Sukses

Sukses di Jakarta, Perbasi Lanjutkan Kompetisi 3x3 di Jabar

Guna menjaring bakat baru di basket 3x3, kompetisi usia dini akan berlanjut di Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi bola basket 3x3 kembali menggeliat. Setelah suksesnya di Jakarta, ajang 3x3 usia dini akan berlanjut di Jawa Barat pada pertengahan Juni 2022.

Rencananya babak penyisihan kota (City Selection) seri Jabar ini akan digelar di kota Bogor pada tanggal 18 Juni dan kota Bandung pada tanggal 22 Juni 2022. Selanjutnya setelah babak penyisihan, format kompetisi ini akan berlanjut ke tahap Final kota (City Finals) dan Final Propinsi (Province Finals), yang akan diselenggarakan di GOR Saparua, Bandung pada tanggal 25-26 Juni 2022.

Turnamen 3x3 ini bertajuk “Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022” hasil kerjasama Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) bekerjasama dengan Supersport Sensation International (SSS) dan Bank Mandiri.

Seri Jabar menjadi seri kedua Livin 3x3. Sebelumnya pada Maret 2022, kompetisi ini sukses dilaksanakan di Jakarta. Format masih sama dengan mempertandingkan empat kategori yakni pelajar putra-putri dan U-23 putra-putri.

Diharapkan Livin 3x3 seri Jabar ini bisa melahirkan talenta berbakat. Seri Jakarta sudah sukses dimana beberapa peserta ada yang dipanggil timnas 3x3 Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas

Seluruh peserta kegiatan ini akan terdaftar di FIBA 3x3 play, dan akan memperoleh poin ranking sesuai dengan prestasi yang dicapai dalam turnamen ini. 

"Kami di Perbasi bahagia turnamen ini bisa berlanjut di Jabar. Ini sesuatu yang baik. Kemanapun bergulir akan kita pantau turnamen ini. Sebelumnya pada seri Jakarta ada yang masik timnas dari turnamen ini," kata Waketum Perbasi George Fernando Dendeng. 

 

3 dari 3 halaman

Hadiah

Turnamen Livin 3x3 ini dapat diikuti berbagai kalangan karena biaya pendaftaran cuma Rp 100 ribu sehingga tidak akan memberatkan pelajar. Adapun hadiah turnamen mencapai Rp 50 juta.

Bahkan bagi tim-tim yang mampu lolos ke tahap City Final, akan diberikan alokasi dana transport ke Bandung sejumlah empat ratus ribu rupiah. Selanjutnya untuk juara 1 & 2 dari setiap propinsi akan otomatis lolos ke tahap Grand Finale yang akan digelar pada bulan Desember 2022.

Pelatih timnas basket 3x3 Indonesia Ali Budimansyah menyambut baik turnamen Livin 3x3. Dia berharap talenta baru bisa lahirnya dari turnamen usia dini ini. 

"Buat saya senang banget ada event ini. Sebagai pelaku pelatih berharap ajang ini bisa membaur ke seluruh indonesia. Dengan adanya Covid-19 3x3 vakum 2 tahun. Kompetisi seperti ini penting untuk pembinaan. Dengan event ini diharapkan regenerasi bisa berjalan," ujar Ali Budimansyah.

Turnamen Livin 3x3 ini rencananya sudah bisa dihadiri penonton mengingat pandemi virus corona Covid-19 berangsur menurun.

"Alhamdulillah dengan turunnya level PPKM di Indonesia, nanti kami bisa menghadirkan penonton dan supporter untuk acara ini, namun tentunya kami akan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi peserta, panitia dan juga para pengunjung," direktur SSS Azwan Karim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.