Sukses

Kiper Manchester United dan Leicester City Jadi Pemegang Rekor Clean Sheet Terbanyak di Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah team sepakbola pasti ada sosok penjaga gawang yang harus menjaga timnya dari kebobolan. Sama dengan halnya gelar top skor, gelar penjaga gawang terbaik biasanya ditentukan dari rekor clean sheet terbanyak dalam satu gelaran Piala Dunia.

Siapakah kiper yang memiliki rekor tersebut? Apakah penjaga gawang timnas Spanyol sekaligus legenda Real Madrid, Iker Casillas? Jawabannya ternyata bukan Sang Iker julukan dari Iker Casillas. Rekor clean sheet kebobolan pastinya diraih oleh kiper terbaik dunia. Salah dua kiper terbaik dunia itu adalah legenda Manchester UnitedFabien Barthez dan Peter Shilton.

Mereka berdua sanggup mencatatkan clean sheet terbanyak dari kiper-kiper lainnya di sepanjang sejarah Piala Dunia. Kedua penjaga gawang ini memiliki catatan 10 pertandingan tidak kebobolan dalam karier final Piala Dunia mereka.

Akankah rekor ini pecah di Qatar? Sulit bukan berarti tidak mungkin. Pemegang jumlah clean sheet terdekat yang masih aktif bermain adalah Manuel Neuer dengan tujuh clean sheet.

Jika, timnas Jerman mampu berbicara banyak dan para pemain bertahan Der Panzer mampu membantu gawang Neuer tidak kebobolan, peluang sang kiper untuk menyamai atau bahkan melewati rekor Shilton dan Barthez cukup terbuka.

Piala Dunia Qatar akan dihelat pada 21 November sampai 18 Desember 2022. Kita masih harus menunggu menantikan rekor-rekor baru tercipta di Piala Dunia pertama yang dilaksanakan di Qatar nantinya.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Peter Shilton

Peter Shilton merupakan nama yang menjadi penjaga gawang paling tangguh selama Piala Dunia saat ini. Penjaga gawang Leicester City tahun 1966-1974 ini merupakan kiper andalan timnas Inggris di era tahun 1980an. Bersama The Three Lions, Peter Shilton pernah ikut Piala Dunia edisi 1982, 1986 dan 1990.

Sama seperti Fabien Barthez, ia juga mampu menorehkan sejarah dengan mencatat clean sheet sebanyak 10 kali dalam 3 edisi Piala Dunia yang dia lakoni.

 Peter Leslie Shilton, demikian nama lengkapnya, lahir 18 September 1949. Kariernya selama 30 tahun termasuk bermain di 11 klub dan dia memiliki jumlah bermain lebih dari 1.000 pertandingan liga, termasuk lebih dari 100 kali untuk masing-masing dari lima klub berbeda.

Shilton memenangkan banyak penghargaan, termasuk dua Piala Eropa, Piala Super UEFA, Liga Inggris Divisi Pertama, dan Piala Liga.

Shilton mewakili Inggris di Piala Dunia FIFA pada tahun 1982, 1986 (di mana Diego Maradona mencetak dua gol terkenal melawan dia) dan 1990 serta Piala Eropa pada tahun 1980 dan 1988.

Dia memegang rekor sepanjang masa untuk penampilan paling kompetitif di dunia sepak bola dengan 1.390 penampilan. Dengan 125 caps, Shilton juga merupakan pemain dengan caps terbanyak di tim nasional Inggris.

 

3 dari 4 halaman

Fabien Barthez

 

Fabian Barthez sudah tampil setidaknya dalam 3 gelaran Piala Dunia di edisi 1998, 2002 dan 2006. Dia mampu mengantarkan timnas Prancis menjadi kampiun di Piala Dunia 1998.

Tak hanya itu, ia juga pernah antarkan Les Blues menuju partai final Piala Dunia 2006. Hal yang menjadi sorotan adalah Fabien Barthez mampu catatkan 10 kali clean Sheet dalam 10 kali sepanjang Piala Dunia yang dia ikuti.

Fabien Alain Barthez lahir 28 Juni 1971. Di level klub, ia bermain sepak bola di Prancis dan Inggris bersama Toulouse, Marseille, AS Monaco, Manchester United, dan Nantes.

Dijuluki Le Divin Chauve ("The Divine Bald One"), karena ciri khas kepalanya yang plontos, Barthez adalah pemain Prancis yang paling banyak tampil di Piala Dunia FIFA, dengan 17 penampilan di final dan berbagi rekor clean sheet final Piala Dunia terbanyak bersama Peter Shilton, sepuluh kali.

Di level klub, ia memenangkan Liga Champions UEFA bersama Olympique Marseille pada tahun 1993 serta beberapa gelar Ligue 1 dan Liga Premier. Setelah pensiun dari sepak bola pada tahun 2007, Barthez memulai karier di motorsport pada tahun 2008.

4 dari 4 halaman

Emtek Grup Manjakan Pecinta Bola

SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Grup yang memegang hak siar Piala Dunia 2022 bakal memanjakan pecinta bola di Indonesia dengan berbagai tayangan seru selama perhelatan ajang empat tahunan tersebut di Qatar. Berbagai program sudah disiapkan.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan O Channel. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

Selain menghadirkan tayangan langsung laga Piala Dunia 2022, SCM juga akan menyajikan beberapa ulasan berita seputar gelaran empat tahunan ini.