Sukses

Legenda MU Beri Saran Soal Masa Depan Cristiano Ronaldo, Apa itu?

"Jika pemain telah mengatakan bahwa dia ingin pergi, meskipun itu sangat sulit bagi manajer dan klub dan terutama untuk para penggemar, maka situasinya tidak perlu berlarut-larut. Untuk itu perlu adanya keputusan bagi pemain dan klub agar dapat menemukan cara terbaik terkait masalah ini," ujar Jaap Stam.

Liputan6.com, Jakarta- Legenda Manchester United, Jaap Stam memberikan komentar dan saran terkait masa depan Cristiano Ronaldo. Dia menilai MU harus mengambil keputusan secara cepat agar terhindar dari keretakan dengan skuat Setan Merah yang lain.

Penyerang berusia 37 tahun itu memang dikabarkan ingin meninggalkan Old Trafford di awal musim panas ini. Alasannya karena pemain asal Portugal itu ingin bermain di Liga Champions musim depan.

Ronaldo masih terikat kontrak satu tahun di MU. Atletico Madrid gencar tertarik mendapatkannya walaupun belakangan sang presiden klub menolak sang pemain.

Ronaldo melewatkan tur pra-musim United di Thailand dan Australia karena "alasan pribadi" hingga pada Selasa pagi waktu setempat, dia digambarkan sudah memasuki tempat latihan United Carrington dengan agennya Jorge Mendes untuk pembicaraan lebih lanjut.

CR7 adalah bagian dari rencana Erik ten Hag musim depan, jika harus pergi maka harus bergerak cepat untuk mencari penggantinya di bursa transfer. 

Stam yang merupakan bagian dari peraih treble winners 23 tahun lalu, mendesak Ten Hag untuk menyelesaikan persoalan ini secepat mungkin. Dia khawatir, saga transfer ini bisa mengecewakan skuad lainnya jelang masuk musim baru Liga Inggris.

"Anda bekerja dengan salah satu pemain terbaik di dunia. Dia melakukannya dengan sangat baik musim lalu dengan mencetak gol. Anda harus bergerak cepat ketika memulai musim sebagai musim baru," ujar Stam seperti yang dikutip dari Mirror, Selasa (27/7/2022).

"Jika pemain telah mengatakan bahwa dia ingin pergi, meskipun itu sangat sulit bagi manajer dan klub dan terutama untuk para penggemar, maka situasinya tidak perlu berlarut-larut. Untuk itu perlu adanya keputusan bagi pemain dan klub agar dapat menemukan cara terbaik terkait masalah ini," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berharap Ronaldo Bertahan

Cristiano Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak United musim lalu dengan 24 gol di semua kompetisi. Setan Merah berada di urutan keenam di Liga Premier Inggris musim lalu dengan mencatatkan penghitungan poin terendah mereka yaitu 58 angka dalam 32 tahun dan belum memenangkan trofi sejak Mei 2017.

Oleh karena itu, Stam berharap Ronaldo dapat bertahan di Old Trafford musim depan agar dapat membantu MU meraih gelar juara di musim depan.

"Saya berharap Ronaldo akan bertahan karena saya pikir dia bisa menjadi sangat penting bagi klub. Saya pikir Ronaldo masih salah satu pemain terbaik di United," ujar Stam.

"Bahkan ketika dia tidak mencetak gol, dia selalu membuat lawan menyadarinya dan mereka selalu perlu memberinya banyak perhatian yang menciptakan peluang dan ruang bagi pemain lain," tambahnya.

3 dari 5 halaman

Tak Hanya Stam, Ferguson juga Turun Tangan Untuk Ronaldo

Sir Alex Ferguson harus turun tangan menyelesaikan masalah Ronaldo di MU. Ferguson dikabarkan menjadi salah satu orang yang diminta MU untuk membantu membujuk Ronaldo agar dapat bertahan di Old Trafford musim depan.

Ini bukan pertama kali Ferguson menentukan nasib Ronaldo. Musim lalu, sang pemain sudah hampir pasti pindah ke Manchester City. Tapi, Ferguson langsung menghubungi sang pemain dan alhasil Ronaldo memilih kembali ke MU setelah meninggalkan Juventus.

Ferguson tiba di markas latihan Carrington untuk membahas masa depan Ronaldo, Selasa (26/7/2022). Di sisi lain, Ten Hag terus mencari solusi mengenai masalah Ronaldo di MU.

Banyak klub sudah menolak Ronaldo mulai dari Real Madrid, Paris Saint Germain, Bayern Muenchen serta Chelsea. Hanya satu klub yang berminat mendapatkanya yakni Atletico Madrid dengan opsi pinjaman.

Jika hasilnya buntu, MU sedang mempertimbangkan opsi untuk mengizinkan Ronaldo meninggalkan Old Trafford dengan status pinjaman jika ini menjadi opsi yang terbaik bagi kedua belah pihak.

4 dari 5 halaman

Ten Hag Ingin Ronaldo Bertahan

Cristiano Ronaldo mencetak 24 gol dan mencatatkan tiga assist dalam 37 penampilan untuk Manchester United musim lalu. Tapi, Setan Merah tak bermain di Liga Champions musim depan karena hanya finis keenam di Liga Inggris.

Atletico Madrid dipandang sebagai pesaing yang mungkin untuk mendapatkan tanda tangannya. Tapi, Manajer MU Erik ten Hag berharap Ronaldo tetap di Old Trafford.

"Mengkhawatirkan mungkin bukan kata yang tepat (atas ketidakhadirannya). Saya fokus kepada para pemain yang ada di sana dan mereka melakukannya dengan sangat baik," ujar ahli taktik asal Belanda itu.

"Saya tidak sabar menunggu dia masuk dan kemudian kami akan mengintegrasikannya.

"Kami merencanakan Cristiano Ronaldo untuk musim ini dan hanya itu," ucap Ten Hag. "Saya tak sabar untuk bekerja dengannya. Saya telah membaca (bahwa dia ingin pergi), tetapi apa yang saya katakan adalah Cristiano tidak untuk dijual, dia ada dalam rencana kami dan kami ingin sukses bersama."

"Saya berbicara dengannya sebelum masalah ini muncul, saya telah berbicara dengannya dan saya berbicara dengan baik. Itu antara Cristiano dan saya. Yang dapat saya konfirmasi adalah kami melakukan percakapan yang sangat baik bersama," pungkas Ten Hag.

Agen Ronaldo, Jorge Mendes, diyakini telah memberi tahu klub yang tertarik bahwa kliennya siap menerima pemotongan gaji untuk bisa meninggalkan Manchester United musim panas ini.

5 dari 5 halaman

Rekan Satu Tim No Comment Soal Kepindahan Ronaldo

Pemain Manchester United (MU) Bruno Fernandes tak tahu-menahu soal masa depan Cristiano Ronaldo di Old Trafford. Dia mengaku tidak paham isi pikiran rekan setimnya di timnas Portugal itu.

Kendati demikian, Fernandes menilai seluruh pihak perlu memberi ruang dan waktu yang cukup bagi Ronaldo untuk memutuskan kelanjutan kariernya. Gelandang berusia 27 tahun tersebut juga berharap skuad MU bisa menghormati pilihan sang megabintang.

"Jelas kita harus menghormati keputusan semua orang. Saya tidak tahu apa yang dikatakan Cristiano (Ronaldo) kepada klub dan manajer, saya tidak tahu apa yang ada di kepalanya, tetapi kita harus menghormatinya," ujar Fernandes seperti dilansir dari Mirror.

"Dari yang kami tahu, dia (Ronaldo) punya masalah keluarga, jadi kami harus menghormatinya, memberinya ruang, hanya itu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Jaap Stam