Sukses

Alasan Ducati Tunjuk Enea Bastianini Jadi Pembalap Pabrikan di MotoGP

Liputan6.com, Jakarta - Ducati resmi memilih pendamping Francesco Bagnaia untuk MotoGP 2023. Mereka akhirnya menunjuk Enea Bastianini dari Gresini Racing.

Bastainini memenangkan persaingan melawan sesama rider tim satelit Jorge Martin yang membela Pramac Racing. Dia bakal menggantikan Jack Miller yang hengkang ke KTM. Martin selanjutnya bakal tetap di Pramac Racing bersama Johann Zarco.

"Saya sangat senang dapat memakai warna ofisial Ducati mulai tahun depan. Itu adalah mimpi saya, dan sekarang menjadi kenyataan," kata Bastianini dikutip laman resmi Ducati.

"Dalam dua tahun di MotoGP, saya telah banyak belajar dan tumbuh. Saya yakin saya dapat lebih baik lagi didukung engineer dan orang-orang di tim Ducati Lenovo," sambungnya.

Direktur Umum Ducati Corse Luigi Dall'Igna menilai Bastianini mampu belajar dengan cepat setelah merebut dua podium pada musim debutnya di MotoGP. Dia lalu melanjutkan kinerja dengan merebut tiga kemenangan musim ini di Qatar, Amerika Serikat, dan Prancis.

"Kami yakin tahun depan, sebagai pebalap pabrikan untuk tim Ducati Lenovo, dia akan mampu melangkah ke depan dan menjadi salah satu protagonis di setiap balapan," kata Dall'Igna.

"Ini bukan keputusan yang mudah karena baik Enea dan Jorge adalah dua pembalap muda yang cepat. Itulah alasan mengapa kami memastikan keduanya dapat materi dan dukungan teknis yang sama. Kami yakin keduanya dapat menunjukkan talenta yang luar biasa di trek."

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Tinggal Sedikit

Dengan keputusan ini, Ducati sudah memastikan enam kursi pembalap untuk musim depan. Satu-satunya wakil yang belum menentukan sikap adalah Mooney VR46 Racing. 

Total masih ada tujuh tempat tersedia di MotoGP musim depan. Selain VR46 Racing, RNF yang hengkang ke Aprilia juga masih menimbang-nimbang siapa andalan mereka di lintasan. 

Sementara ada satu slot tersedia di Repsol Honda, LCR Honda, dan Tech3 Gasgas. Simak daftar pembalap MotoGP 2023 selengkapnya di halaman berikut:

3 dari 3 halaman

Daftar Pembalap

Repsol Honda:

Marc Marquez (akhir 2024)

???

 

Monster Energy Yamaha:

Franco Morbidelli (akhir 2023)

Fabio Quartararo (akhir 2024)

 

Ducati Lenovo:

Francesco Bagnaia (akhir 2024)

Enea Bastianini (akhir 2024)

 

Aprilia:

Aleix Espargaro (akhir 2024)

Maverick Vinales (akhir 2024)

 

Red Bull KTM:

Jack Miller (akhir 2024)

Brad Binder (akhir 2024)

 

Gresini Ducati:

Fabio di Giannantonio (akhir 2023)

Alex Marquez (akhir 2023)

 

Tech3 Gasgas

Pol Espargaro (akhir 2024)

???

 

LCR Honda:

Alex Rins (akhir 2024)

???

 

Pramac Ducati

Jorge Martin (akhir 2024)

Johann Zarco (akhir 2023)

 

RNF Aprilia

???

???

 

Mooney VR46 Racing Team

???

???

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.