Sukses

Tinggalkan Nacional, Luis Suarez Bakal Cari Klub Baru Setelah Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta Kiprah Luis Suarez bersama Nacional ternyata hanya seumur jagung. Pemain asal Uruguay itu bakal meninggalkan tim masa mudanya tersebut saat kontraknya berakhir pada bulan November nanti. 

Suarez diboyong ke Uruguay pada bulan Juli lalu setelah kontraknya berakhir dengan Atletico Madrid. Dalam 10 laga yang dilalui bersama Nacional, Suarez mampu mencetak 4 gol dan 3 assist.

Meski demikian, Suarez tidak bertahan lama di tim ini. Presiden Nacional, Jose Fuentes menyatakan, manatan pemain Liverpool dan Barcelona itu tidak akan kembali ke timnya setelah Piala Dunia 2022

"Kejuaraan telah berakhir dan Luis Suarez akan meninggalkan Nacional," katanya kepada Punto Penal.

"Saya tidak akan membuat harapan palsu. Luis Suárez berusaha keras untuk datang ke Nacional dan, setiap kali mereka bertanya kepada saya, saya mengatakannya agar tidak menimbulkan harapan untuk masa depan. Dia pergi dan dia mengatakan lebih dari sekali, begitulah cara kami memperbaikinya."

Suarez kembali ke Uruguay setelah 16 tahun bertualang di sepak bola Eropa. Nacional mendapatkan berusia 35 tahun itu secara gratis setelah kontraknya berakhir bersama Atletico Madrid. 

Suarez sebenarnya sangat antusias kembali ke Nacional. Begitu juga dengan para pendukung tim tersebut.

Kepulangan Suarez bahkan disambut meriah oleh para pendukung Nacional. Mereka rela menunggu di bandara saat kepulangan Suarez. Para penduduk kota juga memberi sambutan yag tak kalah hangat. 

 

2 dari 5 halaman

Dukungan Messi

Pemain asal Argentina, Lionel Messi juga sangat mendukung keputusan Suarez. Dia bahkan bersedia meminjamkan pesawat pribadinya demi memperlancar kepulangan Suarez ke Uruguay. Seperti diketahui, kedua pemain tersebut telah menjalin pertemanan sejak masih sama-sama memperkuat Barcelona. 

Seperti dilansir dari Cgtn, Messi yang bermain untuk PSG juga  mendoakan yang terbaik untuk Suarez.

"Hei Gordo," ujar Messi melalui kiriman video singkat kepada Suarez.

"Kamu sudah sampai di sana sekarang. Saya ingin mengirimmu pelukan besar dan berdoa yang terbaik bagi babak baru dalam hidupmu," beber La Pulga menambahkan.

"Saya tahu betapa berartinya kepulangan ini untukmu. Setelah penantian yang sangat panjang, Anda akhirnya kembali ke Nacional dan mempersiapkan diri untuk Piala Dunia," beber Messi.

Pada kesempatan itu, Messi mengaku akan selalu mendukung Suarez. Dia akan mengikuti perkembangannya di Nacional dari jauh. "Sekarang, saya jadi fans baru Nacional," katanya.

3 dari 5 halaman

Teman Dekat

Luis Suarez dan Lionel Messi selama ini memang dikenal sangat dekat. Hubungan mereka semakin akrab saat keduanya sama-sama bermain untuk Barcelona. Bersama Neymar, Messi dan Suarez yang mendapat julukan trio MSN merupakan barisan penyerang yang sangat ditakuti oleh lawan.

Penampilan apik ketiga striker tersebut membuat Barca sukses merebut berbagai gelar.

Namun trio ini akhirnya bubar setelah Neymar memutuskan pindah ke Paris Saint Germain, 2017 lalu. Messi kemudian mengikuti jejak pemain Brasil itu 4 tahun kemudian. Sementara Suarez sudah lebih dulu hengkang setelah didepak oleh pelatih asal Belanda, Ronald Koeman saat menangani Barcelona.

Messi dan Suarez tidak hanya dekat di dalam lapangan saja. Persahabatan mereka juga awet hingga ke luar lapangan. Keduanya merupakan teman bertukar pikiran untuk berbagai masalah yang dihadapi.

Tidak hanya itu, Messi dan Suarez kerap bepergian bersama. Tahun lalu, keduanya masih liburan bersama. Mereka menghabiskan waktu jeda kompetisi dengan mengunjungi Florida, Amerika Serikat.

Keluarga kedua pemain juga ikut dalam perjalanan ini. Momen-momen bahagia itu beberapa kali sempat diunggah oleh Suarez maupun Messi melalui akun media sosial mereka masing-masing.

4 dari 5 halaman

Karier Suarez

Luis Suarez bergabung dengan Atletico Madrid pada musim panas 2020 dengan durasi kontrak dua tahun setelah tenaganya tidak lagi digunakan Barcelona. Dalam debutnya bersama skuad racikan Diego Simeone itu, dia memenangkan trofi La Liga Spanyol.

Suarez sebelumnya bermain selama enam musim untuk Barcelona, yaitu 2014 sampai 2020. Dia mencetak 198 gol dalam 283 penampilan bersama tim Catalan di seua kompetisi.

Bersama Barcelona, Suarez pernah meraih empat gelar juara La Liga Spanyol. Dia juga memenangkan trofi Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub masing-masing satu kali.

 

5 dari 5 halaman

Jadi Top Scorer

Suarez juga pernah memenangkan gelar pichichi atau top skorer Liga Spanyol 2015-2016. Dia mencetak 40 gol dalam 35 pertandingan, unggul lima gol atas bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo.

Sebelum memperkuat Barcelona, Suarez pernah bermain untuk Liverpool selama tiga setengah musim. Pemain timnas Uruguay itu didatangkan dari Ajax pada Januari 2011. Dengan The Reds, dia hanya memenangkan trofi Piala Liga Inggris.

Sementara bersama Ajax, Suarez memenangkan trofi Eredivisie dan KNVB Cup masing-masing sekali. Dia juga pernah dinobatkan sebagai Ajax Player of the Year pada 2008-09. Dia juga memenangkan Dutch Footballer of the Year pada tahun berikutnya.

Selain Ajax, pemilik nama lengkap Luis Alberto Suarez Diaz tersebut juga pernah bergabung dengan Nacional (2005-2006) dan Groningen (2006-2007).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.