Sukses

Demi Pemain Baru Barcelona, Gerard Pique Rela Potong Gaji Lagi

Liputan6.com, Jakarta Barcelona menempuh berbagai cara agar bisa mendaftarkan pemain-pemain barunya. Pendapatan sejumlah pemain senior termasuk, Gerard Pique kini terancam menyusut akibat situasi tersebut.

Barcelona sangat aktif dalam perburuan pemain pada bursa transfer musim panas ini. Sejumlah pemain, seperti Robert Lewandowski, Raphinha, dan Jules Kounde didatangkan ke Camp Nou untuk menambah kekuatan Blaugrana dalam menghadapi sengitnya persaingan pada kompetisi musim ini.

Namun Barcelona ternyata kesulitan mendaftarkan pemain-pemain baru tersebut. La Liga kabarnya menolak setelah mengetahui tim besutan Xavi Hernandez itu melewati batas beban gaji pemain.

Seperti dilansir dari Dario AS, total beban gaji pemain Barcelona kini mencapai 560 juta euro per tahun. Padahal batas yang diperkenankan berada di angka yang jauh di bawah, yakni 144 juta euro.

Barcelona pun menempuh berbagai cara untuk memenuhi persyaratan itu. Salah satunya dengan memangkas gaji para pemain, termasuk mereka yang sudah lama memperkuat Barca seperti Pique. Meski bukan solusi utama, langkah ini setidaknya bisa mengurangi beban manajemen. 

Pique tidak mempermasalahkan hal itu. Menurut laporan Athletic seperti dilansir dari Dailystar, Pique bersedia melakukannya demi membantu Barca keluar dari masalah. Padahal pada musim panas tahun lalu Gerard Pique juga sudah mengalami pemotongan gaji demi menyelamatkan keuangan Barcelona.

Pique seperti dilansir Football Espana sudah berkonsultasi dengan agennya. Mereka kemudian bertemu para petinggi Barca, Joan Laporta, Rafael Yuste, dan Mateu Alemany di sebuah restoran, Rabu lalu. Mereka membahas pembaharuan terhadap kontrak Pique yang terakhir kali dilakukan 2020 lalu bersama beberapa pemain lain seperti Marc-Andre ter Stegen, Frenkie de Jong, dan Clement Lenglet. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Hanya Salah Satu Jalan

Pemotongan gaji pemain diperkirakan di angka 40-60 persen untuk musim 2022/2023. Besar-kecilnya ditentukan oleh performa masing-masing pemain. Selain itu, Barcelona juga menerapkan aturan aturan baru di mana tidak ada pemain yang dapat gaji 10 juta Euro per tahun.

Lewat strategi pemotongan gaji, Barca kabarnya akan menghemat sekitar 160 juta Euro. Namun itu juga belum cukup. Barcelona juga kabarnya kembali menarik tuas ekonomi dengan menjual lagi hak siarnya. Selain itu, Barcelona telah berusaha mendapat tambahan dana lewat penjualan saham. 

Sementara langkah lainnya adalah dengan melepas sejumlah pemain seperti Memphis Depay, Aubameyang, hingga Frenkie De Jong. "Kami akan melakukan segala kemungkinan untuk mendaftarkan pemain baru. Kami harus melakukannya sebelum 13 Agustus," kata Joan Laporta.

3 dari 4 halaman

Pemain Baru Gemilang

Sementara itu, kiprah pemain baru Barcelona terbilang menjanjikan. Utamanya, Robert Lewandowski yang baru diboyong dari Bayern Munchen. Pemain asal Polandia itu telah mencatatkan gol perdananya bersama Barcelona pada laga melawan Pumas Unam di final Joan Gamper, Senin (8/8/2022).

Dalam duel ini, Barcelona menang 6-0. Robert Lewandowski mencetak gol pada menit ketiga. Lima gol lainnya dicetak Pedri (2 gol), Ousmane Dembele, Pierre Emerick Aubameyang dan Frenkie de Jong.

Tidak hanya ketajaman di depan gawang, kerjasama Lewandowski dan Pedri juga jadi sorotan dalam laga ini. Lewandowski mendapatkan assist pertama dari Pedri pada menit ke-3. Dua menit kemudian giliran Lewandowski yang memberi umpan untuk Pedri, lalu satu assist lagi untuk Pedri di menit ke-19.

 

 

4 dari 4 halaman

Persaingan Lini Belakang

Gerard Pique tampil dari bangku cadangan pada laga ini. Dia masuk menggantikan posisi Eric Garcia pada menit ke-46. Di usia 35 tahun, Pique sepertinya harus berjuang demi posisinya. Kehadiran pemain yang lebih segar seperti Andreas Christensen bukan mustahil bisa menggantikan perannya. 

Apalagi selama pramusim ini, Pique tidak bisa tampil memperkuat Barcelona. Pemain yang juga pernah memperkuat Manchester United itu absen beberapa pekan terakhir akibat mengalami cedera abductor.

Situasi ini tentu ikut memberi kemunduran bagi statusnya sebagai starter. Sebab dari pengalaman sebelumnya, absen karena masalah fisik di pramusim bukanlah tanpa yang baik bagi pemain.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS