Sukses

Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam di Piala Asia U-20 2023, Shin Tae-yong Bocorkan Rahasianya

Timnas Indonesia kalahkan Vietnam 3-2 pada laga terakhir Grup F babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Tim racikan Shin Tae-yong bisa membalikkan keadaan setelah sempat tertinggal.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Tiket itu didapat setelah Garuda Nusantara mengalahkan Vietnam 3-2 pada laga terakhir Grup F babak kualifikasi di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022).

Marselino Ferdinan membawa Timnas Indonesia U-20 unggul terlebih dahulu di menit ke-60. Gol Muhammad Ferrari di menit ke-82 dan Rabbani Rasnim tiga menit berselang membawa Timnas Nasional berbalik unggul atas Vietnam.

Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong bangga dengan kerja keras anak asuhnya. Apalagi, mampu membalikkan keadaan dari ketinggalan 1-2 menjadi 3-2.

"Para pemain sangat percaya diri sejak laga dimulai. Namun, saya mengakui kalau para pemain belum bisa fokus sepanjang laga sehingga lawan sempat membalikkan keadaan sebelum kami membalikkan skor lagi jadi 3-2," kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari situs PSSI, Senin, 19 September.

Ahli taktik asal Korea Selatan itu menilai Muhammad Ferrari dan kawan-kawan terus menunjukkan perkembangan dari laga pertama sampai partai ketiga melawan Vietnam. "Tim ini semakin kuat," ucap Shin Tae-yong.

"Karena, walau sempat ketinggalan, kami bisa membalikkan keadaan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada para pemain," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Strategi kejutan

Dalam laga melawan Vietnam, Shin Tae-yong tidak memainkan Marselino Ferdinan sejak awal laga. Gelandang berusia 18 tahun itu baru dimainkan pada babak kedua.

Shin Tae-yong mengatakan keputusan itu diambil karena ingin menyiapkan strategi kejutan untuk Vietnam. Selain itu, Marselino juga tidak dalam kondisi terbaik sejak babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Pada laga sebelumnya melawan Hong Kong, gelandang Persebaya Surabaya itu juga baru dimainkan sejak menit ke-80."Sebelum bergabung dengan tim nasional, dia belum pulih total dan sebelumnya selalu bermain di kompetisi. Karena itu, saya memainkan dia di 45 menit kedua dalam pertandingan ini," pungkas Shin Tae-yong.

 

3 dari 3 halaman

Berpeluang Masuk Pot 2

Timnas Indonesia masih menunggu hasil undian di babak grup setelah lolos ke Piala Asia U-20 2023. Kejuaraan ini akan berlangsung di Uzbekistan pada 1-18 Maret tahun depan. Sementara laga fase grup bergulir 1-9 Maret.

Melihat daftar negara yang sudah lolos, Indonesia berpeluang masuk pot 2 pada drawing babak grup. Timnas U-20 bakal berada di kelompok tersebut jika salah satu dari Australia dan Thailand gagal melaju ke Uzbekistan.

Jika kedua negara tersebut juga berpartisipasi, maka Timnas Indonesia U-20 tergusur ke pot 3. Sebab, penentuan para unggulan lewat pembagian pot ditentukan berdasar rapor ajang terakhir.

Indonesia masuk perempat final, sama seperti Australia dan Thailand di Piala Asia U-20 2018. Namun, tuan rumah Uzbekistan mengisi satu slot di pot 1. Sehingga salah satu negara yang tersisih di delapan besar, bakal turun ke pot 3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.