Sukses

Kompetisi Atletik Pelajar Dimulai di NTB, Loloskan 32 Wakil ke Babak Puncak

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi atletik pelajar terbesar tanah air hasil kolaborasi Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia, Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 sukses memulai kualifikasi di kota pertamanya. Bali dan Nusa Tenggara (Bali-Nusra) membuka rangkaian kejuaraan atletik pelajar ini.

Kualifikasi Bali-Nusra Student Athletics Championships 2022 berlangsung sejak 30 September 2022 sampai 2 Oktober 2022 di Stadion 17 Desember, Kota Mataram.

Meski baru edisi pertama, Student Athletics Championships 2022 mendapat sambutan luar biasa dari atlet atletik pelajar di Bali dan Nusa Tenggara. Total peserta mencapai 3.898 atlet dari tingkat SD sampai SMA. Peserta mewakili lebih dari 150 sekolah di Bali dan Nusa Tenggara.

Untuk kelompok pelajar SMA dipertandingkan nomor lari 100 meter, lari jarak menengah 1.000 meter, lari estafet 4×100 meter, tolak peluru dan juga lompat jauh.

Sedangkan di tingkat SMP memperlombakan nomor lari 80 meter, lari jarak menengah 800 meter, lari estafet 5×80 meter, tolak peluru dan lompat jauh. Untuk SD terdapat nomor lari jarak 60 meter, lari estafet 8×50 meter dan tambahan atletik anak atau kids athletics yaitu formula 1 dan kanga’s escape atau lari kanga.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

NTB

Gubernur NTB Zulkieflimansyah memberi apresiasi sebesar-besarnya atas inisiatif dan kepercayaan PB PASI dan DBL Indonesia selaku penyelengara. Karena melangsungkan kompetisi atletik pelajar terbesar ini di Mataram, NTB. Sekaligus sebagai kota pembuka dari total sembilan kualifikasi tingkat wilayah (Qualifiers) se-Indonesia, yang digelar secara maraton hingga Desember mendatang.

Orang nomor satu di NTB itu menyempatkan hadir pada saat pembukaan hari Jumat lalu (30/9), hingga melakukan pengalungan medali pada penutupan pada Minggu (2/10). Turut didampingi oleh CEO & Founder DBL Indonesia Azrul Ananda, Ketua Pengprov PASI NTB Muhammad Farid Ghozali, serta perwakilan dari PT Mayora Indah, Tbk. selaku partner utama kegiatan ini.

"Insya Allah dengan digelarnya event luar biasa ini (Champion SAC Indonesia 2022) ini dapat makin menggairahkan minat para pelajar di NTB untuk berprestasi di cabor atletik. Ini sangat penting karena NTB jadi pusat atletik nasional. Apalagi Insya Allah jika tidak ada halang rintang NTB akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 mendatang. Jadi, adik-adik pelajar inilah yang akan jadi andalan NTB saat PON nanti,” ujar Zulkieflimansyah.

3 dari 5 halaman

Pemenang

Setelah memulai penyisihan sejak Jumat lalu (30/9). Pada hari ketiga sekaligus penutupan seleksi wilayah Bali-Nusra Qualifiers, Minggu (2/10). Digelar final beberapa nomor bergengsi. Diantaranya sprint, shot put, relays, middle distance dan long jump. Untuk menentukan para pemenangnya.

Khusus untuk tingkat SMA/sederajat, peserta yang merebut gelar sebagai juara dan runner-up pada masing-masing nomor berhak lolos mewakili Bali-Nusra Qualifiers untuk bersaing secara nasional. Dengan para atlet pelajar lainnya pada National Championship yang akan dihelat di Jakarta pertengahan Desember mendatang. Total jumlahnya sebanyak 32 atlet pelajar.

Dari nomor shot put atau tolak peluru putra akan diwakili oleh Farid Rizwan dari SMAN 2 Mataram dan I Gede Septiawan Yudarta dari SMAN 8 Mataram. Sedangkan untuk kategori putri akan diwakili oleh Asri Tri Handayani dari SMAN 2 Sumbawa dan Rena dari SMKN 5 Mataram.

Nomor long jump atau lompat jauh juga telah menemukan jawaranya untuk masing-masing kategori. Untuk putra, diwakili oleh Zikril Hakim dari SMAN 4 Praya dan Lalu Muhammad Algifari dari SMKN 1 Pemenang Lombok Utara. Sedangkan kategori putri akan dikirimkan Tina Safira Lanasari dari SMAN 1 Sakra dan Pili Dwi Ariyanti dari SMAN 2 Sumbawa Besar.

4 dari 5 halaman

Nomor Lain

Untuk nomor middle distance atau lari jarak menengah 1.000 meter putri, Gusti Kadek Widiyartini asal SMAN 4 Singaraja akan melaju ke babak National Championship. Dia akan ditemani oleh Dita Dwi Rizky Ayu Lestari asal SMAN 2 Kota Bima. Sementara untuk putra, M. Iqra Syahputra dan Yad Hafizudin yang bakal mewakili Bali-Nusra Qualifiers.

Sedangkan nomor relays atau estafet 4x100 meter putri, akan diwakili oleh tim dari MAN 2 Mataram dan SMAN 8 Mataram untuk ke National Championship. Sementara, tim dari SMA 1 Poto Tano dan SMAN 4 Praya yang akan mewakili 4x100 meter putra untuk berangkat ke Jakarta nantinya.

Sementara dari nomor bergengsi 100 meter jenjang SMA kategori putra akan diwakili oleh Muhammad Fahril Wardanang (SMAN 1 Woja) dan Lalu Muhammad Septian Kusuma (SMAN 1 Selong). Sedangkan untuk putri diwakili Ni Kadek Budiarsini (SMAN 1 Bangli) dan Tufliatin (SMKN 2 Kota Bima).

5 dari 5 halaman

Puncaknya di Jakarta

Setelah menyelesaikan Bali-Nusra Qualifiers di Mataram, ajang Champion SAC Indonesia 2022 akan berlanjut ke delapan wilayah lainnya. Yakni, kualifikasi Papua di Mimika pada 7-9 Oktober mendatang.

Lanjut kualifikasi DI Yogyakarta (21-23 Oktober), kualifikasi Kalimantan di Banjarmasin (28-30 Oktober), kualifikasi Jawa Timur di Surabaya (4-6 November), kualifikasi Sumatera Utara di Medan (11-13 November), kualifikasi DKI Jakarta-Banten di Jakarta (18-20 November), kualifikasi Jawa Tengah di Semarang (25-27 November), lalu kualifikasi Jawa Barat di Bandung (2-4 Desember) sebagai yang terakhir.

Sedangkan fase puncaknya atau National Championships akan dilangsungkan pada 9-11 Desember mendatang di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.