Sukses

Piala Dunia 2022 Disiarkan di Mana?

Emtek Group sebagai pemegang hak siar bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV dan live streaming Vidio.

Liputan6.com, Jakarta Tak sampai lima bulan lagi, Piala Dunia 2022 akan bergulir. Turnamen empat tahunan tersebut bakal berlangsung di Qatar sejak 21 November hingga 18 Desember mendatang.

Ini akan jadi Piala Dunia pertama musim dingin. Awalnya, Piala Dunia biasanya berlangsung pada musim panas dan saat kompetisi antarklub rampung digelar.

Qatar menjadi negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Bagi Asia, ini merupakan kesempatan kedua setelah pada tahun 2002 Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah bersama.

Selain menjadi tuan rumah untuk pertama kali, ini juga menjadi partisipasi pertama Qatar di putaran final. Sebelumnya, tim berjuluk The Maroon ini tak pernah berhasil lolos dari babak kualifikasi.

Piala Dunia 2022 Qatar akan diikuti 32 tim, dan ini menjadi yang terakhir sebelum diikuti 48 negara pada Piala Dunia 2026 mendatang.

Saat ini, Timnas Prancis berstatus juara bertahan. Tim Ayam Jantan berhasil merengkuh gelar juara Piala Dunia pada edisi 2018 di Rusia saat mengalahkan Kroasia.

Dalam pertai final, Prancis menang dengan skor 4-2. Gol-gol kemenangan mereka dicetak oleh Mario Mandzukic (og), Antoine Griezmann, Paul Pogba, Kylian Mbappe. Sedangkan dua gol Kroasi dicetak oleh Ivan Perisic dan Mario Mandzukic.

Bagi Prancis, ini merupakan gelar juara Piala Dunia kedua mereka. Sebelumnya Prancis jadi kampiun 20 tahun silam saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 1998. Prancis pun diunggulkan untuk mempertahankan kembali gelarnya pada Piala Dunia 2022 ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Piala Dunia Disiarkan di Mana?

Para pecinta sepak bola Tanah AIr dapat menyaksikan seluruh pertandingan Piala Dunia 2022 di berbagai platforf Elang Mahkota Teknologi atau Emtek Group.

Pasalnya, Emtek Group sebagai pemegang hak siar bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV dan live streaming Vidio.

Juga di Nex Parabola dan Champions TV. Berita-berita terbaru seputar turnamen akbar empat tahunan tersebut juga bisa didapatkan melalui bola.liputan6.com.

Tak hanya itu, Emtek Group juga mendapat kesempatan untuk menyiarkan secara langsung pertandingan Piala Dunia U-20.

Kejuaraan kelompok umur ini bakal berlangsung di Indonesia dan diikuti oleh timnas Indonesia pada tahun 2023 mendatang.

"Yang menjadi spesial adalah, selain FIFA World Cup, Emtek Group juga menjadi pemilik hak siar untuk Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang," kata Managing Director Emtek Group Sutanto Hartono, (15/3/2022).

"Turnamen ini akan berlangsung di Indonesia pada tahun 2023 dan PSSI mengirimkan wakil pada kejuaraan ini," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Piala Dunia Paling Mahal

Piala Dunia 2022 di Qatar akan menjadi Piala Dunia termahal sepanjang sejarah. Negara yang beribukota di Doha itu menghabiskan lebih dari 220 milliar dollar US atau sekitar Rp 3.152,3 T untuk membangun stadion, penginapan hingga fasiltas latihan pendukung.

Tak hanya itu, Qatar juga menciptakan kota baru dengan nama Lusail dengan biaya sekitar 45 milliar dollar US atau setara Rp 644,8 T.

Berbanding jauh dari tiga negara yang sebelumnya pernah menjadi tuan rumah mulai dari Afrika Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010 mengeluarkan biaya sebesar 4 miliar dollar US atau sekitar Rp57,3 triliun untuk mempersiapkan semua fasiltas penunjang yang ada.

Kemudian, ada Brasil yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014, dikabarkan mengeluarkan biaya sebesar 15 miliar dollar US atau Rp 215,2 T untuk persiapan serta perhelatan di negara Samba tersebut.

Terakhir, Rusia yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 mengeluarkan biaya untuk persiapan mencapai angka 14 miliar dollar US atau Rp 200,8 triliun.

Itu, berarti Qatar mengeluarkan 10 kali lipat biaya dibandingkan dari tuan rumah sebelumnya, Rusia.

4 dari 5 halaman

Stadion Paling Sedikit

Terhitung ada delapan tempat yang akan dijadikan tuan rumah dalam turnamen ini, ada satu yang direnovasi total sementara tujuh lainnya dibangun dari awal.

Meski, Qatar cuma menyediakan 8 stadion untuk Piala Dunia 2022, seluruhnya dilengkapi dengan AC (air conditioner) untuk para penikmat sepakbola yang nantinya datang berkunjung.

Qatar menggunakan teknologi ramah lingkungan untuk mendinginkan stadion di mana teknologi seperti ini juga dapat diterapkan negara-negara lain di kemudian hari.

Setelah Piala Dunia, stadion ini akan diperkecil ukurannya. Mereka akan digunakan sebagai stadion permanen untuk klub regional.

Jumlah ini tentu menjadi stadion paling sedikit selama ajang Piala Dunia berlangsung beberapa tahun terakhir.

Salah satu stadion yang terbesar ialah Lusail Stadium yang ikonik akan menjadi tuan rumah pertandingan pembukaan dan final Piala Dunia 2022.

Arena ini memiliki kapasitas lebih dari 86 ribu dengan struktur yang dirancang untuk mencerminkan kerajinan tenun mangkuk Arab kuno, stadion ini diatur untuk menyediakan tempat yang menakjubkan untuk pembukaan dan penutupan turnamen.

5 dari 5 halaman

Asia Cetak Rekor

Di Piala Dunia 2022, Asia mengirimkan enam wakil. Jumlah enam negara yang mewakili Asia merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah.

Sebelumnya maksimal terdapat lima negara saja yang berasal dari Asia tampil di Piala Dunia.

Wakil Asia yang akan berlaga di Piala Dunia 2022 adalah Qatar, Jepang, Iran, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Australia.

Sedangkan Indonesia, untuk kesekian kalinya tidak berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia. Skuad Garuda hancur lebur di babak kualifikasi zona Asia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.