Sukses

Setahun Jelang FIBA World Cup 2023, Raffi Ahmad Ditunjuk Jadi Duta Lokal

Raffi ditunjuk sebagai duta lokal FIBA World Cup 2023. Setiap tuan rumah akan memiliki satu duta lokal.

Liputan6.com, Jakarta- Tak terasa FIBA World Cup 2023 tinggal satu tahun lagi akan digelar di Indonesia, Filipina dan Jepang. Bertepatan dengan satu tahun pelaksanaan ajang bergengsi bagi insan bola basket di dunia itu, panitia lokal memperkenalkan Raffi Ahmad sebagai Local Ambassador pada Kamis (25/8/2022).

Raffi akan menjadi duta lokal untuk Indonesia. Dua tuan rumah lainnya Jepang dan Filipina juga akan memiliki local ambassador. Di Filipina, yang menjadi duta lokalnya adalah Catriona Gray. Sedangkan Jepang masih belum mengumumkannya hingga berita ini diturunkan.

Menurut Ketua Joint Management Committee (JMC) FIBA World Cup 2023 Cahyadi Wanda, Raffi terpilih lewat berbagai tahapan yang ketat. FIBA tak mau sembarangan memilih duta lokal.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain harus memiliki citra yang baik, keterikatan dengan bola basket, dan punya banyak fans. Semua persyaratan itu dimiliki seorang Raffi.

Selain Raffi Ahmad, Indonesia juga sempat mengajukan beberapa kandidat lain sebagai duta lokal. Sayangnya Cahyadi enggan membeberkan kandidat Local Ambassador lain dari Indonesia.

"Pemilihan Raffi adalah hasil dari koordinasi antara panitia pelaksana lokal dengan FIBA. Setelah seleksi yang cukup panjang, akhirnya terpilih Raffi sebagai local ambasador FIBA Basketball World Cup 2023," kata Cahyadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tugas Raffi

Sebagai local ambassador, Raffi tak mendapat bayaran sepeser pun. Raffi mengaku ikhlas dan bangga bisa membantu Indonesia sebagai tuan rumah FIBA World Cup 2023.

"Saya merasa terhormat dan bangga terpilih menjadi ambassador FIBA World Cup 2023 untuk Indonesia. Ini jadi porto folio saya untuk bola basket dan Merah-Putih," kata Raffi.

Raffi mengaku tak berpikir dua kali begitu mendapat tawaran menjadi duta FIBA World Cup 2023. "Ini kesempatan saya juga belajar banyak di bola basket. Ini kehormatan, saya bukan pemain basket, tapi bisa diajak menjadi ambassador," lanjut Raffi.

Sebagai Local Ambassador, Raffi akan bertugas mempromosikan FIBA World Cup 2023. Dia juga akan menghadiri pengundian dan putaran final bersama duta lokal lainnya.

3 dari 3 halaman

Ada Duta Global

FIBA juga nantinya akan mengumumkan Global Ambassador. Biasanya yang menjadi Global Ambassador merupakan mantan pebasket top dunia. Pada edisi 2019, FIBA menunjuk Kobe Bryant sebagai salah satu duta global.

Selain memperkenalkan local ambassador, panitia lokal juga masih punya satu agenda lagi, yakni meluncurkan Jam Hitung Mundur Tissot FIBA Basketball World Cup 2023 pada Sabtu, 28 Agustus 2022, di Bundaran HI, Jakarta. "Tema event nanti adalah Win for All," pungkas Cahyadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.