Sukses

Timnas Curacao Ubah Komposisi, Timnas Indonesia Bakal Bertemu Saudara Bintang Ajax yang Jadi Incaran MU

Liputan6.com, Jakarta Komposisi pemain timnas Curacao berubah jelang keberangkatan ke Indonesia. Sejumlah pemain yang sebelumnya masuk dalam 23 nama yang dipanggil, terpaksa dicoret karena berbagai alasan.

Satu nama yang batal berangkat adalah Vurnon Anita. Pemain yang pernah memperkuat timnas Belanda itu  tidak akan menghadapi timnas Indonesia di FIFA Matchday, 24 dan 27 September 2022.

Anita terpaksa ditinggal karena mengalami gangguan pada bagian pinggulnya. Posisi mantan pemain Ajax Amsterdam dan Newcastle United itu kemudian digantikan oleh Aryton Statie.

Selain Vurnon Anita, timnas Curacao juga batal diperkuat oleh Elson Hooi. Pemain berusia 30 tahun itu tidak jadi berangkat karena baru pindah klub. Posisinya kemudian digantikan oleh Shermaine Martina.

Selain dua nama ini, Federasi Sepak Bola Curacao juga mengganti beberapa nama lainnya. 

"Untuk jadwal bertandang ke Indonesia, Dylan Timber, Shermaine Martina, Shedrion Mathilda, Bradley Martis, dan Ayrton Statie akan menjadi pemain pengganti," tulis akun Twitter Timnas Curacao. 

Dari beberapa nama baru yang diboyong ke Indonesia, Dylan Timber boleh dikatakan cukup mencuri perhatian. Pasalnya, pemain berusia 22 tahun itu merupakan saudara kandung bintang Ajax Amsterdam yang sempat jadi incaran utama Manchester United (MU), Jurriën Timber.

Dylan Timber saat ini bermain untuk FC Utrecht. Dan yang lebih menarik lagi, dalam perjalanan kariernya, Dylan pernah memperkuat tim 'bernuansa' Indonesia, yakni SV Kampong. 

SV Kampong berdiri pada tahun 1902 di jantung kota Utrecht. Klub ini didirikan oleh mereka yang pernah tinggal di Hindia Belanda (negara koloni Belanda), termasuk Indonesia. Tidak aneh bila sebutan Kampong yang identik dengan Indonesia disematkan sebagai nama klub tersebut.    

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Beda Peringkat

Pertandingan Timnas Indonesia melawan Curacao bakal berlangsung di dua tempat. Pada laga pertama, kedua tim akan bentrok di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, 24 September 2022. Sementara laga kedua bakal digelar di Stadion Pakansari, Bogor, tiga hari kemudian. 

Kedua laga ini juga akan disiarkan langsung oleh Indosiar dan live streaming di Vidio. 

Curacao boleh saja terdengar asing di telinga publik sepak bola Tanah Air. Namun tim dari Karibia ini bukanlah tim sembarangan. Peringkat Curacao masih jauh di atas Indonesia. Tim yang pernah ditukangi Guus Hiddink itu berada di urutan 84 rangking FIFA. Sedangkan Indonesia di posisi 155.

 

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Timnas Curacao

Sementara itu, timnas Curacao sudah tiba di Indonesia. Pasukan Remko Bicentini mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu malam (21/9/2022). Selanjutnya, timnas Curacao bakal menghadapi timnas Indonesia pada dua FIFA matchday, pada 24 dan 27 September 2022.

Kehadiran Timnas Curacao di Indonesia telah diumumkan melalui akun Twitter resminya.

"The National Team telah tiba di Jakarta, Indonesia dua jam lalu," tulisakun @Curacaofootball1 sembari mengunggah foto para pemain Timnas Curacao saat masih berada di Bandara Soekarno Hatta.

 

Daftar 23 pemain yang dipanggil:

Vuron Anita, Juninho Bacuna, Leaonardo Baduna, Trick Bodak, Roly Bonevacia, Shanon Carmelia, Kevin Felida, Kenji Gorre, Quilindschy Hartman, Elson Hooi, Rangelo Janga, Gino Van Kessel, Darryl Lachman, Michael Maria, Ehu-Endly Martina, Rowendy Sumter, Bryan Anastatia, Jean-Marc Antersijn, Jarchinio Antonia, Jeremy Antonisse, Gevaro Nepomuceno, Nathangelo Markelo, dan Justin Ogenia

Pemain pengganti: Dylan Timber, Shermaine Martina, Shedrion Mathilda, Bradley Martis, dan Ayrton Statie

Pelatih: Remko Bicentini

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain Indonesia

1. Muhammad Riyandi (Persis Solo)

2. Nadeo Arga Winata (Bali United)

3. Syahrul Trisna Fadillah (Persikabo)

4. Muhammad Ferrari (Persija)

5. Asnawi Mangkualam (Ansan)

6. Elkan Baggott (Gillingham)

7. Pratama Arhan (Tokyo Verdy)

8. Fachrudin Aryanto (Madura United)

9. Rizky Ridho (Persebaya)

10. Koko Ari (Persebaya)

11. Rachmat Irianto (Persib)

12. Marselino Ferdinan (Persebaya)

13. Ricky Kambuaya (Persib)

14. Marc Klok (Persib)

15. Syahrian Abimanyu (Persija)

16. Dendy Sulistyawan (Bhayangkara)

17. Egy Maulana Vikri (ViOn Zlate)

18. Yakob Sayuri (PSM)

19. Witan Sulaeman (AS Trencin)

20. Saddil Ramdani (Sabah FC)

21. Muhammad Ramadhan Sanantha (PSM)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS