Sukses

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Indonesia Dilumat Malaysia 1-5

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia U-17 gagal meraih tiket lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Pada laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Indonesia secara mengejutkan dibantai Malaysia 1-5 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (9/10/2022) malam WIB.

Kekalahan ini membuat Indonesia finis di posisi dua klasemen Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Malaysia yang menjadi juara grup dan lolos otomatis ke Piala Asia U-17 2023. Sebagai peringkat dua, Indonesia masih bisa lolos dengan status salah satu runner-up grup terbaik tapi tergantung hasil grup lain.

Pada laga kali ini Indonesia kehilangan bek tengah sekaligus kapten tim Muhammad Iqbal Gwijangge yang terkena akumulasi kartu. Absennya Iqbal betul-betul berpengaruh pada pertahanan Indonesia sehingga hancur lebur dilumat Malaysia.

Indonesia sebenarnya memulai laga dengan sangat baik. Penyerang Arkhan Kaka hampir membawa Indonesia unggul cepat saat pertandingan baru berjalan dua menit. Sayang tembakan Arkhan Kaka masih membentur mistar gawang.

Peluang emas kembali didapat Indonesia beberapa menit kemudian. Kali ini tembakan keras Kafiatur Rizky dengan gemilang bisa ditepis penjaga gawang Malaysia Muhammad Faris Farhan.

Kegagalan memanfaatkan dua peluang emas ini harus dibayar mahal. Justru Malaysia yang bisa unggul lebih dulu pada menit 17. Lewat serangan balik, Zainurhakim Zain menyontek umpan tarik Arami Rafiy di mulut gawang Indonesia guna membawa Malaysia unggul 1-0.

Tiga menit kemudian, Malaysia menggandakan skor. Blunder Sulthan Zaky membuat bola dicuri pemain Malaysia Anjasmirza di lapangan tengah. Kemudian dengan cepat dan tenang si kulit bundar disodorkan kepada Arami Wafiy. Dengan baik Arami menceploskan bola ke gawang Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Hujan Gol

Di menit 23, Malaysia mencetak gol ketiganya. Kali ini Ajasmirza yang mencatatkan namanya di papan skor memanfaatkan kesalahan Habil Abdillh Yafi.

Indonesia makin terpuruk setelah Malaysia membuat gol keempat. Di menit 26, gawang Indonesia jebol untuk keempat kalinya. Umpan silang manja dari Zainurakhimi diselesaikan dengan baik oleh Afiq Danish.

Malaysia makin di atas angin. Di menit 39 mereka mencetak gol kelima lewat eksekusi penalti Wafiy. Wasit memberikan penalti setelah pemain pengganti Andre Pangestu melanggar Anjasmirza. Skor 5-0 bertahan sampai jeda.

3 dari 3 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, Indonesia mati-matian menyerang Malaysia demi mengejar defisit lima gol. Hasil imbang saja sudah cukup membuat Indonesia menjadi juara grup.

Beberapa peluang emas mampu tercipta. Namun ketangguhan kiper Malaysia Muhammad Farish Farhan membuat Indonesia kesulitan membuat gol. Justru beberapa kali serangan Malaysia kerap merepotkan Indonesia.

Ketangguhan Farish baru bisa diruntuhkan Indonesia di masa injury time babak kedua. Arkhan Kaka menjebol gawang Malaysia menyambar bola muntah tepisan Farish. Namun waktu yang tersisa sudah sedikit. Indonesia tak bisa mengejar empat gol lagi. Hasil akhir Malaysia 5, Indonesia 1.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS