Sukses

Duh, Barcelona Jual Aset Lagi Demi Tambahan Uang

Barcelona kembali menjual aset agar mendapatkan tambahan uang demi mendatangkan pemain baru musim ini.

Liputan6.com, Manchester- Barcelona dikabarkan sudah menjual sebagian dari tempat produksi video mereka dengan nilai 100 juta euro. Ini untuk mendapatkan tambahan uang bila ingin menambah pemain.

Presiden Barcelona, Joan Laporta melaporkan pada Senin (1/8/2022), dia sudah setuju untuk menjual 25 persen dari studio Barca kepada socios.com. Ini merupakan provider blockchain di dunia olahraga dan hiburan.

Kubu Barca mengatakan, penjualan ini bisa mempercepat strategi klub terkait audio visual, blockchain dan produk online. Uang ini juga memungkinkan Barcelona daftarkan pemain yang baru dibeli seperti Robert Lewandowski, Raphinha dan Jules Kounde.

Barcelona saat ini sudah habiskan 160 uta euro untuk tiga pemain. Ini membuat Barca menjadi klub terboros di dunia meski diganggu masalah keuangan.

Strategi Joan Laporta untuk mendapatkan uang mendapatkan kritikan keras. Sebelumnya, Laporta sudah menjual hak siar Barcelona sebesar 25 persen untuk 25 tahun mendatang dengan nilai 667 juta euro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bisa Dikontrol

 

Laporta pun menanggapi aksi jor-joran yang dilakukan klub. Laporta memastikan kalau risiko yang sudah diambilnya terkontrol.

"Risikonya masih bisa dikontrol. Kami harus menyelamatkan klub dan punya kesempatan boyong pemain baru," katanya.

Manajemen buruk presiden Barca sebelumya, Josep Bartomeu ditambah pandemi Covid-19 membuat klub kesulitan. Karena ini, Barca kini punya utang senilai 1,3 miliar euro.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Ambisius

 

Upaya Barcelona selamatkan kejayaan mereka juga yang membuat rekrutan baru Jules Kounde kagum. Hal inilah yang meyakinkan dia untuk gabung.

"Saya memilih Barca karena jelas buat saya kalau klub ini punya proyek yang sangat ambisius," katanya.

Barcelona akan memulai debut di La Liga pada 13 Agustus. Mereka bakal menghadapi Rayo Vallecano.

4 dari 5 halaman

Lepas Dua Pemain

Barcelona dikabarkan sudah ikhlas untuk melepas pemain bintangnya, Sergino Dest. Menurut ESPN, Sabtu (30/7/2022), The Blaugrana julukan dari Barcelona sudah mengizinkan Dest pergi di awal musim ini.

Dest memang dikaitkan dengan Manchester United sejak bursa transfer pemain dibuka. MU dikabarkan ingin mendapatkan Dest untuk menggantikan Aaoron Wan-Bissaka pada musim panas ini.

Pemain asal Amerika Serikat ini dilepas karena Barcelona selangkah lagi menandatangani bek Chelsea Cesar Azpilicueta serta resminya Jules Kounde dari Sevilla. Hal ini membuat Barcelona surplus pemain di lini belakang, belum lagi situasi keuangan Barcelona serta syarat gaji (salary cap) di La Liga, ​​​​tidak mengherankan melihat mereka mencoba melepas beberapa pemain mereka termasuk Dest.

Setan Merah mungkin akan menawar sang pemain dengan harga murah karena Barcelona harus menjual sang pemain. Di sisi lain, MU sudah tidak ingin Wan-Bissaka karena lebih memilih Diogo Dalot sebagai bek sayap kanan di musim depan.

5 dari 5 halaman

Harga Wan Bissaka

Ten Hag menginginkan bek kanan yang stabil dan konsisten baik saat membantu penyerangan maupn bertahan. Wan-Bissaka pun tak masuk perencanaan Ten Hag dan bakal dibuang dari MU.

Penjualan Wan-Bissaka juga diharapkan bisa menghasilkan dana lebih dari 30 juta poundsterling. Dana tambahan diperlukan Ten Hag untuk belanja pemain. Pasalnya MU cuma menyediakan dana 100 juta pound saja.

Ten Hag harus menjual pemain tak berguna terlebih dahulu untuk mendapatkan tambahan anggaran belanja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.