Sukses

Hasil Malaysia Open 2022: Luar Biasa, Apri/Fadia Rebut Gelar Juara

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti meraih gelar juara Malaysia Open 2022. Ganda putri Indonesia itu mengalahkan Zhang Shu Xian/Zheng Yu dari China.

Berlaga di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu (3/7) siang WIB, Apri/Fadia mengalahkan Zhang/Zheng melalui rubber game, Pasangan yang baru diduetkan tahun ini memenangkan partai final Malaysia Open dengan 21-18, 12-21, dan 21-19 selama 1 jam 11 menit.

Ini merupakan turnamen bulu tangkis level BWF World Tour Super 750 yang dimenangkan Apri/Fadia. Pasangan ini sebelumnya meraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam dan menjadi finalis Indonesia Masters 2022.

Sejak awal gim pertama, laga Apri/Fadia kontra Zhang/Zheng sudah berlangsung ketat. Kedua pasangan saling adu smes, drive, serta permainan di depan net.

Apri/Fadia yang sempat unggul 9-6 berbalik tertinggal 10-11 dari Zhang/Zheng. Usai interval, finalis Indonesia Masters 2022 ini kembali tampil menekan dan terus memimpin perolehan poin, mulai dari 13-11 hingga 18-15.

Zhang/Zheng sempat memperkecil skor menjadi 17-18. Namun, Apri/Fadia kembali fokus dan bermain tenang. Hingga akhirnya pengembalian servis dari Fadia tidak bisa dikembalikan Zhang/Zheng.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Gim kedua dan ketiga

Pertandingan ketat kembali terjadi di gim kedua. Apri/Fadia dan Zhang/Zheng saling kejar-mengejar perolehan poin. Di interval, pasangan China itu unggul tipis 11-10.

Usai interval, Apri/Fadia tampil tertekan dan perolehan Zhang/Zheng pun melesat untuk unggul 11-15. Ganda putri Indonesia itu sangat sulit untuk dapat lepas dari tekanan hingga akhirnya menyerah di gim kedua 12-21.

Apri/Fadia mengawali gim ketiga atau penentuan dengan baik, unggul 4-1. Namun, Zhang/Zheng meraih enam poin beruntun untuk berbalik unggul 6-4.

Pertandingan pun berlangsung seru dan ketat. Setelah adu drive dan smes, Apri/Fadia unggul 11-10 di interval.

Usai pindah tempat, Zhang/Zheng terus memberi perlawanan ketat sehingga skor menjadi imbang 14-14. Tidak ingin kecolongan, Apri/Fadia mencoba kembali tenang dan fokus.

Meski terus kembali memimpin, perolehan poin Apri/Fadia terus ditempel ketat Zhang/Zheng. Hingga akhirnya smes Apri dinyatakan masuk dan pasangan Indonesia itu menang 21-19.

 

3 dari 3 halaman

Ganda putra

Indonesia berpeluang untuk menambah gelar juara di Malaysia Open 2022 melalui nomor ganda putra. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan menghadapi unggulan dua asal Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Sejauh ini, kedua pasangan sudah empat kali bertemu dengan skor 2-2. Pada pertemuan terakhir di Thailand Open, 22 Mei lalu, Fajar/Rian harus mengakui keunggulan Takuro/Yugo.

Ketika itu pasangan Indonesia peringkat enam dunia ini harus mundur saat tertinggal 4-13 pada gim pertama. Ini disebabkan Fajar mengalami cedera.