Sukses

Pesona Liga Champions: Gol Erling Haaland ke Gawang Mantan Bikin Duo Legenda Timnas Inggris Terpukau

Erling Haaland menjadi penentu kemenangan Manchester City atas Borussia Dortmund di Liga Champions 2022/2023.

Liputan6.com, Jakarta Erling Haaland kembali jadi sorotan. Pesepak bola asal Norwegia itu menyihir pencinta sepak bola dunia lewat gol keren yang dicetaknya saat Manchester City bertemu Borussia Dortmund, Kamis (15/9/2022). 

Dalam laga ini, Haaland menjadi penentu kemenangan The Citizens. Tendangan 'kungfu' yang dilepaskannya pada menit ke-84 berhasil merobek jalan Dortmund dan mengubah kedudukan jadi 2-1.

Ini menjadi kemenangan kedua City di ajang Liga Champions. Sebelumnya The Citizens juga berhasil mengalahkan Sevilla dengan skor 4-0. Dalam laga ini, Haaland juga berhasil mencetak brace. 

Berhadapan dengan Dortmund di Etihad Stadium, City sebenarnya sempat dibuat ketar-ketir. Pada menit ke-56, gawang The Citizens kebobolan oleh gol Jude Bellingham usai membelokkan tendangan Marco Reus.

Namun City mampu bangkit. Pada menit ke-80, John Stones mengubah kedudukan menjadi 1-1. 

Gol balasan ini sekaligus membangkitkan semangat tuan rumah. Hanya berselang empat menit, Haaland berhasil membawa City berbalik unggul setelah menerima umpan silang Joao Cancelo. Sembari melompat Haaland menjangkau bola dengan kakinya dan mengarahkan ke ruang kosong gawang Dortmund.

Publik Etihad bersorak gembira menyambut gol spektakuler tersebut. Ini menjadi gol ketiga Haaland di ajang Liga Champions setelah sebelumnya mencetak dua gol saat City mengalahkan Sevilla 4-0. 

Gol tersebut juga terasa spesial karena dijejalkan Haaland ke gawang mantan klubnya. Seperti diketahui, Haaland sebelumnya bermain bersama Borussia Dortmund sebelum pindah ke City pada musim ini. 

  

  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Alan Shearer

Haaland memang bukan striker sembarangan. Bersama Borussia Dortmund, Haaland mampu mencetak 62 gol dalam 67 laga pada musim 2020-2022. Saat pindah ke City, ketajaman Haaland juga tetap terjaga.

Sejak didatangkan ke Etihad Stadium pada musim panas lalu, Haaland sudah mencatatkan 13 gol untuk City. Sepuluh di antaranya dicetak saat tampil di ajang Liga Inggris, dan tiga lainnya di Liga Champions.

Meski demikian, proses gol ke gawang Dortmund tetap saja membuat publik tercengang. Bahkan legenda sepak timnas Inggris sekelas Alan Shearer juga ikutan  takjub melihat gol berkelas tersebut. 

"@Erling Haaland, sungguh penyelesaian yang luar biasa," tulis Shearer yang pernah memperkuat Newcastle United dan timnas Inggris pada akun Twitternya sembari menyematkan emoji tepuk tangan. 

 

3 dari 4 halaman

Mesin Gol

Mantan striker timnas Inggris lainnya, Gary Lineker tak kalah tercengang dibuat Haaland. Peraaan ini juga diluapkan mantan pemain Barcelona dan Tottenham Hotspur itu melalui akun Twitter resminya. 

 "Gol akrobatik yang spektakuler dari @ErlingHaaland melawan mantan klubnya. Dia mesin gol," tulisnya. 

4 dari 4 halaman

Rekor Baru

Haaland tidak hanya sukses membawa City memetik kemenagan atas Dortmund. Dia kini tercatat sebagai pemain termuda dalam sejarah Liga Champions yang mencetak gol untuk dan ke gawang tim yang sama. 

Dari 21 penampilannya di ajang Liga Champions, Haaland telah mencetak 26 gol. 

Kemenangan ini juga sekaligus memperkuat posisi City di puncak klasemen grup G. Saat ini, The Citizens memimpin dengan torehan 6 poin dari dua laga. Posisi The Citizens semakin nyaman karena pada pertandingan lainnya, Copenhagen hanya mampu bermain imbang tanpa gol melawan Sevilla. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.