," kata Mourinho. "Sayangnya, itu mungkin terlihat lebih dekat dengan buruk daripada tidak baik," tambahnya. 

"Saya bukan seorang dokter dan saya belum berbicara dengan dokter tetapi, dari pengalaman dan dari apa yang saya pahami dari berbicara dengan Paulo, sulit (untuk melihatnya lagi sebelum akhir tahun)," kata Mourinho menegaskan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gini Wijnaldum

Cedera Dybala membuat segalanya berubah dari buruk menjadi lebih buruk bagi Roma, yang telah kehilangan pemain baru mereka di musim panas. Mantan gelandang Liverpool Gini Wijnaldum bergabung dengan status pinjaman dari Paris Saint-Germain ke Roma, tetapi hanya berhasil satu penampilan sejak menderita cedera jangka panjang dalam pelatihan.

"Menyusul cedera yang diderita selama latihan sore ini, Georginio Wijnaldum kemudian menjalani tes medis yang memastikan adanya patah tulang tibia di kaki kanannya," demikian pernyataan Roma setelah insiden tersebut. "Pemain akan menjalani penilaian lebih lanjut dalam beberapa hari mendatang. FORZA GINI!"

Wijnaldum dan tim Belanda-nya gagal lolos ke Piala Dunia 2018, tetapi ia berharap akan berada dalam campuran untuk mendapatkan tempat awal setelah keterlibatannya di Euro 2020. Namun, sepertinya tidak demikian, sementara pemain berusia 31 tahun itu telah berjanji untuk kembali secepat mungkin, Piala Dunia mungkin datang terlalu cepat untuknya.

"Sejak cedera saya, saya tidak menanggapi atau mengirim video hanya karena saya sangat emosional dan sedih dengan situasi di sekitar cedera saya," kata gelandang itu. "Pertama-tama saya ingin meminta maaf, kedua saya dapat mengatakan bahwa sekarang saya berada di ruang yang sangat baik dengan program rehabilitasi saya. Saya menerima situasi apa adanya dan itulah mengapa saya sekarang dapat memberikan 100 persen dalam rehabilitasi saya," jelasnya.

 

3 dari 5 halaman

Kyle Walker

Inggris memiliki banyak bek kanan untuk dipilih baru-baru ini, tetapi finalis Euro 2020 telah mendapat serangkaian pukulan. Dan, sementara Trent Alexander-Arnold telah pulih dari kemundurannya sendiri, Kyle Walker dari Manchester City tengah menghadapi perlombaan melawan waktu.

Mantan bintang Tottenham Hotspur itu menjalani operasi pada cedera pangkal paha yang dideritanya dalam derby Manchester pada awal Oktober lalu. "Sebagai pemain, kami harus menghargai cedera adalah bagian tak terpisahkan dari permainan yang kami cintai," tulis sang bek di Twitter.

"Operasi saya pada hari Selasa sukses dan sekarang saya dapat berkonsentrasi pada rehabilitasi saya dan kembali ke kebugaran penuh. Saya akan mendukung rekan tim saya setiap hari dengan cara apa pun yang saya bisa. Sekali lagi terima kasih atas semua pesan baik Anda," terangnya. 

Reece James 

Selain Walker, sesama bek Reece James menghadapi perlombaan melawan waktu untuk bisa memgambil peran di turnamen Piala Dunia Qatar. Pemain Chelsea itu dipaksa keluar lapangan saat the Blues menang di Liga Champions melawan AC Milan dan harus absen selama beberapa minggu.

"Menyusul cedera lutut yang diderita dalam pertandingan tandang kami melawan AC Milan, Reece telah menerima perawatan dari departemen medis Chelsea dan mengunjungi spesialis akhir pekan ini," demikian pernyataan dari klub London tersebut. "Setelah berkonsultasi dengan semua pihak, Reece kini akan menjalani program rehabilitasi dan diperkirakan akan absen selama delapan minggu," tulisnya. 

Kecuali James pulih lebih cepat dari jadwal, jangka waktu itu akan membuatnya absen hingga Desember. Dengan Inggris memainkan ketiga pertandingan grup mereka sebelum akhir November, tampaknya sulit untuk melihat James berhasil.

4 dari 5 halaman

Paul Pogba

Setelah musim terakhir yang dilanda cedera dengan Manchester United, Paul Pogba berharap untuk membuka lembaran baru. Namun, setelah mengalami kemunduran di pra-musim, ia masih belum melakukan debut kompetitif keduanya untuk Juventus.

Gelandang Prancis itu menjadi bintang di turnamen 2018 saat tim asuhan Didier Deschamps memenangkan semuanya. Namun, dia tidak tampil sejak tertatih-tatih keluar dari sesi latihan selama kamp pelatihan Juve di Amerika Serikat pada bulan Juli.

"Syarat nomor satu adalah dia telah pulih dari cederanya," kata Deschamps pada bulan September ketika ditanya tentang keterlibatan Pogba di Qatar. "Saya tidak pernah membawa pemain ke turnamen jika dia belum pulih sepenuhnya.

"Saya tidak punya jawaban hari ini, tetapi saya tidak akan pernah mengambil pemain - siapa pun itu - jika ada kemungkinan dia tidak fit untuk pertandingan pertama. Dia tidak akan datang jika dia tidak siap. Percuma saja datang hanya demi itu. Bahkan dia tidak menginginkan itu," ujarnya.

5 dari 5 halaman

Angel Di Maria

Pogba bukan satu-satunya pemain Juve yang ingin pulih tepat waktu untuk turnamen. Di Maria, yang juga bergabung dengan Bianconeri selama musim panas, setidaknya mendapat menit bermain, bahkan jika statusnya saat ini lebih memprihatinkan.

Bintang Argentina itu membuat dampak pada tahun 2018, mencetak salah satu gol turnamen saat negaranya kalah dari Prancis di babak 16 besar. Namun, ia meninggalkan lapangan hanya 24 menit setelah kekalahan Juventus di Liga Champions melawan Maccabi Haifa dan diperkirakan akan absen selama sekitar tiga minggu, yang berarti kebugaran pertandingan bisa menjadi perhatian yang lebih besar.

"Dengan apa yang terjadi pada Dybala dan Di Maria, sebenarnya secara pribadi Anda khawatir dan lebih takut ketika Anda melihat hal-hal semacam itu," kata rekan setimnya Lionel Messi setelah berita tersebut. "Saya berharap Di Maria dan Dybala pulih tepat waktu. Mereka punya cukup waktu untuk melakukannya dan mencapai turnamen dalam kondisi yang baik," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.