Sukses

Rombak Skuad MU, Erik ten Hag Bakal Lepas 10 Pemain

Liputan6.com, Jakarta - Manajer baru Manchester United (MU) Erik ten Hag bakal membuat perombakan besar-besaran pada Setan Merah. Manajer asal Belanda itu kabarnya siap memangkas skuad dengan melepas 10 pemain pada musim panas.

Seperti yang telah diketahui, Ten Hag resmi ditunjuk sebagai juru taktik anyar di Old Trafford pada April lalu. Pelatih berusia 52 tahun ini menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun, yang akan membuatnya bertanggung jawab atas Setan Merah hingga 2025.

Menurut laporan Metro, Ten Hag sudah mulai bekerja di MU. Ia memang bertekad meletakkan fokusnya pada David de Gea dan kawan-kawan, usai mengantar Ajax keluar sebagai kampiun Eredivisie musim ini.

Kendati demikian, Ten Hag masih akan menetap di London sampai ia menyaksikan laga pemungkas Liga Inggris antara MU melawan Crystal Palace. Manajer berkepala plontos itu baru akan menemui skuad dan mengawali masa jabatannya di Old Trafford pada Senin mendatang.

Kedatangan Ten Hag tak pelak bakal mengakibatkan perubahan signifikan dalam tubuh MU. Mantan pelatih Utrecht kabarnya sedang bersiap melakukan bongkar pasang pemain dengan melepas sepuluh penggawa tim utama pada musim panas.

Dean Henderson merupakan salah satu nama yang digadang-gadang bakal hengkang dari Setan Merah. Penjaga gawang asal Inggris ini dikaitkan dengan Newcastle United, setelah ia gagal menggeser posisi David de Gea di Old Trafford.

Melansir laporan Mirror, MU mematok harga sekitar 40 juta poundsterling untuk klub yang menginginkan jasa Henderson. Hal yang sama juga berlaku bagi Aaron Wan-Bissaka. Pemain tersebut bakal dilepas setelah menjalani musim yang mengecewakan bersama MU.

2 dari 3 halaman

Pemain Lain

Selain dua nama di atas, pemenang Piala Dunia 2018 Paul Pogba juga bakal angkat kaki dari Old Trafford pada akhir musim. Pesepak bola yang pergi dengan status bebas transfer itu kabarnya telah menarik minat raksasa Paris Saint-Germain (PSG) dan Juventus.

Adapun Jesse Lingard diprediksi akan kembali ke West Ham. Kepindahan tersebut kemungkinan bakal menjadi situasi yang tak asing bagi sang pemain. Pasalnya, ia sempat menjalani masa pinjaman bersama The Hammers musim lalu.

Sejumlah klub Eropa juga dilaporkan tertarik menyewa jasa Lingard. Pemuncak klasemen sementara Serie A musim ini–AC Milan–merupakan salah satu klub yang menaruh hati pada pemain berusia 29 tahun tersebut.

Selanjutnya, Edinson Cavani, Nemanja Matic, Juan Mata, dan Lee Grant akan pergi dengan status bebas transfer. Sementara itu, Erik ten Hag kabarnya terbuka untuk menjual Eric Bailly dan Phil Jones yang sama-sama kesulitan mendapatkan waktu bermain.

Kapten MU Harry Maguire pun berpotensi terdepak dari Old Trafford. Ten Hag bisa saja mempertimbangkan kemungkinan untuk melepas Maguire, jika ia berhasil membawa salah satu dua pemain bertahan yang diincarnya ke MU.

3 dari 3 halaman

Pembelian Pemain

Setan Merah konon telah menyiapkan dana besar untuk pembelian pemain. Klub yang terlempar ke posisi enam klasemen sementara Liga Inggris itu akan memberi 120 juta poundsterling bagi Ten Hag, agar bisa dibelanjakan di bursa transfer musim panas. Dana tersebut masih akan ditambah dengan uang tunai yang didapat dari penjualan pemain.

Setan Merah memang butuh banyak penggawa baru musim depan. Menurut laporan Mike Verweij dari De Telegraaf, Jurrien Timber, Antony, dan Frenkie de Jong merupakan tiga nama yang saat ini ada di meja para petinggi MU.

Ketiganya bukanlah pemain murah. Antony dihargai kurang lebih 50 juta poundsterling. Transfer Frenkie de Jong akan menelan biaya hingga 70 juta poundsterling. Itu pun jika Barcelona rela berpisah dengan sang pemain asal Belanda.

Penandatangan Timber di Old Trafford juga kemungkinan bakal membuat MU merogoh kocek cukup dalam. Apalagi pemain berusia 20 tahun itu tengah menjadi subjek ketertarikan Bayern Munchen.

Ajax sejatinya tak melarang Ten Hag membajak pemain mereka. Walau begitu, sang pelatih tetap butuh pertimbangan bijak terkait dana, sebelum mulai memasuki bursa transfer musim panas tahun ini.