Sukses

Hasil Singapore Open 2022: Apri/Fadia Juara Setelah Kandaskan Pasangan China

Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fafdia Silva Ramdhanti sukses menyabet gelar juara Singapore Open 2022. Apri/Fadia menaklukkan wakil China Zhang Shu Xian/Zheng Yu dengan 21-14 dan 21-17 di final.

Liputan6.com, Jakarta - Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti sukses menjadi kampiun Singapore Open 2022. Ganda putri Indonesia itu menaklukkan wakil China Zhang Shu Xian/Zheng Yu di babak final.

Apri/Fadia harus melalui pertarungan selama 39 menit di final Singapore Open yang digelar di Singapore Indoor Stadium, Minggu (17/7)). Pasangan peringkat 62 dunia ini menang 21-14 dan 21-17 untuk naik podium tertinggi turnamen BWF Super 500 itu.

Ganda putri Tanah Air sejatinya sudah mengantongi rekor bagus atas pasangan Tiongkok. Duo peraih medali emas SEA Games 2021 itu telah dua kali meraih kemenangan atas Zhang/Zheng pada babak 16 besar Indonesia Open 2022 dan final Malaysia Open 2022.

Meski demikian, laga partai puncak Singapore Open menjadi pertarungan baru bagi Apri/Fadia. Pasangan Merah Putih itu harus mengantisipasi ambisi revans wakil China di ajang ini.

Benar saja, Apri/Fadia sempat tertinggal di awal game pertama. Pasangan Tiongkok memimpin perolehan poin dengan 3-1, sebelum berhasil disamakan oleh wakil Indonesia.

Apri/Fadia berbalik unggul 6–3 atas Zhang/Zheng. Juara Malaysia Open 2022 itu terus melesat hingga menutup interval game pertama dengan 11-5. Zheng/Zhang mencoba bangkit setelah jeda.

Pasangan yang bertengger di peringkat 19 dunia itu meraih tambahan poin dan memperkecil skor menjadi hanya 11-13. Namun, tren itu segera diputus oleh Apri/Fadia.

Ganda putri Indonesia sanggup menunjukkan penampilan dominan di poin-poin kritis serta menuntaskan perlawanan wakil Tiongkok lewat keunggulan 21-14.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Game Kedua

Apri/Fadia terlibat drama kejar-kejaran skor di awal game kedua. Zhang/Zheng lebih aktif menyerang usai kalah di set sebelumnya. Sementara itu, Apri/Fadia justru banyak melakukan kesalahan.

Apri/Fadia terpaut setengah skor di kedudukan 4–8. Walau begitu, srikandi Tanah Air terus berupaya mengejar defisit poin dari wakil China.

Pasangan Indonesia pun tertinggal tipis satu angka dengan 10–11 di interval game kedua. Pertandingan berjalan makin sengit selepas jeda.

Kedua pasangan salip-menyalip skor dan bergantian meraih angka. Apri/Fadia makin solid memasuki poin-poin kritis. Meski nyaris terkejar, pasangan Indonesia mampu mengunci kemenangan dengan 21–17.

3 dari 5 halaman

Sakit di Tumit Kiri

Siti Fadia sejatinya telah menderita sakit di tumit kiri sejak masih berlaga di Malaysia. Pebulu tangkis yang dulu berpasangan dengan Ribka Sugiarto ini bahkan sempat mendapat perawatan di pinggir lapangan kala menghadapi Thailand di semifinal Singapore Open 2022.

Kendati demikian, Fadia masih memaksakan dirinya tampil dan merebut poin demi poin dari lawan. Rasa sakit tak menghentikan langkah wakil Indonesia untuk meraih gelar juara di turnamen level BWF Super 500 ini.

"Tumit kiri saya memang sudah sakit dari Malaysia. Terasa sakit saat mengambil bola yang datangnya menghentak. Meski sakit, saya tetap memaksakan diri untuk ngotot dan tampil habis-habisan. Maklum, sudah tanggung di semifinal, harus memaksakan diri,” kata Fadia usai memenangkan pertandingan fase empat besar.

4 dari 5 halaman

Wakil Lain

Selain Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramdhanti, Indonesia juga menempatkan tiga wakil dari sektor ganda putra dan tunggal putra untuk berlaga di partai puncak Singapore Open edisi ini.

Pasangan peraih gelar juara Malaysia Masters 2022, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, terpaksa saling sikut dengan junior sekaligus rekan senegaranya Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin demi merebut podium tertinggi turnamen BWF Super 500.

Sementara itu, tunggal putra andalan Tanah Air, Anthony Sinisuka Ginting bakal bersua dengan wakil Jepang Kodai Naraoka di partai pemungkas. Tiket final diraih Ginting usai dirinya membekap jagoan tuan rumah Loh Kean Yew dengan 21–17 dan 21–14 di fase empat besar.

5 dari 5 halaman

Jadwal Lengkap dan Hasil

Berikut adalah jadwal lengkap dan hasil pertandingan penggawa Merah Putih dalam final Singapore Open 2022 yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium, Minggu (17/7/2022).

Ganda putri:

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China): 21-14, 21-17

Ganda putra:

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Tunggal putra:

Anthony Sinisuka Ginting vs Kodai Naraoka (Jepang)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.