Sukses

Persis Tampil di Piala Presiden 2022, Kaesang Pangarep Serba Salah di Hadapan Suporter

Persis Solo menjadi salah satu tuan rumah dalam perhelatan Piala Presiden 2022. Di grup ini, Persis bakal bersaing dengan PSIS Semarang, PSS Sleman, Persita Tangerang, dan Dewa United.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama Persis Solo, Kaesang Pangarep, menghadapi dilema pada Piala Presiden 2022. Sebab apapun hasil yang diraih pasukannya pada turnamen ini, Kaesang mengaku berada dalam posisi yang serba salah.

Persis Solo seperti diketahui menjadi salah satu tuan rumah dalam perhelatan Piala Presiden 2022. Di grup ini, Persis bakal bersaing dengan PSIS Semarang, PSS Sleman, Persita Tangerang, dan Dewa United.

Kaesang pada acara peluncuran Piala Presiden di SCTV Tower, Senayan, Senin (6/6/2022), mengatakan, timnya selalu serius dalam menghadapi setiap kompetisi. Hanya saja, statusnya sebagai putra Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membuat langkah Persis pada turnamen ini bakal jadi sorotan suporter.

"Kalau kami setiap kompetisi pasti serius. Cuma saya kepikiran kalau Persis Solo juara Piala Presiden, suporter-suporter lain pada marah. 'Wah anak pak lurah menang sendiri nih pialanya'. Tapi, kalau nanti saya kalah, suporter Persis juga marah," ujar Kaesang menanggapi ringan mengenai persiapan timnya.

Piala Presiden pertama kali bergulir 2015 lalu. Turnamen pramusim ini awalnya digelar untuk mengisi kompetisi sepak bola Indonesia yang kosong setelah FIFA menjatuhkan sanksi kepada PSSI. Dua tahun terakhir, Piala Presiden juga sempat vakum akibat pandemi virus Covid-19 yang melanda dunia.

Selain Persis, tiga tim lain juga ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Presiden 2022, yakni Arema Malang, Persib Bandung, dan Borneo FC. Pertandingan akan berlangsung mulai 11 Juni hingga 17 Juli 2022. Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, Piala Presiden 2022 hanya diikuti oleh tim-tim yang berlaga di BRI Liga 1 2022/23.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berikan yang Terbaik

Persis sendiri baru saja promosi ke Liga 1. Musim lalu, tim berjuluk Laskar Samber Nyawa itu berhasil keluar sebagai juara kompetisi Liga 2 usai mengalahkan Rans Cilegon 2-1 di babak final, 30 Desember 2021.

Menghadapi Piala Presiden 2022, Persis kembali siap memberikan yang terbaik. "Ya udah, pokoknya jalani saja, kami kasih 100 persen," ujar putra bungsu Presiden Jokow Widodo itu menambahkan.

Berikut adalah daftar pembagian grup Piala Presiden 2022:

Grup A (Solo): Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United, Persita Tangerang, PSS Sleman

Grup B (Samarinda): Borneo FC, Barito Putera, Persija Jakarta, RANS Cilegon FC, Madura United

Grup C (Bandung): Persib Bandung, Bhayangkara FC, Bali United, Persebaya Surabaya

Grup D (Malang): Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, Persik Kediri

 

3 dari 4 halaman

Siaran Langsung Indosiar

Sementara itu Direktur Programming SCM, Harsiwi Achmad, mengatakan, sebanyak 42 pertandingan Piala Presiden 2022 bakal disiarkan langsung melalui stasiun televisi Indosiar dan live streaming di Vidio.

"Setiap hari akan ada 2 kick off, pertama pukul 16.00 WIB dan kedua 20.30 WIB," ujar Harsiwi.

"Seluruhnya akan disiarkan secara langsung di Indosiar dan Live Streaming Vidio. Dan bagi yang tidak sempat, tayangan ulang bisa disaksikan di O Channe juga," kata Harsiwi menambahkan.  

Indosiar bukan kali ini saja menjadi pemegang hak siar Piala Presiden. Sejak Piala Presiden pertama yang berlangsung 2015 lalu, stasiun televisi di bawah Emtek Group ini juga sudah ikut berpartisipasi. 

"Indosiar memang sangat men-support acara ini. Emtek melalui Indosiar sudah sejak awal menyiarkan Piala Presiden. Setiap edisi tidak mengecewakan, selalu banyak yang menonton," kata Harsiwi.

4 dari 4 halaman

Pemenang Piala Presiden dari Masa ke Masa

Tahun-Lokasi Final-Juara-Skor-Runner Up-Nama Venue

2015 Jakarta Persib 2–0 Sriwijaya FC Stadion Utama Gelora Bung Karno

2017 Bogor, Jawa Barat Arema FC 5–1 Pusamania Borneo F.C. Stadion Pakansari

2018 Jakarta Persija Jakarta 3–0 Bali United F.C. Stadion Utama Gelora Bung Karno

2019 Surabaya-Malang Arema FC 4–2 agg. Persebaya Surabaya Stadion Gelora Bung Tomo-Stadion Kanjuruhan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.