Sukses

Hasil Japan Open 2022: Apri/Fadia Tembus Perempat Final, Rinov/Pitha Diadang Wakil Tiongkok

Ganda putri bulu tangkis Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti melenggang ke babak perempat final Japan Open 2022 usai menekuk duo Tiongkok Liu Xuan Xuan/Xia Yu Ting dengan straight game, 22–20, 24–22. Sayang, kesuksesan ini gagal diduplikasi oleh RInov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Liputan6.com, Jakarta - Ganda putri bulu tangkis Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti sukses melenggang ke babak perempat final Japan Open 2022.

Kepastian ini diperoleh usai kemenangan atas ganda putri Tiongkok Liu Xuan Xuan/Xia Yu Ting dengan straight game, 22–20, 24–22, dalam pertarungan babak 16 besar yang berlangsung di Maruzen Intec Arena, Kamis (1/9/2022).

Apri/Fadia memulai laga dengan cukup meyakinkan. Meski sempat tertinggal 0–3 di awal game pertama, duo peraih medali emas SEA Games 2021 mampu menyamakan skor dan berbalik unggul di kedudukan 6–5.

Sayangnya, wakil Indonesia kembali tertinggal tiga angka di interval set pembuka. Ganda putri Tiongkok melesat 11–8 setelah terlibat drama kejar-kejaran poin dengan Apri/Fadia. Dominasi Liu/Xia makin sulit dipatahkan selepas jeda.

Ganda putri Tanah Air sempat menyeimbangkan kedudukan menjadi 14–14. Akan tetapi, situasi itu tak bertahan lama. Duo Tiongkok lagi-lagi meraih empat angka beruntun, yang membuat Apri/Fadia berada di posisi minor 14–18.

Srikandi Merah Putih menunjukkan comeback sensasional di poin-poin kritis. Mereka mampu memaksa permainan menjadi deuce usai tiga kali menyamakan poin. Set pertama akhirnya menjadi milik pasangan Indonesia. Apri/Fadia unggul 22–20 atas Liu/Xia.

Laga sengit tersaji di game kedua. Wakil Indonesia terlibat drama kejar-kejaran skor dengan duo asal Negeri Tirai Bambu. Angka kembar terus tercipta hingga mendekat interval. Apri/Fadia unggul tipis 11–10 di jeda set kedua.

Ganda putri Tanah Air tampil makin solid pasca interval. Mereka mampu mencetak keunggulan 15–12 atas lawannya. Liu/Xiu tak mau kalah. Mereka mencoba mengikis ketertinggalan hingga hanya berselisih satu angka di kedudukan 16–15.

Wakil Tiongkok terus menempel perolehan poin Apri/Fadia hingga memasuki poin-poin kritis. Mereka mampu memaksa terjadinya setting. Beruntung situasi ini mampu diatasi oleh duo Tanah Air. Apri/Fadia kembali berjaya dengan 24–22.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rinov/Pitha

Di lapangan berbeda, ganda campuran muda Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari gagal merebut tempat menuju babak perempat final Japan Open 2022.

Duo yang bertengger di peringkat 16 dunia itu diadang unggulan keempat asal Tiongkok Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping dengan straight game, 13–21, 18–21, dalam pertarungan fase 16 besar Maruzen Intec Arena, Osaka, Kamis (1/9/2022).

Rinov/Pitha sejatinya mencoba memberi perlawanan berarti bagi Wang/Huang di game pertama. Sayangnya, sejumlah unforced errors yang dilakukan wakil Tanah Air membuat perolehan poin mereka jauh tertinggal.

Situasi berbalik di awal game kedua. Rinov/Pitha mampu unggul cepat dengan 7–1. Wakil Indonesia masih memimpin 11–8 saat interval.

Sayangnya, dominasi tersebut mampu dipatahkan pasangan Tiongkok selepas jeda. Rinov/Pitha kembali dipaksa menyerah setelah kedua pasangan terlibat drama kejar-kejaran skor di pengujung set.

3 dari 4 halaman

Wakil Lain

Selain Apri/Fadia dan Rinov/Pitha, Indonesia masih memiliki sejumlah wakil lain dari nomor ganda putra dan ganda putri yang akan bertarung memperebutkan tiket menuju babak perempat final Japan Open 2022.

Ganda putra muda Indonesia Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dijadwalkan bersua dengan wakil Korea Selatan Choi Sol-gyu/Kim Won-ho.

Seniornya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga bakal unjuk gigi dengan meladeni perlawanan Liang Wei Keng/Wang Chang asal Tiongkok.

Adapun dari nomor ganda putri, pasangan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi akan berupaya menunjukkan performa maksimal kala menghadapi Maiken Fruergaard/Sara Thygesen dari Denmark.

Simak jadwal lengkap dan hasil pertandingan wakil-wakil Indonesia di babak 16 besar Japan Open 2022 pada halaman selanjutnya!

4 dari 4 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan

Kamis, 1 September 2022

Lapangan 1

Pertandingan 1: Jonatan Christie vs Kenta Nishimoto (Jepang); 21–15, 13–21, 18–21

Pertandingan 10*: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren (Thailand)

Lapangan 2

Pertandingan 1: Gregoria Mariska Tunjung vs Pai Yu Po (Chinese Taipei); 21–9, 18–21, 21–9

Pertandingan 3: Chico Aura Dwi Wardoyo vs Rasmus Gemke (Denmark); 21–13, 21–14

Pertandingan 5: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China); 13–21, 18–21

Pertandingan 7: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Kim Gi-jung/Kim Sa-rang (Korea Selatan)

Pertandingan 9: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Choi Sol-gyu/Kim Won-ho (Korea Selatan)

Pertandingan 10*: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Liang Wei Keng/Wang Chang (China)

Lapangan 3

Pertandingan 6: Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China)

Lapangan 4

Pertandingan 5: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Liu Xuan Xuan/Xia Yu Ting (China); 22–20, 24–22

Pertandingan 9: Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Maiken Fruergaard/Sara Thygesen (Denmark)

*lapangan bisa berubah

Ket: Pertandingan pertama dimulai pukul 08.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.