Sukses

JIP Jadi Maskot Resmi FIBA World Cup 2023, Ini Maknanya

FIBA World Cup 2023 akan memiliki maskot lucu yang diberi nama JIP. Apa artinya?

Liputan6.com, Jakarta FIBA akhirnya mengumumkan nama resmi untuk maskot FIBA World Cup 2023 atau Piala Dunia Basket 2023 yang akan digelar di Filipina, Jepang dan Indonesia. Lewat voting fans, akhirnya nama yang dipilih adalah JIP.

Seperti diketahui desain maskot Piala Dunia Basket 2023 sudah diungkap FIBA sejak sebelum FIBA Asia Cup 2022 digelar. FIBA kemudian mengajak fans basket di seluruh dunia untuk melakukan voting pemilihan nama maskot.

Hampir 100 ribu orang mengunjungi jajak pendapat penamaan maskot untuk memilih nama favorit mereka dari enam opsi nama yang tersedia. Akhirnya yang terpilih adalah nam JIP.

JIP sendiri juga merupakan akronim dari ketiga negara tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 yakni Japan, Indonesia dan Philippines.

Nama JIP juga sangat sesuai dengan visi desainernya ketika merancang robot basket itu: menyatukan orang-orang dan mewakili mereka semua.

“Nama JIP sangat cocok untuk maskot yang dirancang dengan indah ini karena menggabungkan dan menyatukan ketiga negara tuan rumah,” kata David Crocker, Direktur Eksekutif FIBA Basketball World Cup 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dipamerkan

"Pengumuman ini bertujuan untuk membangun kegembiraan menuju turnamen tahun depan. Selain itu juga memberikan kesempatan bagi para penggemar untuk bertemu dan berinteraksi dengan maskot unik pada akhir bulan ini di Jakarta, Okinawa, dan Manila melalui beberapa kegiatan yang menyenangkan."

Maskot JIP ini akan langsung dipamerkan di ketiga negara tuan rumah. Untuk Indonesia, akan diadakan di Sarinah pada 30 Juli mulai pukul 15.00 WIB. Disana juga akan ada meet and greet, games anak-anak dan keluarga, serta juga kesempatan untuk menantang maskot tersebut.

“Kami sangat senang memiliki JIP sebagai maskot FIBA Basketball World Cup 2023. JIP mewakili semua yang ingin diperkuat oleh turnamen ini, termasuk hubungan yang kuat antara tiga negara tuan rumah. Dan yang paling penting, maskot yang menarik bagi anak-anak, yang kami harapkan semoga bisa menularkan cinta terhadap bola basket kepada generasi penerus," kata Cahyadi Wanda, Ketua Komite Manajemen Bersama Indonesia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Kisah

Kisah JIP dimulai ketika tiga fans bertemu secara online setelah mengetahui turnamen akan datang ke negara asal mereka: Caloy dari Filipina, Kota dari Jepang, dan Dewi dari Indonesia, yang akhirnya membuat robot bola basket. JIP terinspirasi untuk membangun lebih banyak persahabatan dan belajar tentang budaya dan banyak kualitas dari negara tuan rumah.

Misi JIP adalah menyatukan penggemar melalui FIBA Basketball World Cup 2023 di tiga negara tuan rumah dan di seluruh dunia melalui kekuatan bola basket.

Maskot World Cup diprogram untuk jadi menyenangkan, ramah, dan sporty. Ia memiliki keterampilan dribbling yang hebat dan juga punyai dunk supersonik. JIP akan mempromosikan FIBA Basketball World Cup 2023 secara global dan berbagi kecintaannya pada bola basket kepada sebanyak mungkin orang menjelang event pada 2023.

Ketiga desainer juga merancang maskot untuk mendorong penggemar memikirkan lingkungan dan mendidik generasi muda tentang daur ulang melalui ring basket yang dibawa di bagian belakang badannya, sementara sepatu listriknya dijalankan dengan energi yang dikonversi dari limbah daur ulang. Warna maskot mewakili masing-masing tiga bendera negara tuan rumah dan wajah LED-nya memungkinkannya berkomunikasi dengan jutaan orang dalam berbagai bahasa serta membuat banyak ekspresi menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.