Sukses

Profil Tim Grup D Piala Dunia 2022: Menanti Ledakan Timnas Denmark

Timnas Denmark memang tidak termasuk sebagai tim langganan di Piala Dunia. Mereka baru pertama kali lolos ke putaran final edisi 1986 dan ketika itu melaju ke babak 16 besar.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Denmark menadi salah satu kontestan di Piala Dunia 2022. Tim Dinamit tergabung di Grup D bersama sang juara bertahan Prancis, Australia, dan Tunisia.

Denmark lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar dengan meyakinkan. Mereka berhasil lolos langsung setelah di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa menjadi pemuncak klasemen Grup F.

Di fase grup kualifikasi, Denmark menghadapi Skotlandia, Israel, Austria, Kepulauan Faroe, dan Moldova. Denmark menunjukkan keganasan mereka sejak laga pertama. Israel dilibas dengan skor 2-0.

Sejak saat itu Denmark tak pernah mengendurkan permainan dan kerap memenangi pertandingan dengan kemenangan besar. Tak heran jika mereka menjadi tim paling subur di grup, dengan membukukan 30 gol atau rata-rata tiga gol setiap laga.

Kemenangan paling ganas yang diraih Denmark adalah saat membantai Moldova delapan gol tanpa balas. Di akhir kualifikasi, Denmark mengumpulkan 27 poin dari hasl sembilan kali menang dan sekali kalah selama sepuluh pertandingan.

Tim yang diarsiteki Kasper Hjulmand ini unggul empat angka atas Skotlandia yang dipaksa melanjutkan perjalanan ke babak play-off.

Satu-satunya kekalahan yang dialami Denmark terjadi di partai pamungkas melawan Skotlandia. Mereka takluk 0-2 di Hampden Park pada November tahun lalu.

Namun, kekalahan itu tak berpengaruh apa-apa, Denmark sudah nyaman di puncak klasemen dan lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2022. Ini menjadi Piala Dunia keenam bagi Denmark.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tim Kuda Hitam

Denmark memang tidak termasuk sebagai tim langganan di Piala Dunia. Mereka baru pertama kali lolos ke putaran final edisi 1986 dan ketika itu melaju ke babak 16 besar.

Oeh karenanya, FIFA dalam situs resmi mereka, menyebut Denmark menjadi salah tim kuda hitam yang diperhitungkan.

Pelatih Denmark, Kasper Hjulmand tak masalah timnya disebut kuda hitam. Justru, juru taktik 50 tahun tersebut sangat senang, karena timnya diperhitungkan untuk membuat kejutan.

"Saya pikir itu (disebut tim kuda hitam) bagus karena itu berarti kami jelas melakukan sesuatu yang benar," kata Kasper, dilansir laman resmi FIFA.

"Kami tidak berpikir kami lebih baik dari tim yang lain, tetapi kami tahu bahwa kami adalah tim yang bagus dan kami dapat bersaing dengan siapa pun," ujarnya menambahkan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Prestasi Denmark di Piala Dunia

Denmark saat ini berada di peringkat 10 dalam rangking FIFA, per 26 Juli 2022. Hal ini membuktikan bahwa Denmark adalah salah satu tim kuat dari Eropa.

Piala Dunia 2022 ini menjadi partispasi keenam mereka, setelah pertama kali tampil pada edisi Piala Dunia 1986.

Dalam debut mereka di Piala Dunia, Denmark berhasil melaju ke babak 16 besar. Namun setelah itu tim Dinamit gagal mentas di dua edisi berikutnya.

Denmark baru kembali tampil di Piala Dunia dua kali beruntun pada Piala Dunia 1998 Prancis dan 2002 Jepang-Korea Selatan.

Di Prancis, mereka melenggang hingga ke perempat final, sebelum akhirnya dikalahkan Brasil. Lalu di Jepang dan Korea Selatan langkah Denmark terhenti di 16 besar.

Denmark kembali gagal lolos ke Piala Dunia 2006. Mereka baru tampil kembali di Piala Dunia 2010 dan 2018.

Di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Denmark gagal lolos dari fase grup setelah hanya finisdi peringkat ketiga.

Pada Piala Dunia 2018 Rusia, Langka Denmark terhenti di babak 16 besar setelah takluk dari Kroasia melalui babak adu penalti.

4 dari 5 halaman

Pemain Legendaris Denmark

Meski tak punya prestasi mentereng di Piala Dunia, Denmark selalu selalu berhasil melahirkan pemain-pemain top.

Pecinta sepak bola, khususnya penggemar Manchester United tentunya masih ingat dengan Peter Schmeichel.

Peter, yang merupakan salah satu dari dua kiper legenderis Manchester United, tampil gemilang di Piala Duna 1998.

Dia tampil apik ketika menjaga gawang Denmark saat melumat Nigeria 4-1 di Stadion Saint Denis, Prancis. Hasilnya, Peter dan kawan-kawan maju ke babak perempat final bertemu dengan Brasil.

5 dari 5 halaman

Jadwal Denmark di Piala Dunia 2022

Grup D

Rabu, 23 November 2022

02:00 WIB: Denmark vs Tunisia

Sabtu, 26 November 2022

17:00 WIB: Prancis vs Denmark

Rabu, 30 November 2022

22.00 WIB: Timnas Australia vs Denmark

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.