Sukses

Tolak Vaksinasi COVID-19, Novak Djokovic Berpotensi Absen di US Open 2022

Novak Djokovic masih berharap bisa menemukan solusi agar bisa tampil di US Open 2022.

Liputan6.com, Jakarta Petenis asal Serbia, Novak Djokovic berpotensi absen pada kejuaraan US Open atau Amerika Serikat Terbuka yang akan bergulir mulai 29 Agustus 2022. Keputusan ini disampaikan Djokovic lewat situs resminya, beberapa hari sebelum kejuaraan dimulai.

"Untuk sementara tidak ada agenda event," ujar Djokovic di situs resminya.

Keputusan untuk tidak mengikuti US Open membuat upaya Djokovic menyamai torehan gelar grand slam Rafael Nadal, harus tertunda. Saat ini kedua petenis hanya terpaut satu gelar di mana Rafael Nadal unggul dengan 22 gelar atas petenis berusia 35 tahun itu.

Djokovic sudah mengoleksi 21 kejuaraan utama termasuk memenangkan Wimbledon 2022. Sementara Nadal berusaha mengejar gelar ke-23 saat tampil di New York, pekan depan.

Tidak disebutkan kendala yang mengadang Djokovic menuju US Open 2022. Namun seperti dilansir dari Marca, keputusannya menolak vaksinasi COVID-19 telah menyebabkan pria asal Monte Carlo itu berulang kali melewatkan kejuaraan tenis pada tahun ini.

Awal tahun ini, pemegang sembilan gelar Australia Open itu absen pada kejuaraan yang berlangsung di Melbourne. Kini Djokovic juga berpotensi absen di US Open akibat masalah yang sama meski dia masih tetap berharap bisa menemukan solusi yang terbaik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belum Divaksinasi COVID-19

Menurut sebuah laporan di Forbes.com, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengharuskan warga negara non-AS untuk "menunjukkan bukti telah sepenuhnya divaksinasi terhadap Covid-19" sebelum bepergian melalui udara dari negara asing.

Situasi yang sama pernah mencegah Djokovic bermain di turnamen ATP Masters 1000 di Indian Wells dan Miami pada Maret dan April, bersama dengan Cincinnati Open pekan lalu.

Sementara itu, Rafael Nadal yang selama ini menjadi rival Djokovic sepertinya bakal berusaha memanfaatkan situasi ini. Terlebih, Nadal baru saja gagal di Cincinnati Open. Comeback-nya tidak berjalan mulus setelah tersingkir di babak kedua turnamen itu.

 

3 dari 4 halaman

Nadal Tersingkir

Setelah lima tahun absen di ajang Cincinnati Masters, petenis asal Spanyol itu dipaksa pulang lebih awal saat kembali lagi pada tahun ini.

Sempat menjuarai turnamen yang sama pada tahun 2013, Nadal gagal bertahan setelah ditekuk Borna Coric, 7-6, 4-6, 6-3 pada babak kedua Cincinnati Masters 2022, Kamis pagi WIB (18/8/2022).

Nadal menyerah setelah bertarung selama dua jam 51 menit. Ini merupakan laga pertama Nadal setelah sebulan lalu mengundurkan diri akibat cedera perut pada semifinal Wimbledon melawan Nick Kyrgios.

"Jelas sekali, saya tidak menunjukkan permainan terbaik," kata Nadal usai laga seperti dikutip dari ATPtour.com. "Ini sesuatu yang bisa terjadi. Dalam sejarahnya, turnamen ini selalu sulit untuk saya."

 

4 dari 4 halaman

Belum Sepenuhnya Pulih

Nadal mengaku belum sepenuhnya pulih setelah melewati periode yang berat dalam kariernya. Itu juga terlihat dari permainannya melawan Coric. Nadal mengaku banyak melakukan kesalahan sendiri.

Menghadapi Coric, Nadal secara dramatis kehilangan dua set poin dalam tie-break set pertama. Nadal sempat bangkit, tapi Coric bermain lebih baik dan berhasil menuntaskan perlawanan Nadal

"Sulit untuk mengambil banyak hal positif, tetapi saya perlu berkembang,” kata Nadal.

"Saya perlu berlatih. Saya harus kembali lebih baik. Saya perlu berhari-hari [di lapangan], dan itulah kebenarannya. Jelas saya punya peluang di awal. Dalam tie-break saya memiliki dua peluang penting dengan dua set poin yang Saya bermain buruk dengan dua tembakan yang kurang lebih mudah," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini