Sukses

Potret Menakjubkan Stadion Tepi Gurun untuk Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Tak sampai empat bulan lagi, Piala Dunia Qatar akan berlangsung. Turnamen edisi ke-22 ini rencananya bergulir pada 21 November hingga 18 desember.

Piala Dunia 2022 Qatar terbilang cukup spesial, mengingat waktu pelaksanaanya yang tidak biasa. Pada Piala Dunia sebelumnya, ajang ini selalu bergulir pada musim panas, atau periode Juni-Juli.

Namun, mengingat suhu udara di Qatar yang sangat panas pada Juni hingga Juli, alhasil, turnamen paling bergensi ini digelar pada periode November-Desember.

Pada periode itu, suhu udara di salah satu bagian Jazirah Arab ini biasanya antara 21 hingga 25 derajat celcius.

Jelang Piala Dunia 2022 bergulir, Pemerintah Qatar terus bersolek untuk menyukseskan gelaran ini. Mulai dari lalu lintas, penginapan dan yang terpenting yakni stadion.

Untuk menggelar seluruh pertandingan Piala Dunia 2022, pemerintah Qatar telah menyiapkan delapan stadion. Salah satunya adalah Stadion Ahmad bin Ali.

Stadion ini terletak di Kota Al Rayyan dekat dengan kota Doha. Berstatus markas Al Rayyan SC, stadion ini dibangun pada 2003 dan direnovasi mulai 2022 guna menyambut Piala Dunia 2022.

Ahmad bin Ali Stadium didesain oleh Pattern Design dan Ramboll yang bentuknya terinspirasi bukit pasir serta arsitektur Islam. Dibalut layar multimedia yang bersinar dan berubah warna, stadion juga diselimuti layar logam yang menggambarkan pola dan motif umum di seluruh arsitektur Qatar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tepi Gurun

Melansir Qatar2022, Stadion ini menawarkan perjalanan menuju lanskap gurun yang indah. Pintu gerbang stadion mengarah ke padang pasir.

Stadion Ahmad Bin Ali dikenal karena kecintaan warga sekitar pada tradisi dan budaya lokal, serta tim sepak bolanya yang sangat populer, Al Rayyan. Stadion ini menggabungkan simbol budaya Qatar ke dalam fasad bergelombangnya yang spektakuler.

Fasilitas di sekitar stadion juga mencerminkan negara Qatar, dengan struktur berbentuk bukit pasir yang mengingatkan pada tanah liar yang indah di barat.

Menyambut penggemar sepak bola dari seluruh dunia dengan tangan terbuka, stadion ini ingin menunjukkan kepada tamu tentang kekayaan budaya Qatar.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Ramah Lingkungan

Stadion Ahmad Bin Ali menggunakan bahan dan praktik bangunan yang ramah lingkungan. Setiap bagian dari distrik stadion telah dirancang dengan mempertimbangkan keberlanjutan.

Setelah Piala Dunia FIFA Qatar 2022 berakhir, hampir setengah dari 40.000 kursi modular stadion akan dipindahkan dan diberikan untuk proyek pengembangan sepak bola di luar negeri.

Arena pasca-turnamen yang lebih kecil akan memungkinkan Al Rayyan mempertahankan karakter akrab yang terkenal.

4 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

 

21 November 2022: Amerika Serikat vs Wales (Grup B)

23 November 2022: belgia vs Kanada (Grup F)

25 November 2022: Wales vs Iran (Grup B)

27 November 2022: Jepang vs Kosta Rika (Grup E)

29 November 22022: Wales vs Inggris (Grup B)

1 Desember 2022: Kroasia vs Belgia (Grup F)

3 Desember 2022: Juara Grup C vs Runner up Grup (16 besar)

5 dari 5 halaman

Disiarkan Emtek

Piala Dunia 2022 Qatar bisa disaksikan pecinta sepakbola di Tanah Air dengan mudah.

Pasalnya, Emtek Grup sebagai pemegang hak sial bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV dan live streaming Vidio. Juga di Nex Parabola dan Champions TV.

Berita-berita terbaru seputar turnamen akbar empat tahunan tersebut juga bisa didapatkan melalui bola.liputan6.com.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS