Sukses

Presiden FIFA Berikan Bola Piala Dunia ke Erdogan, Sang Presiden Turki Janjikan Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Presiden FIFA Gianni Infantino memberikan hadiah bola Piala Dunia 2022 Qatar kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Momen itu terjadi ketika keduanya berada di Amerika Serikat untuk Sidang Umum PBB ke-77.

Melansir FIFA, Selama pertemuan, yang berlangsung di Pusat Turkevi dekat markas besar PBB, Presiden Erdogan dan Presiden Infantino membahas Piala Dunia 2022 yang dimulai pada 20 November 2022.

Dalam bola tersebut juga tertulis nama "Recep Tayyip Erdogan" yang menurut Infantino unik. Bola tersebut juga secara khusus diproduksi hanya satu buah untuk sang presiden. Setelah menerima hadiah dari Infantino, Erdogan kemudian menyundul bola tersebut.

Selain itu, Presiden Erdogan juga berjanji akan mengujungi Qatar dan menyaksikan pertandingan Piala Dunia, yang diperkirakan akan menjangkau lebih dari lima miliar orang di seluruh dunia selama 29 hari.

Dalam beberapa tahun terakhir, Federasi Sepak Bola Turki (TFF) secara aktif terlibat dalam program FIFA Forward, sarana yang digunakan FIFA untuk mendistribusikan dana pengembangan sepak bola global, termasuk untuk perluasan Fasilitas Riva TFF, tempat tim nasional Turki berlatih.

Pertemuan antara Presiden FIFA dan Presiden Erdogan juga merupakan lanjutan dari pertemuan di Paris antara Infantino dan presiden TFF, Mehmet Buyukeksi, awal September lalu.

Saat itu, Mehmet Buyukeksi memberikan pembaruan mendalam tentang strategi dan visi yang akan dikejar asosiasi, di bawah kepemimpinannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Bola Piala Dunia dari Madiun

Ada fakta menarik di balik bola Resmi Piala Dunia 2022. Ternyata, bola-bola yang akan digunakan nanti, dibuat tepatnya dari kota yang mendapat julukan Kota Pendekar.

Bola tersebut bernama Al Rihla yang juga keluaran Adidas, buatan Madiun, Jawa Timur, Indonesia. Nama Al Rihla diambil dari bahasa Arab yang artinya Perjalanan.

Desainnya sesuai dengan ciri-ciri Qatar, terdapat 3 warna bendera, arsitektur unik, dan perahu ikonik.

Bola ini memiliki tekstur mikro dan makro, juga dilengkapi dengan bentuk panel 20 bagian terbaru, yang mampu meningkatkan akurasi, tembakan yang tajam & stabilitas.

Selain itu, bola ini didesain inovatif, untuk menambah akurasi & konsistensi. Fungsinya untuk mendukung permainan cepat juga tepat, dengan retensi bentuk dan udara yang maksimum.

3 dari 5 halaman

Turki Gagal ke PIala Dunia 2022

Seperti janji Erdogan di atas, dia akan mengunjungi Qatar menyaksikan pertandingan Piala Dunia. Namun, sudah dipastikan ia tidak akan menyaksikan negaranya berlaga.

Pasalnya, Turki gagal lolos ke Piala Dunia 2022 setelah terhenti di babak semifinal play off zona Eropa.

Turki dikalahkan Portugal 1-3. Ini menjadi kisah tragis yang berulang. Untuk kelima kali secara beruntun, Turki gagal mentas di turnamen paling akbar ini.

Terakhir kali Turki berlaga di Piala Dunia pada edisi 2002 silam di Korea Selatan-Jepang. Saat itu, Turki berhasil finis di peringkat ketiga usai mengalahkan Korea Selatan 3-2.

4 dari 5 halaman

Maskot Piala Dunia

Piala Dunia 2022 Qatar akan berlangsung dari 20 November sampai 18 Desember nanti. Berbagai persiapan pun terus dilakukan menyambut jadwal kick off yang semakin dekat.

Melansir situs FIFA, selain bola resmi, panitia penyelenggara sebelumnya sudah memperkenalkan maskot Piala Dunia 2022 nama La'eeb.

Maskot ini berbentuk seperti penutup kepala orang-orang timur tengah. Menurut situs resmi FIFA, La'eeb dalam bahasa Arab berarti pemain dengan kemampuan super.

La'eeb sendiri menurut FIFA adalah benda yang tidak bisa dijelaskan sehingga para fans sepak bola bisa menginterpretasikan sesuai keinginan mereka.

La'eeb digambar mengenalkan semangat bermain, menyebarkan kegembiraan dan kepercayaan diri. Karakter ini diharapkan bisa membakar semangat pemain dan sukacita fans.

5 dari 5 halaman

Piala Dunia Disiarkan di Mana?

SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Grup yang memegang hak siar Piala Dunia 2022 bakal memanjakan pecinta bola di Indonesia dengan berbagai tayangan seru selama perhelatan ajang empat tahunan tersebut di Qatar. Berbagai program sudah disiapkan.

Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan O Channel. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

Tayanan Piala Dunia juga bisa disaksikan lewat saluran khusus olahraga Champions TV yang bisa disaksikan pada layanan TV satelit berlangganan Nex Parabola, hingga layanan OTT (Over The Top) Vidio.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS