Sukses

Hasil Malaysia Masters 2022: Tekuk Wakil Tuan Rumah, Febby / Ribka Melaju ke 16 Besar

Liputan6.com, Jakarta Ganda putri Indonesia, Febby Valencia Dwijayanti Ghani/Ribka Sugiarto berhasil menyingkirkan wakil tuan rumah, Low Yeen Yuan/Valeree Siow di babak 32 besar Malaysia Masters 2022 dengan skor 21-12 dan 21-17

Berlaga di Axiata Arena, Selasa (5/7/2022), Febby/Ribka tampak solid di gim pertama. Mereka berhasil memimpin 2-0 di awal laga. Namun, perolehan poin mereka sempat dikejar Low Yeen Yuan/Valeree Siow hingga kedudukan 5-5. 

Tak pantang menyerah, Febby/Ribka pun berhasil menutup interval pertama 11-6. Setelah itu, ganda asal Indonesia ini semakin nyaman mengambil poin-poin hingga kedudukan berubah menjadi 16-10.

Permainan cepat dari Febby/Ribka sukses membuat ganda putri Indonesia ini menutup gim pertama dengan 21-12. 

Di gim kedua, pasangan Indonesia ini bermain lebih pintar dengan penempatan-penempatan bola yang sulit dijangkau pasangan Malaysia pada perolehan 6-3. Febby/Ribka juga kerap memberikan bola-bola kencang yang sulit dikembalikan oleh pasangan Malaysia dan menutup interval gim kedua dengan skor 11-8. 

Low Yeen Yuan/Valeree Siow berusaha untuk mengejar ketertinggalan, namun hal itu tidak dibiarkan begitu saja oleh pasangan Indonesia. Febby/Ribka memberikan perlawanan yang sulit dibendung pasangan Malaysia hingga skor 16-14. Pertahanan yang baik membuat Febby/Ribka berhasil memenangkan duel dengan skor akhir 21-17

2 dari 4 halaman

Vito dan Leo/Daniel Mundur

Sementara itu, Indonesia harus kehilangan 2 wakil pebulu tangkis di Malaysia Masters 2022, yakni tunggal putra, Shesar Hiren Rhustavito dan ganda putra, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. 

Vito terkena cedera betis saat melakoni perempat final Malaysia Open 2022. Sementara Leo/Daniel belum 100 persen siap usai setelah Leo dibekap cedera pinggang.

"Vito setelah diperiksa lebih lanjut memang tidak memungkinkan untuk melanjutkan pertandingan di Malaysia Masters dan Singapore Open. Dia akan fokus pemulihan agar bisa berlaga di Kejuaraan Dunia nanti," ungkap Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky pada rilis yang diterima Liputan6.com.

"Untuk Leo sudah mulai berlatih, tapi belum siap 100 persen untuk turun di sini. Leo/Daniel akan siap di Singapore Open pekan depan," sambungnya.

Rionny akan segera mengadakan diskusi dan evaluasi bersama pelatih teknik, pelatih fisik, dan tim medis menyikapi banyaknya pemain Indonesia yang mengalami cedera.

"Nanti kami harus evaluasi dulu bersama pelatih dan tim medis. Yang pasti harus ada antisipasi dan penguatan-penguatan otot untuk menghindari terjadinya cedera-cedera lain di kemudian hari," tegas Rionny."Apalagi turnamen sudah menuju normal. Sejak bulan Maret padat sekali."

3 dari 4 halaman

Hasil Pertandingan

Babak Kualifikasi

Ruselli Hartawan vs Kristin Kuuba 21-19, 19-21, 17-21

Zachariah Josiahno Sumanti/ Hediana Julimarbela VS Jan Colin Voelker/Stine Kuespert 14-21, 21-19, 21-15

Putri Kusuma Wardani vs Wen Chi Hsu 21-16, 21-16

Melani Mamahit/Tryola Nadia vs Kittipak Dubthuk/Prinda Pattanawaritthipan 21-11, 21-11. 

Babak 32 besar

Febby Valencia Dwijayanti Ghani/Ribka Sugiarto vs Low Yeen Yuan/Valeree Siow (Malaysia): 21-12, 21-17

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Lapangan 1: 

Pertandingan ke-1: Febby Valencia Dwijayanti Ghani/Ribka Sugiarto vs Low Yeen Yuan/Valeree Siow (Malaysia)

Pertandingan ke-4: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Goh Sze Fei/Nur Izzuddin (Malaysia)

 

Lapangan 2:

Pertandingan ke-5: Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Goh V Shem/Low Juan Shen (Malaysia)

Pertandingan ke-6: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Tan Kiang Meng/Tan Wee Kiong (Malaysia)

Ket: pertandingan pertama dimulai pukul 15.00 WIB

Penulis: Jesslyn Koesman