Sukses

Apriyani/Fadia Juara Malaysia Open 2022, Greysia Polii Tulis Pesan Haru

Liputan6.com, Jakarta - Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berhasil menjadi juara Malaysia Open 2022 setelah mengalahkan pasangan asal Tiongkok Zhang Shu Xian/Zheng Yu di final. 

Pada pertandingan di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu (3/7/2022), Apri/Fadia mengalahkan Zhang/Zheng melalui rubber game, 21-18, 12-21, dan 21-19 dalam tempo satu jam 11 menit. 

Melihat kemenangan ini, mantan Tandem Apriyani Rahayu, Greysia Polii menuliskan pesan haru di akun media sosial Instagram. Dia memposting ulang video dari bwf di Instagram story-nya. 

“Tidak bisa lebih bangga untuk melihat ini. Terima kasih telah melanjutkan mimpi ini, cinta kalian berdua,” tulis Greysia pada akun Instagram ditambah dengan #masihpanjangperjalanan. 

Sebagai informasi, Greysia memutuskan untuk pensiun menjadi atlet bulu tangkis sebelum final Indonesia Masters 2022. Sosok berusia 34 tahun tersebut memainkan laga eksebisi melawan pemain top dunia dari berbagai negara, mulai Jepang, Tiongkok, dan Thailand. 

2 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Sejak awal gim pertama final Malaysia Open, laga Apri/Fadia kontra Zhang/Zheng sudah berlangsung ketat. Kedua pasangan saling adu smes, drive, serta permainan di depan net.

Apri/Fadia yang sempat unggul 9-6 berbalik tertinggal 10-11 dari Zhang/Zheng. Usai interval, finalis Indonesia Masters 2022 ini kembali tampil menekan dan terus memimpin perolehan poin, mulai dari 13-11 hingga 18-15.

Zhang/Zheng sempat memperkecil skor menjadi 17-18. Namun, Apri/Fadia kembali fokus dan bermain tenang. Hingga akhirnya pengembalian servis dari Fadia tidak bisa dikembalikan Zhang/Zheng.

Pertandingan ketat kembali terjadi di gim kedua. Apri/Fadia dan Zhang/Zheng saling kejar-mengejar perolehan poin. Di interval, pasangan China itu unggul tipis 11-10.

Usai interval, Apri/Fadia tampil tertekan dan perolehan Zhang/Zheng pun melesat untuk unggul 11-15. Ganda putri Indonesia itu sangat sulit untuk dapat lepas dari tekanan hingga akhirnya menyerah di gim kedua 12-21.

Apri/Fadia mengawali gim ketiga atau penentuan dengan baik, unggul 4-1. Namun, Zhang/Zheng meraih enam poin beruntun untuk berbalik unggul 6-4.

Pertandingan pun berlangsung seru dan ketat. Setelah adu drive dan smes, Apri/Fadia unggul 11-10 di interval.

Usai pindah tempat, Zhang/Zheng terus memberi perlawanan ketat sehingga skor menjadi imbang 14-14. Tidak ingin kecolongan, Apri/Fadia mencoba kembali tenang dan fokus.

Meski terus kembali memimpin, perolehan poin Apri/Fadia terus ditempel ketat Zhang/Zheng. Hingga akhirnya smes Apri dinyatakan masuk dan pasangan Indonesia itu menang 21-19.

3 dari 4 halaman

Ganda Putra

Indonesia berpeluang untuk menambah gelar juara di Malaysia Open 2022 melalui nomor ganda putra. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan menghadapi unggulan dua asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Sejauh ini, kedua pasangan sudah empat kali bertemu dengan skor 2-2. Pada pertemuan terakhir di Thailand Open, 22 Mei lalu, Fajar/Rian harus mengakui keunggulan Takuro/Yugo.

Ketika itu pasangan Indonesia peringkat enam dunia ini harus mundur saat tertinggal 4-13 pada gim pertama. Ini disebabkan Fajar mengalami cedera.

4 dari 4 halaman

Jadwal Wakil Indonesia di Final Malaysia Open 2022

Pertandingan ke-2: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Zhang Shu Xian/Zheng Yu 

Pertandingan ke-5: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Takura Hoki/Yugo Kobayashi

Ket: pertandingan dimulai pukul 12.00 WIB

 

Penulis: Jesslyn Koesman