Sukses

Dicoret Pelatih, Mimpi Eks Bintang MU di Piala Dunia Qatar 2022 Kandas

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia merupakan salah satu ajang bergengsi serta impian bagian setiap pemain sepakbola. Tapi, impian dari mantan bintang Manchester United, Javier 'Chicharito' Hernandez di Piala Dunia Qatar 2022 untuk bermain bersama timnas Meksiko resmi berakhir beberapa bulan sebelum Piala Dunia 2022 dimulai.

Hal ini ditegaskan oleh sang pelatih Gerardo 'Tata' Martino seperti yang dikutip dari ESPN, Rabu (21/9/2022). Meksiko memilki slot empat penyerang tengah jelang Piala Dunia 2022, akan tetapi sang pelatih memutuskan untuk membawa tiga saja dan meninggalkan Hernandez.

"Dalam kasus Chicharito, kami harus katakan akan ke Qatar tanpa dirinya. Saya hanya mencoba memilih 26 pemain yang paling cocok dengan permainan kami," ungkap Martino.

Para penyerang itu adalah mulai dari Raul Jimenez, Rogelio Funes Mori, Henry Martin dan Santiago Gimenez. Kondisi mereka pun berbeda-beda, mulai dari Jimenez sedang bekerja keras sembuh dari cedera pangkal paha yang membuatnya absen dari Wolverhampton Wanderers di Liga Inggris. Sementara Funes Mori baru-baru ini absen karena cedera otot bersama Monterrey.

Walaupun demikian, Martino tidak ingin memaksakan Jimenez atau Funes Mori untuk bermain bersama timnas Meksiko sebelum Piala Dunia 2022. "Kami masih memiliki dua pemain yang dapat diandalkan walaupun dua orang sedang cedera. Untuk pemain yang pergi ke Qatar, pasti sangat sulit untuk memilih. Pasti ada yang ditinggalkan," ungkap mantan Pelatih Barcelona tersebut.

Di Piala Dunia 2022, Meksiko masuk Grup C, bakal bersaing dengan Argentina, Arab Saudi, dan Polandia.

Melihat peta kekuatan Grup C itu, Argentina menjadi tim favorit untuk lolos dari babak penyisihan. Sedangkan di atas kertas, Meksiko dan Polandia memiliki materi pemain yang lebih unggul atas Arab Saudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Bagaimana peluang Meksiko di Piala Dunia 2022 nanti?

Di Piala Dunia 2022, Meksiko masuk Grup C, bakal bersaing dengan Argentina, Arab Saudi, dan Polandia.

Melihat peta kekuatan Grup C itu, Argentina menjadi tim favorit untuk lolos dari babak penyisihan. Sedangkan di atas kertas, Meksiko dan Polandia memiliki materi pemain yang lebih unggul atas Arab Saudi.

El Tri, julukan Meksiko diprediksi bakal bersaing dengan Polandia untuk menemani Argentina ke babak 16 besar.

Meski di Piala 2018 langkah Meksiko terhenti di babak 16 besar (disingkirkan oleh Brasil), namun mereka mampu menciptakan kejutan ketika mengalahkan Jerman di Grup F 1-0. Kemenangan lainnya didapat setelah menaklukkan Korea Selatan 2-1.

Catatan kemenangan itu bisa menjadi dorongan tersendiri bagi Meksiko untuk mencetak prestasi lebih baik di Piala Dunia 2022. Apalagi tim ini memiliki segudang pengalaman dari keikutsertaannya di Piala Dunia. 

3 dari 5 halaman

Meksiko Masih Banyak Kekurangan

Dalam lima pertandingan terakhir, mereka hanya meraih dua kemenangan, dua kali imbang, dan sekali kalah. Dikutip dari ESPN, Martino menyebutkan bahwa timnas Meksiko sejatinya belum siap untuk menghadapi Piala Dunia 2022.

"Faktanya adalah kami belum siap. Jika kami hanya berfokus pada pertandingan ini, kami masih jauh. Namun, saya tidak melupakan fakta bahwa kami pantas bermain di Piala Dunia," ucap mantan pelatih Barcelona itu.

Ia menyadari jika tim besutannya masih memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu, dengan waktu persiapan masih cukup panjang, ia akan bekerja keras untuk memperbaiki kekuarangan timnya.

"Ini adalah bagian dari persiapan, seperti yang kami lakukan dalam empat tahun terakhir. Jika kami tidak bisa memperbaiki (kekuarangan yang ada), kami tidak dapat berbicara banyak," jelasnya.

Kiprah timnas Meksiko di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF tergolong impresif usai finis di posisi kedua. Meksiko melalui 14 pertandingan di babak kualifikasi dengan hasil 8 kemenangan, 4 imbang, dan 2 kali kalah.

Mereka hanya kalah selisih gol dari Kanada yang secara mengejutkan finis di posisi juara grup. Dua kekalahan mereka sepanjang kualifikasi adalah 0-2 dari Amerika Serikat dan 0-1 dari Kanada.

Apabila melihat peta kekuatan Grup C Piala Dunia 2022, Argentina menjadi tim favorit untuk lolos dari babak penyisihan. Di atas kertas, Meksiko dan Polandia punya materi pemain lebih unggul atas Arab Saudi.

Meksiko diprediksi bakal bersaing dengan Polandia untuk menemani Argentina ke babak 16 besar.

Adapun Meksiko akan memulai kiprah di Piala Dunia 2022 dengan melawan Polandia pada 22 November 2022. Setelah era Javier "Chicharito" Hernandez, lini serang timnas Meksiko kini punya Hirving Lozano.

Lozano juga merupakan salah satu pemain berpengalaman yang dimiliki oleh timnas Meksiko. Ia menjadi bagian dari skuad Meksiko yang tampil pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Sejauh ini, Lozano telah mengoleksi 58 penampilan internasional bersama timnas Meksiko dan mencetak 15 gol. Lantas, pertanyaaan saat ini, apakah Meksiko bisa berbuat banyak di Piala Dunia kali ini?

4 dari 5 halaman

Pemain Andalan Meksiko

Siapa saja pemain andalan Meksiko dalam Piala Dunia 2022?

Guillermo Ochoa

Ia pantas disebut sebagai pemain bintang Meksiko dengan segudang pengalamannya. Kiper yang bermain di klub America  dan menjadi selalu menjadi andalan di posisi penjaga gawang sejak debutnya di timnas pada 2005 lalu.

Sampai saat ini Ochoa telah mencatatkan 129 caps, menempati posisi ketujuh dalam daftar pemain dengan penampilan terbanyak di timnas Meksiko.

Jika diikutsertakan untuk berlaga di Qatar bulan November-Desember mendatang, setidaknya ia akan naik ke posisi enam menyalip Jorge Campos (130 caps).

Andres Guardado

Kerasnya liga top Eropa sudah dilakoni oleh Guardado. Ia sudah 15 tahun malang melintang di beberapa klub ternama seperti Deportivo La Coruna, Valencia, Bayer Leverkusen hingga PSV Eindhoven.

Meski tergolong sebagai pemain yang sudah berumur (35 tahun), permainan Guardado tetap tidak bisa dipandang remeh. Saat ini Guardado bahkan masih diandalkan klub kasta tertinggi liga Spanyol, Real Betis.

5 dari 5 halaman

Jadwal Meksiko di Piala Dunia

Selasa, 22 November 2022

23.00 WIB: Meksiko vs Polandia

Sabtu, 26 November 2022

23.00 WIB: Argentina vs Meksiko

Kamis, 1 Desember 2022

02.00 WIB: Arab Saudi vs Meksiko

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS