Sukses

Sudah Tiba di Indonesia, Ini Kata Calon Pemain Naturalisasi Shayne Pattynama

Sebagai bagian dari proses naturalisasi, setiap pemain yang direkomendasi untuk memperoleh status Warga Negara Indonesia (WNI), termasuk Shayne Pattynama harus menjalani serangkaian agenda resmi yang dijadwalkan.

Liputan6.com, Jakarta Shayne Pattynama berharap proses naturalisasinya menjadi warga negara Indonesia berjalan mulus. Pemain asal Belanda itu mengaku senang akhirnya bisa datang ke Indonesia di tengah jadwal klub yang padat.

Shayne Pattynama mendarat di Jakarta pada Senin (30/5) siang. Shayne merupakan satu dari sederet  pemain keturunan Indonesia lainnya yang diproyeksi akan menjalani proses naturalisasi di Indonesia.

“Terimakasih Ketua Umum PSSI, akhirnya bisa datang ke sini di tengah musim yang sibuk bersama tim saya. Semoga kita bisa menyelesaikan semua persyaratan yang dibutuhkan sehingga saya bisa bermain dengan timnas ke depannya” ujar Shayne seperti dilansir dari situs resmi PSSI, Selasa (31/5/2022).

Sebagai bagian dari proses naturalisasi, setiap pemain yang direkomendasi untuk memperoleh status Warga Negara Indonesia (WNI) harus menjalani serangkaian agenda resmi yang dijadwalkan.

“Alhamdulillah Shayne sudah tiba di Indonesia dan akan menjalani agenda-agenda wajib di Jakarta. Perwakilan PSSI sudah menjemput dan tentu akan mengawal proses ini sampai selesai. Semua pemain sudah berkomitmen untuk menyelesaikan proses ini. Mereka akan mengikuti langkah-langkah yang sudah ditetapkan” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Selama di Indonesia, Shayne akan menjalani serangkaian agenda terkait proses naturalisasinya. Di antaranya kunjungan ke perwakilan kedutaan besar Belanda di Indonesia untuk mendapatkan surat keterangan resmi, wawancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara (BIN) serta tes kesehatan. Proses ini sebelumnya juga telah dijalani oleh dua pemain calon naturalisasi yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Setelah resmi menjadi WNI, ketiganya bakal diproyeksikan masuk menjadi pemain timnas Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berlatih Bersama Timnas

Seperti diketahui saat ini terdapat tiga pemain keturunan Indonesia yang sedang menjalani proses naturalisasi yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, dan terakhir Shayne Pattynama. Jordi dan Sandy sudah lebih terlebih dahulu tiba di Indonesia dan menyelesaikan proses mereka pada 20 Mei lalu.

Sambil menunggu proses naturalisasi rampung, keduanya bahkan sudah ikut berlatih dengan skuat timnas Indonesia sebelum gelaran FIFA A Match yang akan berlangsung pekan ini di Bandung, Jawa Barat.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Bangladesh pada laga uji coba di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Rabu (1/6/2022). Duel ini sekaligus menjadi bagian dari persiapan timnas Indonesia tampil pada Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Timnas Kuwait, pada 8 Juni mendatang.

3 dari 4 halaman

Siapa Shayne Pattynama?

Sementara itu, Shayne Pattynama merupakan pemain muda dengan sejumlah prestasi. Dia mengawali karier sepak bolanya ketika bergabung ke sekolah sepak bola Lelysta67. Setelah itu, bakatnya pun terpantau oleh pemandu bakat klub sepak bola Ajax Amsterdam.

Shayne kemudian bergabung dengan tim muda Ajax selama 3 tahun. Namun, saat bersama tim muda Ajax Amsterdam, Shayne kurang berkembang. Dia lantas pindah ke tim mudah klub Eredivisie, FC Utrech.

Sayangnya, dia juga tidak mendapatkan kesempatan untuk dipromosikan ke tim senior sampai akhirnya dia memutuskan untuk hijrah ke Telstar yang ketika itu bermain di Liga 2 Belanda.

Shayne Pattynama mencatatkan hasil yang baik saat memperkuat Telstar. Dia berhasil tampil 45 pertandingan dan berhasil mencetak 5 gol untuk timnya.

Dengan penampilannya yang gemilang, Telstar kemudian mengoperkan Shayne ke klub Norwegia, FK Viking. Menurut data dari laman Transfermarker, nilai Shayne Pattynama saat pindah ke FK Viking mencapai Rp5,6 miliar.

Dikutip dari laman Transfermarker, Shayne dipercaya bermain sebanyak 9 kali dengan durasi waktu 543 menit. Dia menempati posisi bek kiri.

 

4 dari 4 halaman

Profil Pattynama

Nama Lengkap: Shayne Pattynama

Tempat/Tanggal Lahir: Lelystad, Belanda, 11 Agustus 1998

Usia: 23 Tahun

Posisi: Bek Kiri

Klub Saat ini: FK Viking

Kompetisi: Eliterserien (Divisi Utama Norwegia)

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Shayne Pattynama adalah seorang pemain sepak bola profesional yang bermain untuk klub Viking FK. Shayne memiliki darah Indonesia dari ayah.
    Shayne Pattynama adalah seorang pemain sepak bola profesional yang bermain untuk klub Viking FK. Shayne memiliki darah Indonesia dari ayah.

    Shayne Pattynama

  • PSSI