Sukses

Stok Sayap Berlimpah, Barcelona Enggan Pertahankan Dani Alves

Liputan6.com, Jakarta Barcelona tengah bersiap kehilangan Dani Alves. Pemain asal Brasil itu kemungkinan tidak akan memperkuat Blaugrana mulai musim depan. Kontraknya tidak akan diperpanjang manajemen. 

Jurnalis olahraga ternama asal Italia, Fabrizio Romano, menyanpaikan hal ini lewat akun Twitter-nya. Mengutip laporan dari Sport, Romano menyampaikan kalau Alves bakal angkat kaki dari Camp Nou. 

"Barcelona tidak akan mengajukan tawaran perpanjangan kontrak, menurut @Sport ini merupakan rencana awalnya. Kontrak Dani akan berakhir pada Juni ini. Kemungkinan-kemungkinan masih dibicarakan secara internal. Dani Alves pun bersiap meninggalkan Barca musim panas ini," tulisnya. 

Hal ini juga sekaligus mengakhiri spekulasi mengenai kemungkinan klub mempertimbangkan tambahan kontrak setahun lagi bagi mantan pemain Juventus itu. Seperti dilansir dari AS, pelatih Barcelona, Xavi Hernandez sudah menghubungi Dani Alves untuk membicarakan keputusan ini pada Rabu (15/6/2022).

Pertimbangan utama yang disampaikan Xavi adalah mengenai jam terbangnya yang lebih sedikit mengingat semakin ketatnya persaingan pada posisi sayap kanan Barcelona. Seperti diketahui, posisi ini bakal cukup padat mengingat Barcelona masih memiliki Sergi Roberto dan Sergiño Dest. Barca juga tengah berusaha untuk mendatangkan satu pemain lagi, yakni César Azpilicueta dari Chelsea.   

Kondisi ini menurut Xavi bakal mempengaruhi persiapan Alves dalam menghadapi Piala Dunia 2022.  Xavi pun berterimakasih atas upaya dan kerja keras Alves selama enam bulan terakhir di Barcelona. Dia berharap, Alves mampu menemukan tim yang memberinya kesempatan bermain lebih banyak. 

Alves pun telah merespons laporan ini dengan menyampaikan ucapan selamat tinggal lewat Instagram.

"Sekarang waktu perpisahan kita telah tiba. Sudah lebih dari 8 tahun didedikasikan untuk warna dan rumah itu… tetapi seperti segala sesuatu dalam hidup, tahun-tahun berlalu, jalan terpisah dan cerita ditulis dari tempat yang berbeda – dan begitulah adanya," tulis Dani Alves pada akun resminya. 

"Mereka mencoba menyingkirkan saya tetapi mereka tidak bisa, yah, Anda tidak dapat membayangkan, atau mungkin Anda bisa, betapa tangguh dan tangguhnya saya,” tulis Dani Alves.

 

 

2 dari 4 halaman

Usia Bukan Hambatan

Dani Alves gabung Barcelona pada November tahun lalu dan baru bisa main pada Januari. Sebelumnya, Alves pernah memperkuat Barca sejak 2008 hingga 2016. Dia kemudian kembali ke Camp Nou tahun lalu dan pemain yang sudah berusia 38 tahun itu hanya tampil 14 kali dan mencetak satu gol.

Awalnya, Barcelona hanya berniat mengontrak Alves selama enam bulan. Namun melihat kemampuannya di lapangan, sempat muncul kabar Barca ingin mempertahankannya hingga 2024. 

Melihat Alves yang sudah berumur, rencana ini tentu saja mengejutkan. Hanya saja, Barcelona dikabarkan sangat puas dengan penampilan Alves sebagai bek kanan. Bermain di posisi yang melelahkan, Alves mampu memenuhi standar yang diminta sang pelatih Xavi Hernandez.

Xavi pun tak menempatkan Alves seperti dulu. Dia lebih ditempatkan di tengah bersama Sergio Busquets karena tugas di sayap kini banyak diberikan kepada Adama Traore.

(Selengkapnya bisa Anda baca di sini).

3 dari 4 halaman

Rebutan Klub Lain

Selain bakal kehilangan Dani Alves, Barcelona juga berpotensi ditinggal beberapa pemain penting lainnya. Salah satunya adalah gelandang Frenkie de Jong yang menjadi incaran klub elite seperti MU.

Sejak kedatangan Erik ten Hag sebagai manajer baru, Manchester United telah dihubungkan dengan Frenkie de Jong. Ahli taktik asal Belanda itu ingin reuni dengan mantan anak asuhnya di Ajax tersebut.

Tapi, ada laporan yang saling bertentangan, apakah Frenkie de Jong ingin pindah ke Old Trafford? Atau apakah Barcelona akan siap untuk menguangkan pemain timnas Belanda itu?

Baru-baru ini, De Jong dan Barcelona lebih terbuka untuk merekayasa transfer yang bakal membuat pemain berusia 25 tahun itu pindah ke juara Liga Inggris 20 kali tersebut. 

 

4 dari 4 halaman

Ajukan Tawaran Fantastis

Menurut Sports, klub Catalan bersedia untuk melepas bintangnya itu dengan harga 70 juta pound atau sekitar Rp 1,2 triliun. Harga itu lebih daripada 85 juta pound termasuk add-on yang sebelumnya telah diminta raksasa Spanyol tersebut.

Laporan itu juga mengklaim Barcelona tidak bersedia melepas De Jong di harga 60 juta pounds. Sebab, pejabat klub ingin memastikan bahwa kerugian tidak dicatat dalam pembukuan mereka.

Dugaan Barcelona menurunkan harga De Jong usai MU dikabarkan kemungkinan bakal mengakhiri minatnya. Itu jika Barcelona tidak bersedia memangkas harga mantan pemain Ajax tersebut.

(Selengkapnya klik tautan ini)