Sukses

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Raih Emas Sea Games 2021, Ini Rahasianya

Liputan6.com, Jakarta - Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti naik podium tertinggi di cabang olahraga bulu tangkis SEA Games 2021 Vietnam. Ganda putri Indonesia itu menyabet medali emas di nomor perorangan.

Apriyani/Fadia mengandaskan pasangan Thailand Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard pada laga final SEA Games 2021. Pasanganini menang 21-17 dan 21-14 di Bac Giang Gymnasium, Minggu (22/5/2022).

"Mengucap syukur kepada Allah SWT, kita diberikan kemenangan, diberikan juara tanpa ada cedera," kata Apri usai pertandingan seperti dikutip dari rilis PBSI. Terima kasih untuk semua doa rakyat Indonesia untuk kita."

Apriyani menungkapkan dirinya dan Fadia berlaga di SEA Games tanpa target. Maklum, mereka baru dipasangkan setelah Apriyani tidak lagi bertandem lagi dengan Greysia Polii.

"Kita di sini mau menyatukan hati, mau menyatukan pola permainan. Tanpa target apapun," ucap peraih medali emas bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 itu bersama Greysia.

"Kita sama-sama belajar, bagaimana berkomunikasi, bagaimana bermain di lapangan. Kita sama-sama mau menaikkan level kita," lanjut Apriyani.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kunci sukses

Apriyani kemudian mengungkapkan salah satu kunci sukses dia dan Fadia menjadi juara di turnamen pertama ini adalah selalu mengeluarkan aura positif. Hal ini juga yang membuatnya bersama Greysia Polii sukses meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

"Saya selalu bilang ke Fadia, kita harus terus mengeluarkan aura positif di luar lapangan sehingga bisa masuk ke dalam lapangan. Itu juga yang saya lakukan di Olimpiade lalu. Semangat itu yang saya bawa ke Fadia," tutur Apriyani.

Sementara itu, Fadia merasa Apriyani selalu memberikan dukungan penuh baginya. Pebulu tangkis berusia 21 tahun itu menganggap tandemnya tersebut sangat mempercayainya.

"Pertama-tama grogi pasti ada pasangan sama kak Apri, tapi balik ke diri sendiri bahwa saya bisa, percaya diri. Kak Apri juga selalu yakinkan saya, itu yang buat saya yakin," kata Fadia.

3 dari 3 halaman

Ganda putra

Selain Apriyani/Fadia, Indonesia juga meraih medali emas dari nomor ganda putra perseorangan. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mengalahkan rekan senegara, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di laga final dengan skor 21-17 dan 21-19.

"Puji Tuhan kita bisa juara di sini. Emas ini saya persembahkan untuk Mama saya yang dari kemarin menanti saya juara," ucap Daniel.

"Alhamdulillah sudah dikasih podium tertinggi di SEA Games. Ini untuk seluruh pendukung dan seluruh masyarakat Indonesia. Terus ini juga buat Mama saya yang tahun kemarin sudah tidak ada," sambung Leo.

Kemenangan Leo/Daniel ini menasbihkan dominasi ganda putra pelapis dalam perolehan gelar bergengsi.