Sukses

Barcelona Gondol 2 Penghargaan di Ballon d'Or 2022

Ballon d'Or Wanita dan Kopa Trophy menjadi milik pemain Barcelona. Kedua gelar diserahkan bersamaan pada malam penghargaan Ballon d'Or 2022 yang digelar French Football.

Liputan6.com, Jakarta- Gelar utama Ballon d'Or boleh saja direbut penyerang Real Madrid Karim Benzema, namun Barcelona sukses membawa pulang dua gelar bergengsi di malam penghargaan Ballon d'Or 2022 di Paris pada Selasa (18/10/2022) dini hari WIB. Pemain wanita terbaik dan pemain muda terbaik jadi milik Barca.

Trofi Ballon d'Or Wanita 2022 direbut gelandang Barcelona Alexia Putellas. Ini menjadi kali kedua beruntun wanita Spanyol itu meraih gelar Ballon d'Or Wanita.

Putellas pun masuk buku sejarah. Sejak Ballon d'Or Wanita diberikan tahun 2018, belum pernah ada pemain yang bisa memenangkannya dua kali berturut-turut. Pada edisi 2022, Putellas mengalahkan Beth Mead dari Arsenal yang berada di posisi kedua.

Terpilih kembalinya Putellas sebagai pesepakbola wanita terbaik 2022 tidaklah mengejutkan. Dia bermain sangat gemilang bersama Barcelona Wanita dengan raihan 18 gol dan 15 assists dalam 26 laga di Liga Spanyol Wanita.

Barcelona Wanita juga tidak terbendung musim lalu. Mereka meraih 30 kemenangan dari 30 pertandingan di Liga Spanyol Wanita.

Wanita 28 tahun itu juga cemerlang di Liga Champions wanita dengan membuat 11 gol ditambah dua assists. Sayangnya Barca gagal juara setelah dikalahkan Lyon di partai final.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gavi

Kebahagiaan Barcelona makin lengkap setelah gelandang berbakat Gavi merebut gelar Kopa Trophy alias Pemain Muda Terbaik 2022. Gavi mengalahkan pemain Real Madrid Eduardo Camavinga.

Pemuda 18 tahun itu mencuri perhatian setelah mampu menembus tim utama Barcelona musim lalu. Gavi kerap diduetkan dengan pemain muda lainnya Pedri di lini tengah Blaugrana oleh pelath Xavi Hernandez. Pedri juga sebelumnya pernah meraih penghargaan Kopa Trophy.

Meski masih 18 tahun, Gavi sudah dipanggil membela timnas senior Spanyol dan kemungkinan besar akan ikut tampil di putaran final Piala Dunia 2022.

 

3 dari 4 halaman

Pesaing

Selain Gavi dan Camavinga, kandidat peraih Kopa Trophy 2022 adalah Jamal Musiala (Bayern Munich), Jude Bellingham (Borussia Dortmund), Nuno Mendes (Paris Saint-Germain), Josko Gvardiol (RB Leipzig), Ryan Gravenberch (Bayern), Bukayo Saka (Arsenal), Karim Adeyemi (Borussia Dortmund) and Florian Wirtz (Bayer Leverkusen).

Penghargaan pemain muda terbaik di Ballon d'Or dinamai Kopa Trophy untuk menghormati Raymond Kopa selaku peraih Ballon d'Or pertama kali.

4 dari 4 halaman

Klasemen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Alexia Putellas adalah pesepakbola wanita yang bermain sebagai gelandang untuk tim nasional Spanyol dan Barcelona.
    Alexia Putellas adalah pesepakbola wanita yang bermain sebagai gelandang untuk tim nasional Spanyol dan Barcelona.

    Alexia Putellas

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Ballon d'Or adalah ajang penghargaan bergengsi bagi seluruh pemaik sepak bola yang ada di dunia
    Ballon d'Or adalah ajang penghargaan bergengsi bagi seluruh pemaik sepak bola yang ada di dunia

    Ballon d'Or

  • GAVI