Sukses

Museum Islam Terbesar di Dunia Kembali Dibuka saat Piala Dunia 2022

Saat Piala Dunia 2022 berlangsung, Qatar berharap dapat memamerkan sejarah islam ke seluruh penjuru dunia.

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang untuk suporter beragama muslim di Piala Dunia 2022 Qatar. Pemerintah Qatar telah membuka kembali Museum Islam yang bersejarah.

Museum of Islamic Art (MIA) dibuka kembali pada Selasa 4 Oktober 2022 setelah menjalani proses renovasi selama 18 bulan. Qatar berharap, dibukanya kembali Museum Islam dapat memperkenalkan dunia Arab ke seluruh dunia saat ajang Piala Dunia 2022 digelar

"Kami adalah Museum Seni Islam terbesar di wilayah ini dan kami berada di tengah-tengah dunia Arab," kata Direktur Museum Julia Gonnella dikutip Arab New.

"Di mana Anda bisa belajar dengan lebih baik tentang budaya, seni, dan sejarah Islam di sini?" sambungnya.

Museum ini memamerkan seni dan artefak Islam dalam 14 abad dari seluruh dunia. Dibangun di pulau yang dibangun khusus di kawasan pejalan kaki tepi laut Doha, bangunan ini adalah karya mendiang arsitek AS I.M. Pei, salah satu arsitek paling terkenal di abad ke-20.

Bangunan berlantai lima ini telah mendesain ulang koleksinya, dengan sekitar dua pertiga dari seribu pameran baru di museum.

“Dulu hanya tentang seni, sekarang tentang budaya. Kami benar-benar ingin menceritakan kisah di balik mahakarya," ucap Julia.

Qatar telah menghabiskan miliaran dolar untuk stadion baru menyambut Piala Dunia pertama di negara Arab, yang dimulai pada 20 November.

Saat festival olahraga mendekat, Doha memimpin dorongan budaya, termasuk mendirikan puluhan karya seni publik, dan membuka Museum Olahraga dan Olimpiade Qatar awal tahun ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Siap Menampung Kedatangan Suporter

Dengan menjadi tuan rumah, Qatar diprediksi bakal mendapati kunjungan dari jutaan suporter dari negara peserta. Pada hari biasa, jumlah lalu lintas keluar masuk Bandara berada di angka 700 penerbangan.

Sedangkan saat Piala Dunia 2022 diperkirakan berada di angka 1600 penerbangan. Pihak Bandara sebetulnya sudah menerima staf-staf baru, namun dibutuhkan waktu 20 hingga 30 jam pelatihan untuk orang-orang baru tersebut.

Meski demikian, juru bicara Qatar Company for Airports Operation and Management (MATAR) menegaskan persiapan bandara sudah dipersiapkan selama bertahun-tahun dan sudah ditinjau secara menyeluruh.

“Persiapan bandara untuk Piala Dunia telah berlangsung selama bertahun-tahun dan telah diuji secara menyeluruh dan ditinjau oleh rekan sejawat,” bunyi pernyataan MATAR dilansir sumber yang sama.

“MATAR yakin akan kemampuannya untuk memberikan pengalaman bandara yang aman dan lancar bagi semua pengunjung yang akan datang melalui gerbangnya,” tutup pernyataan tersebut.

3 dari 5 halaman

Penginapan

Qatar terus bersolek agar bergulirnya Piala Dunia berlangsung memuaskan. Salah satu yang tengah dikebut pengerjaanya adalah penginapan.

Data dari Lembaga Pariwisata Qatar, kini, Qatar saat ini memiliki 30.000 kamar hotel. Sebanyak 80 persen dari jumlah itu dialokasikan untuk pemain, wasit, media, dan tamu resmi FIFA lainnya.

Selain itu, Qatar juga menyiapkan sekitar 69.000 kamar non-hotel, villa dan apartemen-apartemen.

Kepala Akomodasi di Komite Tertinggi Pelayanan dan Hukum Penyelenggara Piala Dunia 2022, Omar Al-Jaber mengatakan, pihaknya juga telah menyediakan cadangan 100.000 kamar lagi untuk orang-orang yang datang menyaksikan pertandingan Piala Dunia.

4 dari 5 halaman

Tenda Gurun

Menariknya, dari berbagai macam penginapan yang disediakan, Qatar juga menyiapkan seribu tenda untuk para tamu. Tenda tersebut lekat dengan ciri khas suku asli Qatar, Bedouin dan berada di gurun.

Tujuannya, agar orang yang menginap di tenda tersebut dapat menikmati sensasi yang berbeda dari penginapan lainnya.

Meski berupa tenda, Omar Al-Jaber mengatakan 200 dari 1.000 tenda Bedouin di padang pasir itu dijadikan tenda kelas mewah bagi para tamu Piala Dunia 2022.

Memang tak dijelaskan secara gamblang biaya menginap di tenda tersebut. Namun, Omar mengisyaratkan bahwa tenda tersebut ditarif dengan harga yang mahal.

"Terkini, kami menyiapkan seribu tenda untuk para tamu," kata Omar Al-Jaber, dilansir Dmarge.

"Kami memberikan kesempatan bagi para suporter menikmati sensasi tinggal dan gaya hidup di gurun," ucap Omar Al-Jaber.

5 dari 5 halaman

Disiarkan Emtek Grup

Para pecinta sepak bola Tanah Air dapat menyaksikan seluruh pertandingan Piala Dunia 2022 di berbagai platforf Elang Mahkota Teknologi atau Emtek Group.

Pasalnya, Emtek Group sebagai pemegang hak siar bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV dan live streaming Vidio.

Juga di Nex Parabola dan Champions TV. Berita-berita terbaru seputar turnamen akbar empat tahunan tersebut juga bisa didapatkan melalui bola.liputan6.com.

Tak hanya itu, Emtek Group juga mendapat kesempatan untuk menyiarkan secara langsung pertandingan Piala Dunia U-20.

Kejuaraan kelompok umur ini bakal berlangsung di Indonesia dan diikuti oleh timnas Indonesia pada tahun 2023 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.