Sukses

Indonesia Dipastikan Tak Lolos Piala Asia U-17 2023, Kalah Saing Sama Laos

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia U-17 gagal meraih tiket ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Pasukan Bima Sakti secara tragis batal menjadi juara Grup B babak kualifikasi usai kalah memalukan dari Malaysia di laga pamungkas pada Minggu (9/10/2022) malam WIB.

Bertanding di Stadion Pakansari, Bogor, Indonesia kalah 1-5 dari Malaysia. Bahkan nyaris lima gol tanpa balas sebelum penyerang Arkhan Kaka membuat gol di menit-menit akhir jelang laga usai.

Kekalahan ini membuat Indonesia finis di posisi dua klasemen Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dengan sembilan poin. Malaysia yang menjadi juara Grup B dengan 10 angka sehingga lolos langsung ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Indonesia sempat berada di atas angin untuk menjadi juara grup. Arkhan Kaka dan kolega sebenarnya cuma butuh hasil imbang saja saat melawan Malaysia untuk menjadi yang terbaik di Grup B. Indonesia diuntungkan hasil imbang 1-1 yang dialami Malaysia saat melawan tim lemah Guam. Sedangkan Garuda Nusantara menang 14-0 atas Guam.

Kekalahan dari Malaysia membuat timnas Indonesia U-17 hanya bisa mengejar tiket ke putaran final Piala Asia U-17 2023 sebagai salah satu runner-up grup terbaik. Ada enam tiket untuk runner-up grup terbaik dari 10 grup.

Sayangnya karena kalah terlalu telak dari Malaysia, tiket ke putaran final Piala Asia U-17 2023 melalui jalur runner-up terbaik juga sirna. Pasalnya beberapa jam kemudian, pesaing Indonesia di grup lain meraih hasil memuaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Laos Lolos

Di klasemen runner-up terbaik, Indonesia harus puas berada di posisi ketujuh. Laos malah lolos sebagai salah satu runner-up terbaik dan mengubur impian Indonesia. Laos berada di posisi enam klasemen runner-up terbaik.

Pada laga terakhir, Laos menang 2-1 atas Kyrgyzstan sehingga selisih golnya hanya -2. Sedangkan Indonesia -3 di klasemen runner-up terbaik.

 

 

3 dari 4 halaman

Kemenangan atas Guam Tak Dianggap

Klasemen runner-up terbaik ini tidak menghitung hasil yang didapat atas tim peringkat empat dan lima di grup masing-masing. Pasalnya di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 ada beberapa peserta yang mundur sehingga jumlah tim ada yang cuma tiga dalam satu grup.

Dengan demikian kemenangan besar 14-0 Indonesia atas Guam tak dianggap sama sekali di klasemen runner-up terbaik. Pasalnya Guam merupakan tim peringkat kelima di Grup B. Kemenangan atas Palestina juga tidak dihitung karena sang lawan finis di urutan empat.

4 dari 4 halaman

Arkhan Kaka

Selain gagal lolos, Arkhan Kaka juga tak berhasil menjadi top skor kualifikasi. Torehan tujuh golnya kalah satu gol dari pemain Australia Nestory Irankunda dan pemain China Wang Yudong.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS