Sukses

Hebi Marapu Vs Pipat Chaiporn: Duel Si Raja KO di Pattaya Fight Night

Duel bertajuk Pattaya Fight Night dijadwalkan akan berlangsung Jumat (8/7/2022). Dalam proses timbang badan, Hebi Marapu sempat kelebihan berat sekitar 200 gram.

Liputan6.com, Jakarta Petinju Indonesia, Hebi Marapu, siap tampil di Pattaya Fight Night, Jumat (8/7/2022). Dalam gelaran yang berlangsung di Max MuayThai Stadium nanti, Hebi yang berasal dari Sumba Barat bakal bertemu petinju tuan rumah, Pipat Chaiporn pada perebutan gelar kelas ringan (61,2 kg) WBC Asia Continental.

Duel dijadwalkan berlangsung 8 ronde. Dalam proses timbang badan, Hebi sempat kelebihan berat sekitar 200 gram. Namun setelah buang air kecil dan menjalani penimbangan ulang, berat Hebi akhirnya dinyatakan masuk oleh pengawas pertandingan dari WBC Asia, Damrong Simakajornboon.

"Berdasarkan pengalaman timbang badan pada pertandingan di Swiss, berat badan saya malah kurang. Makanya, sekarang saya jaga di sekitar batas atas dan tidak melebihi batas yang sudah ditentukan. Buktinya setelah buang air kecil, berat saya masuk,” ujar Hebi dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Dalam duel ini, Hebi bertekad melanjutkan hasil positif yang diraih pada pertandingan di Bern, Swiss, April lalu. Hebi tidak gentar meski lawan memiliki jam terbang lebih tinggi dengan rekor bertanding 47 kali menang (30 KO), 13 kali kalah, dan dua kali seri. Kehadiran penasihat teknis David Treharne selama berada di Pattaya membuat moral bertanding petinju 33 tahun itu terjaga dengan baik. 

"Saya mendapat banyak masukan dari coach David, dari sisi teknis maupun taktik. Saya akan berusaha menerapkan semuanya di atas ring nanti agar saya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik."

Ketimbang lawannya, Hebi Marapu memang terpaut rekor bertanding yang cukup jauh. Seperti dilansir dari boxrec, petinju bergaya orthodox itu sejauh ini baru tercatat 16 kali menang, 1 kali kalah. 

Meski demikian, Hebi dikenal memiliki pukulan mematikan. Dari 16 kemenangan yang diraih, 12 di antaranya diperoleh lewat knock out (KO). Yang terbaru adalah ketika Hebi bertemu petinju Italia, Nicola Cipolletta  di Stadttheater Bern, Berne, Swiss. Dalam duel ini, Hebi menang TKO ronde ketiga.   

Sepanjang kariernya, Hebi juga pernah merebut gelar lowong World Boxing Council Asian Boxing Council Silver Light Title pada tahun 2018 lalu. Dalam laga yang berlangsung di Cilandak Town Square, Cilandak, Jakarta Selatan itu, Hebi juga menang KO atas petinju Thailand, Phutthiphong Rakoon.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Partai Lainnya

Sementara itu, Jon Jon Jet juga dinyatakan laik tanding dan akan menghadapi Surat Eaim Ong dalam partai tambahan kelas bantam super. Ini merupakan pertandingan pertama Jon di bawah manajemen XBC Sportech, dan kembalinya Jon ke ring tinju profesional setelah absen lebih dari 2,5 tahun.

“Saya berterima kasih kepada manajemen XBC Sportech yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk Kembali naik ring. Semoga dengan persiapan matang di Indonesia ditambah masukan dari Coach David, saya bisa kembali ke jalur kemenangan,” ujar petinju bernama asli Yohanes Mau Fatin ini.

Terakhir kali bertanding, Jon mengalami kekalahan dari Luke Boyd dalam perebutan sabuk juara interim kelas bantam versi WBA Oceania, pada November 2019.

Gelaran Pattaya Fight Night akan mempertandingkan enam partai dengan tiga partai perebutan gelar juara. Selain perebutan sabuk juara kelas ringan WBC Asia Continental antara Hebi dan Pipat, pertandingan gelar lainnya adalah antara petinju Selandia Baru Nort Beauchamp dan Chaiwat Buatkrathok yang memperebutkan sabuk juara kelas bulu WBC Asia Continental, serta partai Emmeric Dewaele versus Thoedsak Sinam yang memperebutkan sabuk juara kelas menengah super WBA Asia.

Seluruh pertandingan ini akan disiarkan secara langsung di Vidio.com, baik lewat aplikasi maupun peramban di komputer.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan

Jadwal Lengkap Pattaya Fight Night

Super lightweight 63.5kg, 6rounds

Ilham Loeisa(Indonesia) VS Nuttanit Sungseavee(Thailand)

 

Super featherweight 58.9kg, 6rounds

Hamzah Farouk(Singapore) VS Thongthep Taeyawong(Thailand)

 

WBC Asia Featherweight Continental Championship 57.1kg, 8rounds

Nort Beauchamp(Thailand/New Zealand) VS Chaiwat Bautkrayhok(Thailand)

 

Super Bantamweight 55.2kg, 6rounds

Jon Jon Jet(Indonesia) VS Surat Eaim Ong(Thailand)

 

WBA Asia Super Middleweight Championship 76.2kg, 8 Rounds

Emmeric Deawale(France) VS Thoedsak Sinam(Thailand)

 

WBC Asia Continental Lightweight Championship 61.2kg, 8rounds

Hebi Marapu(Indonesia) VS Pipat Chaiporn(Thailand)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.