Sukses

Bawa Real Madrid Juara Liga Champions dan Bikin Liverpool Frustrasi, Thibaut Courtois Banjir Pujian

Liputan6.com, Paris - Kiper Real Madrid Thibaut Courtois bermain luar biasa saat menghadapi Liverpool pada final Liga Champions di Stadion Stade de France, Prancis, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB. Pemain asal Belgia itu membuat sejumlah penyelamatan penting.

Penyerang sayap Liverpool Mohamed Salah menjadi pemain pertama yang menguji Thibaut Courtois pada pertandingan itu. Sadio Mane kemudian melepaskan tendangan yang bisa dihentikan dan digagalkan oleh pemain berusia 30 tahun itu.

Setelah itu, giliran sundulan Salah yang meneruskan umpan silang Tren Alexander-Arnold diamankan mantan kiper Chelsea itu. Sebelum jeda, Real Madrid sempat mencetak gol melalui Karim Benzema. Namun, kemudian dianulir wasit setelah meminta bantuan VAR dan menyatakan striker asal Prancis itu dalam posisi offside.

Real Madrid akhirnya mencetak gol pada menit ke-59 setelah Vinicius Junior yang tidak terkawal menuntaskan umpan silang Federico Valverde. Tertinggal satu gol, Manajer Liverpool merespons dengan sejumlah perubahan.

Diogo Jota masuk menggantikan Luis Diaz. Setelah itu, Naby Keita dan Roberto Firmino juga dimainkan. Tetapi, Liverpool belum juga bisa mencetak gol penyeimbang.

Bahkan, Courtois kembali menghasilkan penyelamatan gemilang jelang akhir pertandingan dengan menghalau tembakan Salah menggunakan tangan kanan. Dia pun memastikan Real Madrid mempertahankan keunggulan hingga laga usai.

Hasil ini membuat Real Madrid memenangkan trofi Liga Champions untuk kali ke-14. Pencapaian itu membuat raksasa Spanyol ini menjadi pemenang trofi terbanyak kompetisi elite Eropa itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pujian untuk Courtois

Setelah sukses membuat permain Liverpool frustasi, kiper Real Madrid Thibaut Courtois menuai banyak pujian usai pertandingan final Liga Champions di Twitter. Berikut beberapa pujian itu yang dikutip dari Sportskeeda.

"Benzema telah menjadi pembicaraan di Liga Champions tetapi MVP yang sebenarnya mungkin adalah Thibaut Courtois .. #UCL. Liver gila. GK (kiper) terbaik di dunia saat ini," kata pemilik akun @herculezg.

"Thibaut Courtois, pewaris penuh Iker Casillas," kicau akun @Okwonga. "Thibaut Courtois akan menjadi terhina jika dia tidak meraih bola emas. Tak ada pemain yang memberi dampak lebih pada permainan seperti apa yang dia lakukan," ucap akun @aliali574.

"Tidak percaya saya menunggu sepanjang minggu untuk #LIVRMA ini. Saya mengharapkan banyak gol, setidaknya sebuah thriller. Tidak ada yang menarik dari game ini," kicau akun @themadrumbler.

 

3 dari 3 halaman

Carlo Ancelotti

Selain mengantarkan Real Madrid juara, Carlo Ancelotti juga mencetak sejarah. Ahli strategi asal Italia tersebut sekarang menjadi pelatih pertama yang memenangkan trofi Liga Champions pada empat kesempatan terpisah.

Ancelotti mengantarkan AC Milan juara Liga Champions pada 2002-2003 dan 2006-2007. Pria berusia 62 tahun itu kemudian mengangkat trofi Liga Champions 2013-2014 pada periode pertamanya melatih Real Madrid lewat kemenangan 4-1 atas Atletico Madrid di final.

Setelah delapan tahun, Ancelotti kembali membawa Real Madrid merebut trofi bergengsi tersebut. Sebelum laga final, Ancelotti sejajar Bob Paisley dan Zinedine Zidane sebagai pelatih dengan tiga trofi Liga Champions.